Olahraga untuk Awet Muda yang Bisa Anda Coba

olahraga untuk awet muda

GoDok- Olahraga untuk awet muda- Anda tentu ingin selalu terlihat muda dan energik. Biarpun usia sudah mulai lanjut, Anda bisa tetap terlihat muda. Bukan dengan bantuan kosmetik atau obat-obatan, tapi ternyata Anda bisa mengusahakan untuk awet muda dengan bantuan olahraga. Wah, kok bisa? Penasaran olahraga apa yang bisa membuat Anda awet muda?

Yuk, simak jenis-jenis olahraga untuk awet muda berikut ini!

Olahraga memang memiliki segudang manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Tidak hanya membuat tubuh bugar, ternyata olahraga juga dapat membuat Anda  awet muda. Penelitian terbaru menyebutkan bahwa aktivitas fisik yang rutin dilakukan dapat melambatkan peradangan yang menyebabkan penuaan.

Berdasarkan hasil penelitian yang dipublikasikan pada jurnal Circulation, yang kemudian dilansir oleh Mensfitness.com,  orang-orang yang lebih aktif pada awal penelitian, atau berolahraga lebih banyak pada akhir penelitian, memiliki tingkat inflamasi yang lebih rendah. Hal tersebut merupakan salah satu cara untuk Anda menjadi awet muda.

Olahraga yang dapat Anda lakukan agar awet muda meliputi:

1. Olahraga ringan

Olahraga untuk awet muda sangatlah sederhana. Anda bisa mulai dengan olahraga ringan seperti dengan berjalan cepat atau berenang untuk melakukan olahraga yang membuat Anda awet muda. Anda bisa mulai dari berjalan di sekitar perumahan. Jika ada club house di dekat rumah Anda, Anda bisa memanfaatkannya dengan berenang.

Bahkan, Anda juga dapat menggantinya dengan melakukan pekerjaan rumah dengan banyak pergerakan. Misalnya, menyapu rumah, mengepel, bahkan berkebun. Anda bisa melakukannya 20 hingga 30 menit setiap harinya.

2. Berlatih keseimbangan

Kesimbangan tubuh merupakan salah satu hal yang akan merepotkan jika Anda sudah tua nanti. Padahal, jatuh bisa menyebabkan patah tulang atau trauma pada kepala bila terjadi pada orang yang semakin lanjut usia. Anda bisa meminimalisir hal tersebut dengan olahraga yang dapat meningkatkan keseimbangan tubuh Anda.

Anda bisa melatihnya dengan latihan berdiri dengan satu kaki agar otot kaki semakin kuat dan Anda bisa berusaha menyeimbangkan tubuh. Berdirilah dengan tegak dan letakkan tangan Anda di pinggang. Perlahan-lahan, angkat salah satu telapak kaki Anda. Pilih postur berdiri satu kaki yang nyaman.

3. Menggerakan otot utama

Olahraga untuk awet muda yang bisa Anda coba dengan olahraga yang mampu menggerakan otot utama. Ada beberapa titik otot utama yang Anda gunakan dalam kegiatan sehari-hari, seperti untuk menarik, mendorong, dan berjongkok. Meskipun gerakan-gerakan tersebut terlihat sederhana, jika Anda memutuskan untuk melakukan olahraga squatting, Anda juga sebaiknya didampingi oleh pelatih untuk menghindari adanya cedera.

4. High Intensity Interval Training (HIIT)

Interval training dengan intensitas tinggi juga terbukti secara ilmiah dapat membuat Anda awet muda. Seperti yang dilansir oleh Newscientist.com, dokter dari Mayo Clinic di Minnesota, Sreekumaran Nair, mengungkapkan bahwa HIIT dapat membalikkan kemampuan sel manusia yang semakin menurun untuk menghasilkan energi.

Mitokondria, yang berada di dalam sel tubuh manusia, berfungsi untuk menghasilkan energi. Namun, seiring bertambahnya usia, aktivitas mitokondria itu pun akan ikut menurun. Dengan berolahraga menggunakan sistem HIIT, aktivitas mitokondria tersebut justru akan semakin meningkat.

Penelitian yang dilakukan pada sebuah grup yang terdiri dari orang-orang berusia 18-30 dan usia 65-80, ternyata menghasilkan sebuah hal yang mengejutkan. Pada relawan yang berusia muda, HIIT meningkatkan kemampuan mitokondria hingga 49% saja, namun pada relawan berusia lebih tua, kemampuan tersebut mampu meningkatkan hingga 69%.

Anda bisa menggabungkan lari biasa dengan lari cepat atau sprint. Lakukan lari biasa dalam 1 menit, kemudian lari cepat dalam 30 detik, lalu 1 menit berikutnya lari biasa lagi, lalu lari cepat 30 detik lagi, ulangi terus hingga 12-15 menit.

Itu tadi olahraga untuk awet muda dan tetap bugar di usia yang semakin bertambah. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Jaga kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk diskusikan permasalahan kesehatan Anda. GRATIS! Download aplikasi Go Dok, di sini.