Penanganan Kista Ganglion; Sudahkah Anda Mengetahuinya?

penanganan kista ganglion

Go Dok- Penanganan kista ganglion- Apa itu kista ganglion? Bagi Anda yang belum tahu, kista ganglion merupakan sebuah benjolan atau gumpalan non-kanker berisi cairan yang biasanya terbentuk di area tangan, kaki, serta pergelangan tangan dan kaki Anda. Cairan yang terdapat di dalam benjolan ini adalah suatu cairan pelumas kental seperti jelly. Umumnya, kista ganglion tidak menimbulkan rasa sakit. Namun, penyakit ini dapat membatasi pergerakan Anda di kedua organ gerak (tangan dan kaki). Nah, jika Anda atau orang terdekat mengalaminya, maka pahamilah langkah-langkah penanganan kista ganglion yang sesuai, yaitu :

Penanganan kista ganglion secara medis

Seringkali, kista ganglion dapat hilang tanpa perawatan atau pengobatan apapun. Namun, ada pula beberapa kasus yang memerlukan penanganan kista ganglion secara medis. Beberapa perawatan yang ada tidaklah bersifat spesifik, melainkan hanya cara-cara untuk mengurangi kecemasan akibat penyakit ini, atau menggunakan jarum suntik untuk mengeluarkan isi cairan kista. Berikut adalah penjelasannya :

  • Aspiration (aspirasi), yaitu prosedur penyedotan cairan di dalam kista ganglion dengan menggunakan jarum suntik. Caranya cukup sederhana, dokter akan memasukkan jarum suntik ke dalam kista, dan mengeluarkan cairan di dalamnya. Lalu, dokter akan menyuntikkan pula senyawa steroid  (anti-peradangan), dan kemudian membidai lengan Anda untuk menahan steroid di dalamnya.

Dengan cara tersebut, jika Anda mengeluarkan cairan dari kista ganglion di lengan tiga kali dalam waktu yang berlainan, kemungkinan Anda untuk sembuh adalah di antara 30% – 50%. Dan jika Anda membandingkan cara di atas dengan operasi pengangkatan kista, secara umum kista akan lebih sedikit kesempatannya untuk muncul kembali jika Anda menempuh jalan operasi.

Operasi pengangkatan

Cara penanganan kista ganglion yang kedua adalah dengan operasi pengangkatan kista yang dilakukan dokter bedah. Jika dokter Anda berpendapat bahwa cara inilah yang harus ditempuh, maka Anda harus melakukannya. Dokter bedah yang dirujuk untuk melakukan prosedur ini biasanya memiliki spesialisasi bedah di area tangan, pergelangan tangan, dan siku. Operasi akan dilakukan dengan anestesi, dan kista ganglion akan diangkat dari kulit Anda. Setelah prosedur berhasil, dokter akan membebat lengan bekas kista agar kulit cepat sembuh.

Penanganan kista ganglion di rumah

Selain penanganan medis dan operasi, Anda dapat pula melakukan beberapa perawatan di rumah guna mendukung penanganan kista ganglion. Berikut adalah beberapa di antaranya :

  • Gunakan pereda nyeri, hal ini berguna untuk mengurangi nyeri yang timbul akibat kista ganglion. Anda bisa mengonsumsi pereda nyeri yang banyak dijual di apotek, seperti ibuprofen.

  • Ganti sepatu, jika kista ganglion Anda tumbuh di bagian kaki atau pergelangannya, maka modifikasi sepatu Anda agar lebih longgar. Anda bisa melonggarkan talinya, guna meredakan nyeri yang mungkin timbul.

  • Jangan sekali-sekali memukul-mukul kista ganglion dengan benda berat!Hal ini umum dilakukan beberapa penderita dengan sedikit pengetahuan medis, namun sebenarnya bukan solusi yang baik. Pasalnya, tekanan pukulan bisa menyebabkan kerusakan pada jaringan atau struktur di sekitar area kista tumbuh.

  • Jangan memencet kista ganglion untuk mengeluarkan cairannya!Pasalnya, hal ini bukan cara efektif untuk penanganan kista ganglion dan justru dapat menimbulkan infeksi.

Nah, itu dia cara-cara penanganan kista ganglion yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.