Organ Diafragma; Jenis, Fungsi dan Cara Kerjanya

organ diafragma

Organ diafragma merupakan suatu organ tubuh yang terletak di antara rongga dada dan organ perut Anda. Fungsi dari diafragma adalah sebagai organ pembantu dalam sistem pernafasan Anda. 

Go Dok- Saat mempelajari biologi di sekolah menengah, tentu  guru Anda pernah sekali membahas mengenai organ diafragma. Penjelasan mengenai organ yang satu ini akan mencakup pengertian, fungsi, dan alasan betapa pentingnya diafragma bagi tubuh Anda. Namun, tentu banyak dari Anda yang tak lagi ingat pembahasan mengenai organ ini. Karenanya, kali ini Go Dok akan mengajak Anda untuk kembali mengenal organ diafragma melalui penjelasan lengkap berikut ini.

Apa itu organ diafragma?

Sejatinya, diafragma merupakan suatu organ tubuh yang terletak di antara rongga dada dan organ perut Anda. Fungsi dari diafragma adalah sebagai organ pembantu dalam sistem pernafasan Anda. Organ ini tergolong sangat penting, karena salah satu fungsinya adalah sebagai pemisah antara rongga dada yang berisi organ-organ tubuh penting (jantung, paru-paru) dengan ronggat perut. Wujud diafragma adalah lembaran-lembaran otot yang membatasi kedua rongga tersebut.

Jenis-jenis diafragma

Untuk mengenal organ diafragma, Anda harus memahami bahwa terdapat beberapa jenis diafragma dalam tubuh, berlainan  dengan pendapat bahwa ada hanya diafragma toraks yang terletak di area dada. Berikut adalah jenis-jenis diafragma :

  • Diafragma urogenital
  • Diafragma panggul
  • Diafragma toraks
  • Diafragma mata
  • Diafragma gendang telinga.
Struktur diafragma

Diafragma yang terbentuk dari berlapis-lapis serat otot, memiliki wujud bagai kubah, di mana permukaan atasnya berbentuk cembung (rongga dada) dan bagian permukaan bawahnya berbentuk cekung. Organ diafragma tersusun dari otot-otot lurik yang pergerakannya dapat Anda sadari, pergerakan ini diatur oleh saraf frenikus di dalam tubuh. Selain tersusun dari lapisan otot, diafragma juga tersusun dari tiga lubang utama, yaitu :

  • Lubang caval, yaitu lubang tempat lewatnya vena kava inferior,
  • Lubang esophageal, yaitu lubang yang merupakan tempat lewatnya esofagus, dan
  • Lubang aortic, yang merupakan lubang tempat lewatnya aorta.
Fungsi lengkap diafragma

Setelah fungsi diafragma secara umum dijelaskan, berikut adalah beberapa fungsi lengkapnya yang harus Anda pahami dalam mengenal organ diafragma :

  • Sebagai pengatur keluar-masuknya udara dari dan ke dalam tubuh Anda, dengan kontraksi dan relaksasi ototnya.
  • Mencegah cairan asam lambung Anda mengalir ke kerongkongan dan esofagus.
  • Membantu dalam proses pengeluaran materi dari tubuh, seperti muntahan, feses, dan urin.
Bagaimana cara kerja diafragma?

Pada dasarnya, organ ini bekerja seiring jalannya pernafasan Anda. Saat proses inhalasi, alias penarikan nafas, diafragma Anda akan berkontraksi dan bergerak ke arah bawah. Saat itu, paru-paru Anda akan mengembang, disesuaikan dengan volume udara yang masuk ke tubuh. Aktivitas kontraksi ini mengizinkan udara masuk dengan mudah, karena otomatis rongga dada Anda menjadi lebih luas. Tak hanya itu, kondisi tersebut juga akan menambah kekuatan penarikan udara ke dalam paru-paru Anda.

Selanjutnya, saat paru-paru dan sistem pernapasan tubuh Anda telah sukses menukar oksigen yang masuk dengan karbondioksida, diafragma akan kembali berelaksasi. Aktivitas ini akan membuat rongga dada Anda kembali menyempit, sehingga otomatis paru-paru Anda juga akan mengempis. Di saat inilah, Anda membuang nafas dan udara dikeluarkan dari dalam tubuh. Selanjutnya, diafragma akan kembali mengulang kedua aktivitas tersebut -kontraksi dan relaksasi- hingga Anda mati.

Nah, itulah penjelasan yang dapat membantu Anda dalam mengenal organ diafragma. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Konsultasi kesehatan kini bisa langsung lewat gadget Anda. Download aplikasi Go Dok di sini.