Panganan untuk Atasi Anemia yang Dapat Anda Coba!

panganan untuk atasi anemia

Go Dok – Panganan untuk Atasi AnemiaSiapa dari Anda yang menderita anemia? Penyakit kekurangan kadar hemoglobin dalam darah ini seringkali membuat Anda sempoyongan ketika bangun tidur. Tak hanya itu, anemia juga kerap membuat Anda merasa cepat lelah, lemas, dan pucat. Bahkan, Anda bisa pingsan secara tiba-tiba jika terkena penyakit ini.

Jika sudah mengalami anemia, biasanya dokter dan kerabat akan menyarankan Anda untuk mengonsumsi suplemen penambah darah yang banyak dijual di apotek. Namun, terkadang suplemen penambah darah saja tidak cukup. Anda harus pula mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan-makanan tertentu yang dapat membantu kondisi ini. Apa sajakah panganan yang sehat untuk atasi anemia?

Berikut daftar lengkap panganan untuk atasi anemia yang dapat Anda coba

1. Telur

Panganan untuk atasi anemia yang pertama adalah telur, si bulat kaya protein. Kandungan protein di dalam telur mampu membuat Anda kenyang dalam jangka waktu yang cukup lama. Tak hanya itu, telur juga mengandung zat besi dan zinc yang mampu membantu produksi darah di dalam tubuh.

2. Bayam

Panganan untuk atasi anemia yang kedua adalah bayam. Sayuran hijau yang satu ini memiliki kandungan yang sangat banyak, mulai dari beta-karoten, zat besi, kalium, hingga berbagai vitamin. Kandungan zat besinya lah yang mampu membantu tubuh Anda untuk memproduksi lebih banyak sel-sel darah merah, serta meningkatkan aliran darah dalam tubuh. Namun, jika Anda kurang suka dengan sayur bayam, cobalah variasinya, seperti omelet atau pizza bayam.

3. Beras merah

Panganan untuk atasi anemia yang ketiga adalah beras merah, yang juga dapat menurunkan berat badan. Pasalnya, beras merah ternyata memiliki kandungan zat besi yang sangat penting untuk meningkatkan kadar hemoglobin Anda.

4. Buah bit

Tahukah Anda bahwa buah bit mengandung zat besi yang dapat mengurangi gejala anemia? Tak hanya itu, vitamin A, B6, dan C di dalamnya juga baik untuk menurunkan dan mengontrol tekanan darah Anda. Untuk itu, buah bit dapat Anda coba sebagai panganan untuk atasi anemia. Untuk menikmatinya, Anda bisa meraciknya menjadi jus, sup buah, atau salad buah bersama buah-buahan lainnya.

5. Kacang almond

Secara luas, kacang-kacangan merupakan panganan yang sehat untuk mengatasi anemia. Sebab, kandungan zat besi di dalamnya dapat membantu dalam penyembuhan anemia. Anda bisa megonsumsi kacang secara langsung, atau dalam bentuk selai kacang. Cara yang kedua tentu dapat Anda nikmati dengan sepotong roti. Khusus untuk kacang almond, kandungan zat besinya cukup tinggi, sehingga mengonsumsi 1 ons kacang almond per hari mampu mencukupi kebutuhan zat besi Anda selama seharian. Hebat, bukan?

6. Daging merah

Panganan untuk atasi anemia yang selanjutnya adalah daging merah, yang bisa Anda dapatkan dari sapi, kambing, maupun ayam potong. Kandungan zat besi di dalam daging dapat diserap lebih cepat oleh tubuh Anda, sehingga lebih efektif dalam meningkatkan kadar hemoglobin. Bagian jantung, hati, dan ginjal memiliki kandungan zat besi paling tinggi, dan karenanya lebih dianjurkan untuk dikonsumsi. Namun, karena terlalu banyak memakan daging merah dapat meningkatkan kadar kolesterol, Anda sebaiknya mengonsumsi daging rendah lemak dengan didampingi sayuran. Pastikan Anda mengonsumsinya 2 -3 kali seminggu, ya!

7. Kurma dan kismis

Panganan untuk atasi anemia yang terakhir adalah kurma dan kismis. Pasalnya, kedua buah mungil ini memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi, sehingga bagus untuk meningkatkan kadar hemoglobin di tubuh Anda.

Nah, itu dia 7 panganan untuk atasi anemia yang harus Anda ketaahui. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Merasa kesehatan Anda terganggung? Segera chat dokter untuk tanya jawab seputar permasalahan kesehatan Anda, langsung dari Smartphone. GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.