Penyakit Hemangioma yang Timbul Pada Kulit!

Penyakit hemangioma

GoDok- Penyakit Hemangioma- Pernahkah Anda melihat tanda lahir atau sebuah bentuk benjolan kecil berwarna merah atau merah kebiruan seperti daging yang muncul dikulit? Nah, benjolan itulah yang disebut hemangioma.

Apa itu penyakit hemangioma?

Pengertian hemangioma sendiri adalah penumpukan pembuluh darah yang abnormal yang menyebabkan benjolan merah dan timbul ke permukaan kulit. Benjolan ini tumbuh karena merupakan tumor jinak yang biasanya menyerang sel yang melapisi pembuluh darah hingga menyebabkan pertumbuhan benjolan merah pada kulit. Biasanya hemangioma ini muncul di wajah, kulit kepala, dada dan punggung, namun juga dapat berkembang dalam organ hati.

Hemangioma termasuk penyakit keturunan, oleh karenanya dapat ditemui benjolan tersebut pada beberapa bayi yang baru dilahirkan. Biasanya ini bertahan pada tahun pertama kehidupan. Jangan terlalu khawatir, karena seiring berjalannya waktu, perkembangan dan pertumbuhan manusia, hemangioma dapat hilang sendirinya. Namun, apabila hemangioma tetap tumbuh dan semakin banyak saat beranjak dewasa, segeralah periksa ke dokter agar diberi penanganan yang tepat.

Gejala yang muncul jika menderita hemangioma…

Gejala apa yang biasanya terlihat? Gejala yang dapat terlihat akibat penyakit hemangioma ini biasanya muncul tanda atau benjolan merah kebiruan dan keunguan di beberapa bagian kulit tubuh. Setelah itu, penyakit ini akan memasuki fase tidak aktif dan hilang perlahan sesuai perkembangan tubuh dan seiring berjalannya waktu. Penyakit ini bisa sudah ada ketika bayi baru dilahirkan, namun, bisa juga baru muncul setelah anak berusia beberapa bulan saja.

Nah, perbedaan pada warna kulit akibat hemangioma ini akan terus ada dan bersifat permanen, namun warna tanda lahir tersebut akan menjadi pudar saat penyakit ini mulai perlahan menghilang. Sekitar 50% penyakit ini sudah mulai hilang ketika anak sudah berusia 5 tahun, dan terus menghilang menjelang anak berusia 10 tahun.

Penyebab hemangioma yang harusi diwaspadai adalah…

Untuk penyebab penyakit hemangioma sendiri, hingga kini masih belum bisa dipastikan. Yang jelas, penyakit ini terjadi akibat penumpukan dan pertumbuhan pembuluh darah yang berlebihan, namun, penyebab penumpukan dan pertumbuhan pembuluh darah yang berlebihan tersebut belum diketahui oleh tim medis. Menurut beberapa ahli medis, hal ini diduga disebabkan oleh protein tertentu yang diproduksi oleh plasenta ketika masa kehamilan. Nah, ada biasanya perempuan, bayi perempuan, dan bayi prematur berisiko untuk mengalami hemangioma.

Beberapa jenis penyakit hemangioma dan tanda lahir

  1. Hemangioma strawberry

Hemangioma strawberry atau disebut juga strawberry mark, nevus vascularis, capillary hemangioma dan hemangioma simplex dapat muncul di manapun pada tubuh, namun paling sering terjadi pada wajah, kulit kepala, punggung, atau dada. Penyakit ini terdiri dari pembuluh darah kecil yang berdekatan, tidak tumbuh saat lahir, namun berkembang selama beberapa minggu pertama sesudahnya. Penyakit Hemangioma jenis ini biasanya tumbuh dengan cepat, tetap ukurannya tetap, dan kemudian mereda. Pada kebanyakan kasus, hemangioma strawberry ini hilang pada saat seorang anak berumur 10 tahun. Beberapa perubahan warna atau kerutan pada kulit mungkin akan tetap dan tidak berubah di lokasi hemangioma berada.

2. Hemangioma cavernous  

Hemangioma cavernous disebut juga angioma cavernosum atau cavernoma. Tidak jauh berbeda dengan hemangioma strawberry namun lebih dalam terletak. Mereka mungkin tampak seperti benjolan merah kebiruan dan jaringan yang penuh dengan darah. Beberapa dari tanda ini mungkin hilang dengan sendirinya saat anak mendekati usia sekolah.

3. Noda Port-wine

Noda atau tanda Port-wine adalah tanda lahir ungu kemerahan datar yang terjadi akibat pembuluh darah yang melebar. Tanda lahir ini paling sering terjadi pada wajah dan mungkin berbeda ukurannya. Tanda lahir ini dapat menjadi permanen kecuali diobati hingga perlahan menghilang.

4. Salmon patch

Salmon patch juga disebut gigitan bangau, merupakan tanda lahir yang sangat umum dan dapat muncul pada bayi yang baru lahir. Tanda ini adalah pembuluh darah kecil kapiler yang  terlihat melalui kulit. Mereka yang paling umum di dahi, kelopak mata, bibir atas, antara alis, dan bagian belakang leher. Namun tidak usah khawatir, karena seringkali tanda ini memudar saat bayi tumbuh.

Nah, sekarang Anda sudah mengenali apa itu penyakit hemangioma, bukan? Jangan terlalu khawatir karena penyakit ini tidak terlalu berbahaya dan dapat hilang dengan sendirinya. Namun, apabila tetap tidak hilang dan tumbuh semakin banyak seiring berjalannya waktu, jangan lupa untuk periksa ke dokter agar mendapat penanganan yang tepat, ya! Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Atasi permasalahan kesehatan buah hati Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ Go Dok untuk tanya jawab dengan dokter seputar permasalahannya. GRATIS! Download aplikasinya di sini.