Penyakit Fibromyalgia yang Menyerang Lady Gaga

Penyakit Fibromyalgia

GoDok- Penyakit Fibromyalgia- Siapa yang tidak kenal Lady Gaga? Penyanyi dengan penampilan nyentrik dan suara yang kuat tersebut dikabarkan mengalami penyakit Fibromyalgia. Penyakitnya tersebut bahkan menyebabkan ia terpaksa menghentikan tur nya di Brazil. Apakah Fibromyalgia tersebut? Seberapa bahayanya bagi tubuh?

Berikut pemaparan penyakit Fibromyalgia yang menyerang Lady Gaga dari Go Dok!

Perwakilan dari Mayo Clinic, Dr. Arya Mohabbat dan Connie A. Luedtke, R.N, mengungkapkan kepada Billboard.com, fibromyalgia merupakan sebuah sindrom kronis terhadap kepekaan rasa sakit. Saat ini, penyebabnya belum diketahui secara pasti. Namun, berdasarkan penelitian yang berfokus pada pola penderitanya, ada kemungkinan faktor genetik di dalamnya.

Di samping itu, ada kemungkinan penyakit Fibromyalgia dipengaruhi produksi zat kimia di antara neurotransmitter. Pemikiran yang depresi dan penuh kecemasan dapat membuat rasa sakit akan bertambah. Hal ini terkadang dikaitkan dengan sugesti, namun kenyataanya rasa sakit tersebut memang diproduksi dari otak.

Fibromyalgia terkadang terjadi pada orang-orang yang memiliki trauma di masa lalu, baik secara fisik, emosional, atau seksual. Meskipun belum ada bukti yang spesifik, pada kasus Lady Gaga, ia sendiri mengaku pernah mengalami pemerkosaan pada usia 19 tahun.

Seperti dilansir dari The Guardian, penyakit fibromyalgia ini sebenarnya sangat sulit untuk didiagnosa, dijelaskan, bahkan disembuhkan. Penyakit ini muncul dengan gejala-gejala yang umum, namun memiliki efek jangka panjang berupa rasa sakit yang menyebar di seluruh tubuh. Gejala-gejalanya meliputi:

  • Rasa lelah yang berlebihan
  • Rasa sakit pada otot. Terkadang rasa sakit tersebut berpindah-pindah tempat, dari pinggul ke pundak. Hal ini tidak hanya membingungkan penderitanya, tetapi juga dokter yang akan memberikan penyembuhan.
  • Sulit tidur dan berkonsentrasi. Penderitanya bisa tidur, namun tidak nyenyak dan tidak membuat bugar.
  • Terkadang dilanda sakit kepala dan perasaan kembung
  • Rasa pusing yang berlebihan ketika beristirahat
  • Hipersensitivitas

Sejauh ini, Fibromyalgia lebih banyak ditemukan pada wanita dengan rentang usia 30-50 tahun. Penderita Fibromyalgia biasanya merasakan rasa sakit yang lebih intens dan lama dibandingkan orang sehat. Bahkan, sentuhan halus pada kulit dapat terasa sangat menyakitkan bagi penderitanya. Dalam beberapa kasus, kesehatan mental penderita pun mulai terganggu, sehingga mereka harus berusaha keras untuk berkonsentrasi dan mempelajari hal baru.

Karena penyebabnya pun belum diketahui secara pasti, sejauh ini penanganan penyakit Fibromyalgia ditangani secara medis dan non-medis. Penanganan medis memang cukup membantu, namun karena adanya hipersensitivitas dari penderitanya, beberapa pengobatan justru memberikan efek buruk. Obat-obatan seperti obat penenang memang dapat dipakai, namun penyembuhan Fibromyalgia tidak sesederhana itu.

Secara non-medis, penderita Fibromyalgia harus diberikan penyuluhan agar mampu melewati masa-masa sulit selama menderita. Penderita dapat menjalani terapi fisik, terapi perilaku kognitif, terapi pijat, atau bahkan akupuntur. Penderita juga dapat melakukan aktivitas yang memberikan ketenangan bagi pikiran, seperti yoga, tai chi, pilates, atau meditasi. Olahraga boleh saja dilakukan selama tidak menimbulkan rasa sakit pada badan.

Pada intinya, penderita Fibromyalgia harus memiliki pola hidup yang sehat dan seimbang untuk mengalahkan rasa sensitif yang dimilikinya. Itu tadi penjelasan mengenai penyakit Fibromyalgia yang diderita Lady Gaga. Semoga penyanyi bersinar itu dapat kembali bersemangat dan menghibur penggemarnya lagi, ya!

Baca juga:

Konsultasi kesehatan kini bisa langsung lewat gadget Anda. Download aplikasi Go Dok di sini.