Penjelasan Mengenai Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Jiwa

manfaat puasa untuk kesehatan jiwa
Kebanyakan dari Anda pasti mengetahui manfaat puasa terhadap kesehatan fisik, dan organ-organ lainnya di dalam tubuh. Namun, tahukah Anda bahwa berpuasa sejatinya juga memiliki manfaat besar bagi kesehatan jiwa?

GoDokManfaat Puasa untuk Kesehatan Jiwa – Sejak lama, puasa digadang-gadang memiliki sejuta manfaat dalam bidang kesehatan. Manfaat yang dimaksud mencakup kesehatan jantung, paru-paru, otak, dan organ-organ pencernaan, sekaligus penurunan risiko kanker. Kebanyakan, manfaat yang Anda tahu terkait dengan kesehatan fisik, dan organ-organ lainnya di dalam tubuh. Namun, tahukah Anda bahwa berpuasa sejatinya juga memiliki manfaat besar bagi kesehatan jiwa?

Penasaran apa saja manfaat tersebut? Yuk, simak daftar lengkapnya di bawah ini :

Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Jiwa

1. Mengontrol diri sendiri

Terkait manfaat puasa untuk kesehatan jiwa yang pertama. Tentu tidak sedikit dari Anda yang sehari-hari bisa kehilangan kontrol diri, seperti lapar mata dan akhirnya membeli hal-hal yang tidak perlu, atau makan dan minum sesuatu terlalu banyak. Nah, selama berpuasa, Anda diwajibkan untuk menahan hawa nafsu, terutama nafsu makan, yang notabene merupakan kebutuhan utama manusia. Dengan menahan keinginan ini selama sebulan penuh berpuasa, Anda akan lebih mampu untuk mengontrol diri sendiri dalam melakukan hal lainnya.

2. Mengurangi kecanduan

Apakah Anda seorang perokok, atau pemabuk berat? Sejatinya, candu terhadap sesuatu tak hanya terkait pada otak, namun juga dengan kesehatan jiwa. Nah, dengan berpuasa Anda dapat berlatih mengontrol diri sendiri, terutama dalam melakukan sesuatu yang buruk untuk kesehatan Anda. Setelah terbiasa menahan diri untuk tidak merokok dan menenggak miras ketika berpuasa, lama-kelamaan kecanduan Anda pun akan berkurang.

 (Baca: 6 Manfaat Puasa untuk Kesehatan)

 3. Menstabilkan emosi

Manfaat puasa bagi kesehatan jiwa selanjutnya adalah menjaga emosi Anda tetap stabil. Jika Anda menjalankan puasa dengan benar, di mana tidak hanya menahan nafsu makan namun juga menahan emosi dan amarah, tentu kelamaan Anda akan terbiasa untuk mengontrol emosi. Ssstt, menahan nafsu juga dapat membuat Anda jauh dari perbuatan-perbuatan jahat, lho!

4. Meningkatkan konsentrasi

Manfaat puasa untuk kesehatan jiwa lainnya yaitu dapat meningkatkan konsentrasi. Tak hanya meningkatkan kontrol diri, berpuasa ternyata dapat pula meningkatkan konsentrasi Anda. Lewat sebuah penelitian, sekelompok mahasiswa University of Chicago menjalankan puasa selama 7 hari. Hasilnya, tebrukti bahwa selama waktu tersebut, kewaspadaan mental dan konsentrasi mereka mengalami peningkatan. Tak hanya itu, pencapaian mereka dalam segala tugas di kampus pun selalu luar biasa.

5. Mengurangi depresi

Penelitian terbaru menemukan bahwa berpuasa dapat meningkatkan kadar Brain-derived Neurotrophic Factor (BDNF), yang memiliki keterkaitan dengan kondisi depresi. Semakin rendah kadar BDNF seseorang, akan semakin rentan ia mengalami depresi.

(Baca: Luangkan Me Time tanpa Pasangan; Cara Jitu Hilangkan Kebosanan)

6. Menurunkan risiko terkena Alzheimer

Tahukan Anda bahwa manfaat puasa untuk kesehatan dapat menurunkan risiko terkena alzheimer? Mark Mattson, Ph.D., yang merupakan kepala laboratorium neoruscience di NIH’s National institute of Aging, menyatakan bahwa berpuasa dapat melindungi otak Anda dari penyakit degeneratif, seperti Alzheimer dan Parkinson secara signifikan. Sejalan dengan hal itu, penelitian juga membuktikan bahwa kadar BDNF yang rendah dapat membuat risiko Anda terkena Alzheimer dan amnesia meningkat. Hal ini dapat diatasi dengan berpuasa.

7. Memperbaiki mood

Manfaat puasa bagi kesehatan jiwa yang ketujuh adalah memperbaiki suasana hati Anda sehari-hari. Jika Anda adalah seorang yang pemurung, atau lekas marah, maka berpuasalah. Pasalnya, euforia berpuasa dan datangnya bulan Ramdhan akan meningkatkan kadar hormon endofrin dan dopamin dalam tubuh yang menciptakan rasa senang dan bahagia dalam diri Anda.

8. Mencegah gangguan jiwa

Terakhir mengenai manfaat puasa untuk kesehatan jiwa. Seorang peneliti di Moskow menemukan perbaikan yang cukup signifikan, yaitu 65% pada kondisi mental para pasien kelainan jiwa yang diamatinya. Hal ini kemungkinan besar dikarenakan perilaku menahan diri dan hawa nafsu saat puasa dapat membuat kondisi mental lebih tenang dan terkontrol.

(Baca: Tertawalah dan Rasakan Segudang Manfaatnya!)

Setelah mengetahui mengenai manfaat puasa untuk kesehatan jiwa ini, bagaimana masih malas dalam menjalani puasa? Harus tetap semangat ya, Sahabat Sehat!