PCOS; Seberapa Dalam Anda Mengenal Kondisi Medis Ini?

PCOS

PCOS (Polycystic Ovary Syndrome) -atau yang dikenal juga dengan istilah sindrom ovarium polikistik- merupakan sebuah kondisi di mana fungsi ovarium pada wanita subur mengalami gangguan.

GoDok- Dari sekian banyak ketakutan yang dirasa oleh kaum hawa, ketidakmampuan memiliki buah hati pastinya jadi momok yang paling mengerikan. Faktanya, terdapat banyak faktor yang membuat seorang wanita ‘tidak subur’; salah satunya adalah PCOS. Apa itu, dan bagaimana cara menanganinya? Cari tahu lewat penjelasan khas Go Dok berikut ini!

Apa itu PCOS?

PCOS (Polycystic Ovary Syndrome) -atau yang dikenal juga dengan istilah sindrom ovarium polikistik- merupakan sebuah kondisi di mana fungsi ovarium pada wanita subur mengalami gangguan. Akibatnya, penderita akan mengalami perbuahan kondisi hormonal yang berdampak pada banyak hal; mulai dari penurunan tingkat kesuburan organ reproduksi hingga risiko terkena kista ovarium.

Ternyata, terdapat beberapa faktor yang menyebabkan seseorang rentang terkena kondisi ini. Faktor yang dimaksud meliputi:

  • Genetika; faktanya, Anda lebih berisiko terkena jika salah satu anggota keluarga terbukti menderita keluhan yang sama.
  • Ketidakseimbangan hormon; studi terakhir mengungkapkan bahwa perubahan jumlah hormon tertentu (testosteron, lutein, globulin, dll) dapat menyebabkan seorang wanita terkena PCOS.
  • Resistensi insulin; kondisi ini dapat membuat produksi insulin meningkat sehingga mengganggu proses pembuahan.
Ternyata, ini dia gejala yang harus diwaspadai!

Segera konsultasikan kesehatan Anda ke dokter atau rumah sakit terdekat jika terbukti mengalami beberapa atau banyak gejala PCOS berikut ini:

  1. Periode dan siklus menstruasi yang tidak teratur
  2. Tumbuhnya rambut atau bulu berlebih pada area tubuh tertentu
  3. Kenaikan berat badan dalam jumlah yang signifikan
  4. Tumbuhnya kista ovarium
  5. Terganggunya proses pembuahan yang menyebabkan wanita sulit memiliki keturunan.
Tangani dengan cara ini!

Mengingat dampaknya yang mengerikan, tidak berlebihan rasanya jika Anda dianjurkan untuk segera mendapatkan penanganan medis yang tepat guna meredakan PCOS yang mendera. Lantas, apa saja cara yang dapat dicoba? Berikut daftar lengkapnya:

1. Merubah gaya hidup

Cara menangani kondisi ini yang pertama adalah dengan mengubah gaya hidup. Contohnya, bagi penderita yang memiliki badan dengan berat berlebih (obesitas), perubahan gaya hidup meliputi penerapan pola makan yang baik serta rutinitas berolahraga setiap hari.

2. Terapi hormonal

Selanjutnya, PCOS juga dapat ditangani dengan terapi hormonal. Singkatnya, terapi ini dapat menyeimbangkan kembali kondisi hormon dalam tubuh sehingga Anda terhindar dari ketidakteraturan siklus menstruasi, pertumbuhan rambut dan bulu tubuh berlebih, hingga risiko terkena kista atau kanker uterus.

3. Operasi

Ini dia cara yang banyak ditempuh oleh penderita PCOS yang ingin segera mendapatkan momongan, Ya, dengan menjalani prosedur operasi, kista pada ovarium akan diangkat sehingga fungsi organ reproduksi dapat kembali seperti semula.

Ingat, jangan pernah menganggap sepele penyakit ini! Karena jika tidak segera ditangani, kondisi medis ini dapat memicu komplikasi lain, seperti diabetes, koletserol tinggi, hieprtensi, gangguan pola tidur (sleep apnea), hingga kanker endometrium.

Itu tadi sekelumit penjelasan mengenai PCOS yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Konsultasi kesehatan kini bisa langsung lewat gadget Anda. Download aplikasi Go Dok di sini.