Penanganan Cacar Air yang Harus Anda Ketahui

penanganan cacar air

Penanganan cacar air yang bisa Anda lakukan dengan mempraktikkan langkah-langkah penanganan cacar air yang akan dibahas berikut ini atau sigaplah dengan membawa dia ke dokter atau rumah sakit terdekat.

Go Dok- Bagi masyarakat Indonesia, cacar air tentunya tidak asing lagi di telinga. Bagaimana tidak! Masyarakat kita bahkan percaya bahwa cacar air merupakan jenis penyakit yang akan menghinggapi setiap individu –setidaknya sekali dalam seumur hidup. Benarkah demikian?

Cari tahu mengenai penanganan cacar air dan penjelasannya berikut ini!

Apa itu cacar air?

Sebelum membahas mengenai penanganan cacar air sebaiknya ketahui dulu penjelasan mengenai cacar air berikut ini:

Seperti yang telah Anda ketahui, cacar air merupakan penyakit yang awalnya ditandai dengan kemunculan ruam berwarna kemerahan di permukaan kulit. Jika dibiarkan, ruam ini perlahan akan berubah menjadi bintil-bintil merah berisi cairan. Meskipun bukan termasuk penyakit mematikan, namun tetap saja cacar air dapat mengganggu aktivitas sehari-hari penderitanya; karena bintil-bintil merah tadi akan terasaa gatal sebelum akhirnya mengering.

Lantas, apa sih penyebab cacar air? Ternyata, penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus Varicella Zoster. Virus ini umum sekali menginfeksi anak-anak yang berusia kurang dari 10 tahun. Salah satu alasannya karena daya tahan tubuh mereka belum sekuat individu dewasa. Eits, tapi jangan salah! Sebab, tidak sedikit pula kasus cacar air yang terjadi pada orang dewasa. Jadi, jangan pernah lelah dan selalu berhati-hati!

Biasanya, cacar air ditangani dengan cara…

Jangan panik dulu jika anak atau anggota keluarga Anda terkena cacar air, ya! Sigaplah dengan segera membawa mereka ke dokter atau rumah sakit terdekat. Sebab, dengan cara demikian pasien bisa memperoleh pengobatan medis yang paling tepat.

Umumnya, setelah menelaah kondisi pasien cacar air, dokter akan meresepkan beragam langkah penanganan cacar air yang meliputi :

  • Pemberian obat berbahan dasar paracetamol untuk meredakan demam
  • Penggunaan bedak atau losion yang mengandung senyawa kalamin; langkah ini ditujukan untuk meminimalisir rasa gatal akibat ruam.
Jangan khawatir dan rawat pasien cacar air dengan cara ini!

Satu hal yang tidak boleh Anda lupakan dalam penanganan cacar air adalah; jangan khawatir atau gugup! Sebab, kondisi tadi justru akan membuat Anda bingung dan cenderung melakukan hal sembrono. Sebaliknya, terapkanlah langkah-langkah penanganan cacar air berikut ini:

  1. Penanganan cacar air yang paling penting dengan memastikan pasien cacar air tidak menggaruk atau memencet ruam/bintil. Untuk menangani gatal akibat cacar, Anda dapat mengoleskan losion/menaburkan bedak yang telah diresepkan oleh dokter.
  2. Hindari pakaian/celana yang ketat dan berbahan dasar panas, karena kombinasi keduanya malah akan memperparah gatal. Sebaliknya, pilihlah kaus dan celana pendek berbahan ringan.
  3. Pastikan pasien mendapatkan asupan gizi dan nutrisi yang seimbang. Ada baiknya untuk sementara menghindari makanan berat dan menggantinya dengan jenis yang bertekstur halus –semisal bubur.
  4. Jauhkan pasien cacar air dari kontak langsung dengan lingkungan sekitarnya. Hal ini penting dilakukan demi meminimalisir risiko menularnya virus ke tubuh lain.

Itu tadi penanganan cacar air  yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan aplikasi Go Dok untuk dapatkan ragam layanan kesehatan gratis, langsung dari Smartphone. Download aplikasinya di sini.