Penyakit Kawasaki; Kenali Lebih Dekat Sebelum Terlambat!

Penyakit kawasaki

Penyakit kawasaki memicu peradangan (inflamasi) pada dinding pembuluh darah, khususnya pembuluh darah jantung. Dalam beberapa kasus, penyakit kawasaki juga bisa menyerang kulit, limfonodi, dan membran mukosa (jaringan yang terdapat di dalam mulut, hidung, dan tenggorokan).

Go Dok- Penyakit Kawasaki- Apa yang terlintas di benak Anda pertama kali ketika mendengar istilah ‘penyakit kawasaki’? Bisa jadi, Anda malah membayangkan salah satu merk kendaraan bermotor. Bukan! Faktanya, penyakit ini merupakan kondisi medis serius yang banyak mengincar anak berusia kurang dari 5 tahun. Sebelum terlambat, yuk, kenali lebih dekat penyakit kawasaki lewat penejelasan di bawah ini!

Apa itu penyakit kawasaki?

Penyakit kawasaki -atau dikenal juga dengan istilah Mucocutaneous lymphnode syndrome- pertama kali ditemukan oleh dr. Tomisaku Kawasaki pada tahun 1967. Faktanya, penyakit ini memicu peradangan (inflamasi) pada dinding pembuluh darah, khususnya pembuluh darah jantung. Dalam beberapa kasus, penyakit kawasaki juga bisa menyerang kulit, limfonodi, dan membran mukosa (jaringan yang terdapat di dalam mulut, hidung, dan tenggorokan).

Hingga kini, para ahli masih belum bisa mengungkapkan secara pasti penyebab dari penyakit kawasaki. Namun, beberapa faktor -seperti keturunan, infeksi, dan gangguan autoimun- ditenggarai mampu meningkatkan risiko seseorang menderita penyakit yang satu ini.

Dilihat dari sudut pandang epidemiologinya, maka terdapat 3 hal yang mampu menggambarkan penyakit ini, yaitu:

  • Lebih sering menjangkiti anak-anak yang berusia kurang dari 5 tahun
  • Asia merupakan etnis yang paling sering terjangkit penyakit ini
  • Anak laki-laki lebih berisiko terkena dibanding anak perempuan
Ternyata, ini dia gejala penyakit kawasaki yang harus diwaspadai…

Banyak ahli mengungkapkan bahwa pengobatan penyakit ini akan berjalan lebih optimal jika dilakukan tidak lebih dari 10 hari setelah gejala muncul. Lantas, apa saja gejala penyakit ini yang harus diwaspadai? Berikut poin lengkapnya:

  1. Demam, biasanya kondisi ini berlangsung selama 5 hari
  2. Lidah yang terlihat berbintik dan berwarna kemerahan. Singkatnya, lidah akan terlihat serupa dengan buah strawberry
  3. Tangan dan kaki yang terlihat membengkak dan berwarna kemerahan
  4. Munculnya benjolan di belakang leher karena pembengkakan kelenjar getah bening
  5. Munculnya ruam di permukaan kulit dan sekitar alat genitalia
  6. Mata kemerahan
Segera tangani penyakit kawasaki dengan cara ini!

Tahukah Anda, bahwa penyakit ini jika tidak segera ditangani dapat memicu timbulnya komplikasi lain, seperti penyakit jantung, kematian otot jantung (myokard infark), bahkan kematian? Nah, demi menghindari kemungkinan buruk tersebut, Anda dianjurkan untuk segera membawa anak ke dokter atau rumah sakit terdekat. Dengan begini, pasien akan segera mendapatkan berbagai pertolongan medis, seperti:

  • Terapi obat-obatan dengan menggunakan aspirin
  • Pemberian imunoglobin melalui infus
  • Terapi kortikostiroid, dll.

Ingat! Semakin lama Anda menunda konsultasi, maka semakin terancam pula kesehatan dan nyawa anak. Apalagi jika penyakit ini sudah mencapai fase akhir. Memang, di fase ini gejala akan mulai mereda. Dampaknya, banyak orangtua tidak menyadari bahwa penyakit justru sudah bertambah parah dan mulai mengancam kesehatan serta kondisi jantung anak. Jadi, jangan lengah, ya!

Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Konsultasi kesehatan kini bisa langsung lewat gadget Anda. Download aplikasi Go Dok di sini.