Penderita Ejakulasi Tertunda : Definisi dan Penyebabnya

penderita ejakulasi tertunda

Go Dok- Penderita ejakulasi tertunda- Pernahkah Anda mendengar, suatu kelainan seksual yang dinamakan ejakulasi tertunda? Meskipun masih terdengar asing di telinga, namun ternyata ejakulasi tertunda –delayed ejaculation merupakan kelainan seksual paling umum nomor tiga bagi lelaki, lho! Seperti apa penjelasan lengkapnya? Yuk, simak serbi-serbi berikut guna mengenal ejakulasi tertunda!

Apa itu ejakulasi tertunda?

Mengenal ejakulasi tertenda berarti mengenal definisinya. Istilah “ejakulasi tertunda” dan “ejakulasi terbelakang”  digunakan untuk menyebut ketidakmampuan seorang pria dalam mencapai klimaks (ejakulasi) di dalam vagina. Masalah ini cukup sering ditemui, dan dalam sebagian besar kasus, penderitanya berhasil melakukan ejakulasi di dalam vagina pasangan pada akhirnya. Namun, sedikit kasus lainnya mengalami peningkatan yang amat sedikit.

Penderita ejakulasi tertunda biasanya mencapai orgasme dengan cara masturbasi, atau foreplay, bukan dari hubungan seksual dengan pasangannya. Seringkali, hal ini dapat menyebabkan tekanan pada hubungan jangka panjang suatu pasangan, terutama jika mengharapkan momongan segera.

Seberapa umumkah penderita ejakulasi tertunda?

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, penderita ejakulasi tertunda menempati posisi ketiga dalam masalah seksual pada pria, setelah penderita impoten dan ejakulasi dini. Meski begitu, bukan berarti penderita ejakulasi tertunda lebih mudah disembuhkan dibanding dua kelainan yang disebutkan tadi. Secara keseluruhan, hanya sedikit pasangan yang berhasil mengatasi masalah ini, dan kesemuanya memiliki komitmen, motivasi tinggi, serta terapi panjang untuk sembuh.

Apa saja penyebabnya?

Penderita ejakulasi tertunda biasanya mengalami kondisi ini dikarenakan berbagai penyebab, termasuk di antaranya masalah psikologis, kondisi kesehatan kronis, dan penggunaan obat-obatan. Berikut adalah penjelasan lengkapnya :

  • Kondisi kesehatan kronis,di mana ejakulasi tertunda merupakan suatu gejala atau kondisi yang disebabkan oleh masalah kesehatan lain, yang sifatnya kronis. Misalnya, penyakit stroke atau kelainan saat lahir. Selain itu, infeksi prostat dan infeksi saluran kencing juga dapat menjadi penyebab ejakulasi tertunda.

  • Kondisi psikologis,di mana penderita ejakulasi tertunda memiliki pengalaman traumatis terkait ejakulasi, orgasme, atau hubungan seksual. Kegelisahan berlebih dan depresi bisa saja menekan hasrat seksual pada diri seorang pria, yang pada akhirnya menyebabkan ejakulasi tertunda. Lebih jauh lagi, masalah dalam hubungan dengan pasangan, komunikasi yang parah, serta amarah dapat membuat ejakulasi tertunda lebih buruk. Fantasi seksual yang terlalu liar dan tidak kesampaian di dunia nyata juga bisa menjadi salah satu penyebabnya.

  • Penggunaan obat-obatan tertentu,di mana senyawa kimia tertentu ternyata bisa mempengaruhi saraf yang terlibat dalam proses ejakulasi. Obat-obatan yang mengandung senyawa kimia ini, seperti antideppresan (fluoxetine), antipsychotic (thioridazine), dan obat untuk tekanan darah tinggi (propranolol), obat diuretik (pengeluar urin), serta obat-obatan yang mengandung alkohol.

  • Operasi atau trauma (kecelakaan), di mana penderita ejakulasi tertunda pernah menjalani operasi bedah, seperti operasi prostat yang menyebabkan kerusakan saraf, atau mengalami trauma sebelumnya yang menyebabkan kerusakan pada saraf-saraf di area pinggul atau tulang punggung.

  • Kelainan hormon,di mana penderita ejakulasi tertunda memiliki kadar hormon thyroid atau kadar hormon testosteron yang rendah.
Bisakah kondisi ini diobati?

Penderita ejakulasi tertunda mungkin harus selalu melakukan kontrol ke dokter spesialis untuk mengatasi maslaah ini, dan mendapatkan perawatan yang sesuai. Dokter mungkin akan meresepkan beberapa obat yang dianggap efektif, namun faktor kesembuhan terbesar adalah kestabilan emosi serta psikologis dari penderita. Terapi panjang, dan dukungan dari pasangan, partner, atau keluarga terdekat juga dapat membantu kesembuhan penderita ejakulasi tertunda.

Nah, itu dia serba-serbi ejakulasi tertunda yang wajib untuk Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Diskusikan permasalahan kesehatan seputar seks Anda dengan Tim Dokter Go Dok, langsung dari Smartphone, GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi