Olahraga untuk Mengobati Nyeri Punggung; Cari Tahu di Sini!

olahraga untuk mengobati nyeri punggung

Go Dok – Olahraga untuk mengobati nyeri punggungNyeri punggung; keluhan medis yang banyak menimpa kaum millenial. Dari sekian banyak hal, kebiasaan duduk di depan layar komputer selama berjam-jam ditenggarai sebagai salah satu penyebabnya. Lantas, apa yang harus dilakukan untuk meredakan nyeri punggung? Menurut dr. Jack Stern, M.D., -seorang ahli bedah tulang-, salah satu cara ampuh untuk mengobati nyeri punggung adalah dengan berolahraga.

Berikut Go Dok paparkan 6 jenis olahraga untuk mengobati nyeri punggung yang dapat Anda coba:

1. Jalan kaki

Olahraga untuk mengobati nyeri punggung yang pertama adalah berjalan kaki. Jangan anggap remeh! Berdasarkan hasil studi yang dimuat dalam jurnal “Clinical Rehabilitation” pada tahun 2013, berjalan kaki ternyata mampu meringankan rasa nyeri yang diakibatkan oleh sakit kronis pada pinggang dan punggung Anda. Pasalnya, kegiatan ini dapat melancarkan aliran darah, meningkatkan denyut jantung, serta mengoptimalkan nutrisi yang baik untuk penyembuhan nyeri punggung. Hebat, bukan?

2. Peregangan

Selanjutnya olahraga untuk mengobati nyeri punggung, cobalah melakukan peregangan (stretching) secara rutin untuk mengembalikan kondisi punggung seperti sedia kala. Dengan melakukan kebiasaan baik ini, Anda secara tidak langsung telah meningkatkan fleksibilitas otot punggung.

Tidak usah mempraktikkkan gerakan stretching yang rumit! Anda cukup menekuk lutut pada satu kaki ke depan hingga membentuk sudut 90° sembari meluruskan kaki satunya jauh ke arah belakang. Setelah posisi dirasa mantap, maka segara putar pinggul secara perlahan ke arah kanan hingga otot perut terasa tertarik. Tahan posisi tersebut selama 20 – 30 detik, lalu lakukann hal yang sama ke arah tubuh sebaliknya (kiri).

3. Bersepeda

Meskipun sering dituduh sebagai penyebab nyeri pinggang, namun bersepeda ternyata bisa membantu Anda dalam meredakan sakit punggung. Pasalnnya, memindahkan berat badan ke lengan terbukti dapat mengurangi tekanan pada tulang punggung sekaligus mengurangi rasa sakit yang Anda derita.

4. Latihan beban

Jarang yang mengetahui bahwa latihan beban dapat meningkatkan sekaligus menjaga fungsi tubuh agar tetap stabil. Nah, dari sekian banyak jenis latihan beban yang dapat dipraktikkan, cobalah body squat.

Caranya, Anda diharuskan untuk berdiri sembari melebarkan kaki hingga selebar bahu. Lalu, tekuklah lutut secara perlahan hingga mencapai posisi duduk. Setelah itu, luruskan kedua tangan ke depan, lalu angkat pinggul hingga posisi berdiri kembali. Lakukan kegiatan ini selama 15 menit setiap harinya jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Renang

Olahraga untuk mengobati nyeri punggung yang selanjutnya adalah berenang. Hal ini tidak terlepas dari fakta bahwa tekanan air yang didapat tubuh saat berenang terbukti ampuh untuk merelaksasi otot punggung yang tegang. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo, berenang!

6. Yoga

Olahraga untuk mengobati nyeri punggung yang terakhir adalah yoga. Olahraga ringan yang sudah banyak variasinya ini ternyata dapat merilekskan otot punggung yang tegang. Tak hanya itu, gerakan yoga yang banyak menggabungkan latihan keseimbangan, peregangan, dan kekuatan ini terbukti efektif untuk menopang otot yang lemah. Karenanya, rutin melakukan olahraga ini dapat membantu meredakan nyeri punggung yang Anda derita.

Nah, itu dia 6 olahraga untuk mengobati nyeri punggung yang dapat Anda coba. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan aplikasi Go Dok untuk dapatkan ragam layanan kesehatan gratis, langsung dari Smartphone. Download aplikasinya di sini.