Operasi Pengangkatan Amandel; Perlukah?

operasi pengangkatan amandel

Go Dok- Operasi pengangkatan amandel- Pernah mengalami penyakit radang amandel? Anda tentu merasa tidak nyaman pada bagian tenggorokan. Tenggorokan terasa sakit dan seakan ada yang mengganjal. Pasalnya, penyakit yang disebut juga sebagai tonsillitis ini merupakan sebuah bentuk infeksi pada tonsil yang menyebabkan tonsil Anda membengkak dan meradang. Anda sempat terpikir untuk melakukan operasi untuk menyembuhkannya. Namun, perlukah operasi tersebut?

Ini dia penjelasan tentang penting atau tidaknya operasi pengangkatan amandel!

Pengangkatan amandel yang meradang disebut juga sebagai tonsillectomy. Terdapat beberapa pendapat yang masih mendebatkan apakah operasi pengangkatan amandel tersebut diperlukan atau tidak. Pasalnya, amandel tersebut adalah sebuah jaringan limfa yang berada pada bagian belakang tenggorokan, bagian atas dan belakang lidah.

Peran tonsil cukuplah krusial bagi anak-anak, karena tonsil membantu sistem kekebalan tubuh dengan menciptakan antibodi yang akan melawan infeksi dan memproduksi sel darah putih sebelum tumbuh kembang mereka mampu menciptakan cara lain untuk melawan penyakit.

Pada kasus peradangan amandel, tonsil tersebut mengalami infeksi karena disebabkan oleh virus, seperti flu dan demam. Peradangan amandel ditandai dengan radang tenggorokan dan tonsil yang membengkak, serta menimbulkan bercak putih atau lapisan lendir. Meskipun kebanyakan kasus peradangan amandel tidak disebabkan bakteri, pengobatan dengan antibiotik terkadang diperlukan dalam penyembuhan.

Lantas, kapankah operasi pengangkatan amandel tersebut diperlukan? Menurut Mayoclinic.org, operasi pengangkatan amandel disarankan untuk menghindari kambuhnya peradangan, terlebih jika peradangan sudah terjadi lebih dari 7 kali dalam setahun, lebih dari lima kali setahun dengan jeda dua tahun, atau lebih dari tiga kali setahun dalam jangka waktu tiga tahun.

Selain itu, operasi pengangkatan amandel juga diperlukan jika bakteri yang menyebabkan infeksi tidak mempan jika diobati dengan antibiotik saja. Tonsil yang membengkak juga dapat menyebabkan apnea, atau gangguan pernapasan yang terjadi saat tidur dikarenakan dinding tenggorokan menyempit dan mengendur. Biasanya sleep apnea ini ditandai dengan kebiasaan mengorok yang parah dan mengganggu. Untuk menghindari hal tersebut, ada beberapa kasus yang mengharuskan pengangkatan amandel.

Mengingat amandel tersebut berfungsi sebagai salah satu penguat sistem kekebalan tubuh, adakah efek samping dari operasi pengangkatan amandel? Berdasarkan Ent-surgery.com, pengangkatan amandel yang meradang tidak memengaruhi kekebalan tubuh pada seseorang. Dari beberapa hasil yang ada, hanya ada dampak ringan yang berlangsung singkat terhadap imunitas seseorang. Namun, secara signifikan, melemahnya sistem kekebalan tubuh tidak menjadi risiko terbesar pada pengangkatan amandel yang meradang.

Meski demikian, ada kemungkinan munculnya risiko lain setelah pengangkatan amandel. Misalnya:

  1. Timbulnya rasa mual.
  2. Rasa sakit pada tenggorokan.
  3. Kesulitan untuk menelan.
  4. Bau napas.
  5. Rasa sakit pada telinga.
  6. Pusing.

Setelah menjalani pengangkatan tonsil, penderita biasanya diperbolehkan pulang di hari yang sama setelah beristirahat sejenak. Namun, ada kalanya penderita juga harus menjalani istirahat selama dua hingga tiga hari. Untuk meredakan peradangan, penderita dibolehkan untuk memakan es krim selama tidak menyakiti tenggorokan setelah beberapa hari. Penderita juga harus menghindari makanan yang pedas, keras, dan kasar selama penyembuhan. Setelah sekitar dua minggu, penderita biasanya dapat beraktivitas normal kembali.

Operasi pengangkatan amandel yang meradang dilakukan tergantung dengan keadaannya. Jika memang tonsil mengganggu karena ukurannya yang terlalu besar, maka tidak mungkin diobati dengan antibiotik. Meski kesehatan setelah pengangkatan memang lebih baik, jika kondisi tidak mendesak, ada baiknya pengobatan jalur lain dahulu yang ditempuh sesuai saran dokter .

Itu tadi pemaparan perlunya operasi pengangkatan amandel. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Jaga kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk diskusikan permasalahan kesehatan Anda. GRATIS! Download aplikasi Go Dok, di sini.