Pahami Cara-Cara Penanganan Penyakit Gondok

penanganan penyakit gondok

Go Dok- Penanganan penyakit gondok- Saat tengah mengalami penyakit gondok, tentunya Anda akan merasa sangat tidak nyaman. Bagaimana tidak, terdapat suatu benjolan di area leher Anda, yang sejatinya adalah kelenjar tiroid yang membengkak. Karenanya, Anda harus segera melakukan pengobatan yang sesuai untuk menanganinya. Apa saja cara-cara penanganan penyakit gondok? Yuk, simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Untuk menangani penyakit gondok, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksakan diri ke dokter. Lewat pemeriksaan tersebut, dokter akan menentukan jenis pengobatan penyakit gondok yang sesuai dengan kondisi dan gejala-gejala yang Anda alami.

Berikut adalah beberapa penanganan penyakit gondok yang umumnya disarankan:

1. Operasi

Penanganan penyakit gondok yang satu ini dilakukan dengan melakukan pembedahan dalam rangka mengambil atau memindahkan kelenjar tiroid Anda. Hal ini disebut thyroidectomy, dan merupakan pilihan yang sesuai jika pembengkakan pada tiroid Anda terlalu besar. Operasi juga biasanya dilakukan apabila tubuh Anda tidak merespon pada terapi atau medikasi lainnya.

2. Pemberian medikasi atau obat-obatan

Umumnya, ini adalah langkah penanganan penyakit gondok pertama yang akan disarankan dokter. Jika penyakit gondok Anda disebabkan oleh hypothyroidsme (kekurangan produksi hormon tiroid) atau hyperthyroidism (kelebihan produksi hormon tiroid), obat-obatan mungkin sudah cukup untuk mengempeskan kelenjar tiroid yang membengkak. Obat seperti corticosteroids juga bisa berguna untuk mengurangi pembengkakan jika penyakit gondok disebabkan oleh thyroiditis (pembengkakan kelenjar tiroid).

3. Yodium radioaktif

Jika Anda menderita toxic multinodular goiters, pemberian yodium radioaktif (RAI) mungkin diperlukan. RAI biasanya dimasukkan ke dalam tubuh secara oral (ditelan), sehingga kemudian bisa mencapai kelenjar tiroid Anda melalui peredaran darah, di mana RAI akan menghancurkan jaringan-jaringan yang membengkak. Meskipun penggunaannya masih sedikit kontoversial, namun RAI dipercaya dapat membantu tubuh Anda dalam mendapatkan asupan yodium secara cepat dan tepat.

Adakah perawatan tambahan yang dapat dilakukan di rumah?

Tentu saja ada. Perawatan di rumah biasanya akan membantu kinerja penanganan penyakit gondok. Perawatan di rumah juga berguna terutama jika penyakit gondok yang Anda alami disebabkan oleh diet yang kekurangan zat yodium. Berikut adalah yang harus Anda lakukan :

  • Konsumsi zat yodium dalam jumlah cukup, di mana untuk memastikannya, Anda dapat mengonsumsi garam beryodium atau sajian bahari dan rumput laut setidaknya dua kali dalam seminggu. Udang dan kerang adalah sumber yodium yang bagus dan jika Anda tinggal di area pantai, buah-buahan yang dihasilkan di daerah tersebut juga kaya yodium sehingga dapat ditambahkan dalam menu diet. Ingatlah, bahwa Anda membutuhkan sekitar 150 mg yodium dalam satu hari (sekitar setengah sendok teh garam beryodium). Hal ini penting, terutama bagi ibu hamil dan menyusui, serta bayi dan kanak-kanak.
  • Jangan sampai kelebihan zat yodium, karena meski tidak umum, kelebihan zat yodium dapat menyebabkan penyakit gondok bertambah parah. Jika inilah yang menyebabkan Anda terkena gondok, maka jagalah pola makan dengan mengurangi konsumsi garam beryodium dan sajian bahari hingga sesedikit mungkin.

Nah, itulah hal-hal yang bisa Anda lakukan sebagai penanganan penyakit gondok. Meski begitu, beberapa gondok yang kecil dan jinak biasanya tidak membutuhkan perawatan berlebih dan akan hilang dengan sendirinya. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Jaga kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk diskusikan permasalahan kesehatan Anda. GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi