Operasi LASIK; Ini Yang Perlu Anda Ketahui!

Operasi LASIK

GoDok- Operasi LASIK- Bagi Anda yang menderita beberapa gangguan kesehatan pengelihatan, mungkin Anda pernah mempertimbangkan untuk menjalani operasi LASIK. Kata ‘operasi’ sendiri memang terasa menakutkan dan menegangkan bagi beberapa orang. Oleh karena itu, sebelum Anda menjalaninya, ada beberapa hal yang harus Anda pelajari terlebih dahulu tentunya.

Berikut hal-hal yang harus Anda ketahui tentang Operasi LASIK!

Operasi LASIK biasanya ditempuh oleh penderita gangguan kesehatan pengelihatan seperti rabun jauh, rabun dekat, atau mata silinder. Biasanya operasi ini juga dilakukan oleh orang-orang yang jengah dengan penggunaan kacamata atau lensa kontak, atau gangguan yang sudah memasuki tahap serius. Namun, tidak semua orang dapat menjalankannya. Anda tetap harus melalui pemeriksaan terlebih dahulu untuk memastikan Anda bisa menjalani operasi ini atau tidak.

LASIK sendiri merupakan singkatan dari Laser-Assisted in situ Keratomileusis. Seperti namanya, LASIK merupakan sebuah tindakan medis yang dilakukan oleh ahlinya untuk memperbaiki bentuk kornea mata menggunakan teknologi laser. Kelainan bentuk kornea mata menyebabkan sinar yang masuk ke mata tidak dapat ditangkap baik dan sulit terfokus, dan menyebabkan penderitanya sulit melihat jauh, melihat dekat, atau melihat garis lurus.

Seperti apakah operasi LASIK tersebut? Sebelum operasi dijalankan, tim ahli akan meneteskan beberapa cairan sebagai obat bius. Lalu, tim bedah akan membuat irisan di kornea Anda dan mengangkat sebuah lapisan tipis. Kemudian, laser akan ditembakkan dan membentuk ulang jaringan kornea di bagian bawahnya. Barulah kemudian lapisan tersebut akan dikembalikan ke tempat asalnya, dan pasien akan  dapat melihat secara jelas, demikian menurut dokter medis Robert Abel, Jr.,MD dari Delaware.

Bagi Anda yang akan menjalani operasi tersebut, tentu ada satu hal yang menjadi pikiran di benak Anda: apakah operasi tersebut akan menyakitkan atau tidak? Dr. James Salz, M.D., dokter dari Los Angeles, Amerika Serikat, mengatakan bahwa pasien tidak akan merasakan sakit pada saat operasi. Seperti yang sudah dijelaskan, mata tetap akan diberikan obat bius tetes.

Pasien hanya akan merasakan sedikit tekanan pada bagian matanya, terutama ketika dokter sedang melakukan tindakan pada lapisan mata, karena adanya pengisap pada bagian mata. Jangan khawatir, karena tindakan tersebut hanya memakan sekitar 15 detik saja. Anda juga tidak perlu khawatir jika Anda butuh berkedip di tengah operasi, karena akan ada alat yang akan menahan mata Anda selama operasi LASIK untuk menghindari adanya gerakan mengedip.

Untuk mensimulasikan bagaimana rasa tekanan tersebut, Salz mengatakan, Anda bisa mencoba merasakannya dengan menekan bagian kelopak mata Anda dalam kondisi terpejam dengan ibu jari. Tidak semenyeramkan itu, bukan? Anda juga tidak perlu khawatir dengan laser yang akan ditembakkan pada mata Anda, karena proses tersebut hanya akan terjadi selama kurang lebih satu menit saja.

Efek Samping

Setelah operasi selesai, terutama ketika obat bius mulai memudar dalam waktu 15-20 menit, pasien mungkin saja merasakan sakit atau rasa sensitif. Biasanya akan timbul rasa tidak nyaman, seperti rasa gatal, kasar, berair, atau sensitif terhadap cahaya. Rasa tersebut biasanya akan berlangsung selama 4-6 jam setelah operasi selesai. Anda bisa meminta obat penghilang rasa sakit, atau melupakannya dengan membawanya tidur. Namun, keesokan harinya, rasa itu akan hilang dan pengelihatan Anda semakin membaik.

Berdasarkan informasi dari Huffingtonpost.com, sebagian besar pasien yang telah menjalani operasi LASIK merasa puas dengan pengelihatannya yang membaik. Tindakan operasi, meskipun sudah terjamin keamanannya oleh tim ahli, bukan berarti tanpa efek samping atau risiko. Namun, menurut tim ahli, risiko infeksi pada operasi LASIK sangatlah rendah.

Meski demikian, tetap terdapat kasus di mana hal-hal seperti pengelihatan cahaya yang berpendar atau melihat benda yang dobel justru muncul sekitar tiga hingga empat bulan setelah operasi. Anda perlu membicarakan lebih lanjut jika hal-hal tersebut muncul dan mengganggu Anda.

Demikian hal-hal yang perlu Anda ketahui sebelum menjalani operasi LASIK. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Jaga kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk diskusikan permasalahan kesehatan Anda. GRATIS! Download aplikasi Go Dok, di sini.