Penyakit Gonore; Ketahui Lebih Dalam di Sini!

penyakit gonore

Penyakit gonore muncul akibat peradangan pada kelamin yang disebabkan oleh infeksi bakteri Neisseria gonorrhoeae. Bakteri ini menyebar melalui kontak langsung dengan tenggorokan, vagina, atau penis penderitanya.

Go Dok- Istilah gonore mungkin sudah biasa terdengar di telinga Anda, bahkan masyarakat luas, sejak lama. Meski begitu, tampaknya hanya sedikit dari Anda yang benar-benar paham akan penyakit kelamin yang satu ini. Padahal, analisis World Health Organization (WHO) yang terbaru menunjukkan bahwa sebanyak 78 juta orang di seluruh dunia telah terjangkit penyakit menular seksual ini. Lebih gawatnya lagi, WHO juga memberitakan bahwa kini, resistensi bakteri Neisseria gonorrhoeae penyebab gonore terhadap antibiotik semakin kuat dan meluas. Menggelisahkan? Tentu saja, sebab artinya antibiotik yang lebih kuat haruslah diedarkan demi memberantas penyakit ini. Menyambut kabar tersebut, maka ada baiknya Anda lebih mengenal penyakit gonore melalui penjelasan berikut ini.

Apa itu penyakit gonore?

Anda dapat mulai mengenal penyakit gonore dengan memahami penyebabnya. Sejatinya, penyakit ini muncul akibat peradangan pada kelamin yang disebabkan oleh infeksi bakteri Neisseria gonorrhoeae. Bakteri ini menyebar melalui kontak langsung dengan tenggorokan, vagina, atau penis penderitanya. Kontak seksual tanpa menggunakan kondom seringkali memfasilitasi perpindahan bakteri tersebut, yang bisa menyebabkan kemandulan dan meninggikan tingkat risiko Anda terinfeksi HIV. Tak hanya itu, seorang ibu yang menderita gonore  juga dapat menularkan penyakit ini pada bayi yang dikandung dan dilahirkannya.

Apa saja gejalanya?

Mengenal penyakit gonore berarti juga mengenal gejala yang ditimbulkannya. Gejala yang dialami oleh penderita pria dan wanita bisa berbeda. Berikut adalah gejala gonore pada pria, yang umumnya muncul dalam waktu 14 hari setelah Anda terinfeksi :

  • Ujung penis menjadi kemerahan dan membengkak
  • Timbul rasa panas atau nyeri saat buang air kecil
  • Meningkatnya frekuensi buang air kecil
  • Keluar lendir berwarna kuning-kehijauan atau putih susu dari lubang penis
  • Muncul rasa terbakar pada tenggorokan, ketika mempraktikkan seks oral
  • Timbul rasa nyeri dan pembengkakan pada testis
  • Terjadi pembengkakan kelenjar getah bening di wilayah leher.

Sementara itu, pada penderita wanita gejalanya akan meliputi :

  • Meningkatnya frekuensi buang air kecil
  • Keluar lendir berwarna kuning-kehijauan atau putih susu dari lubang vagina
  • Terdapat bercak darah sehabis berhubungan seksual
  • Pendarahan pada vagina di luar siklus menstruasi
  • Muncul rasa nyeri di area bawah perut atau sekitar panggul
  • Pembengkakan pada daerah vulva
  • Terjadi pembengkakan kelenjar getah bening di area leher.
Lalu, bagaimana cara penanganan dan pencegahannya?

Setelah mengenal penyakit gonore, Anda juga harus mengetahui pengobatan dan pencegahannya. Jika mengalami gejala-gejala yang telah disebutkan, segeralah berkonsultasi dengan dokter, agar dapat diresepkan obat dan antibiotik yang sesuai dengan tingkat penyakit Anda. Untuk pencegahannya, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah berhenti gonta-ganti pasangan seksual dan selalu gunakan kondom saat bercinta. Jika pasangan Anda menunjukkan gejala-gejala gonore, segeralah melakukan tes dan periksakan pada tenaga medis yang ahli guna menerapkan tindakan pencegahan penularan bakteri penyakit tersebut.

Nah, itu dia hal-hal yang harus Anda pahami untuk mengenal penyakit gonore. Kebanyakan orang menganggap remeh gejala-gejalanya dan hanya menduganya sebagai infeksi jamur biasa. Waspadailah hal ini dan selalulah siaga. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Ingin tips sehat seputar seks lainnya? Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk konsultasikan seputar tipsnya dengan dokter Go Dok, GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.