Olahraga Ringan di Kantor dan Manfaatnya

http://www.go-dok.com/

Pentingnya berolahraga secara rutin memang sudah sangat sering digaung-gaungkan. Banyak alasan yang mendasarinya, mulai dari tujuan untuk menjaga kesehatan, membakar kalori berlebih dalam tubuh, hingga demi memperbaiki mood sehari-hari. Tapi, bagi Anda yang bekerja dari pagi hingga sore hari, olahraga di luar ruangan seringkali menjadi tantangan tersendiri. Kesibukan di pagi hari dan rendahnya energi yang tersisa di sore hari menyebabkan Anda sering merasa malas untuk berolahraga. Iya, kan?

Padahal, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Alberta, Kanada, menyatakan bahwa pekerja yang bekerja di depan komputer dari pagi hingga sore sering mengeluhkan badan yang terasa lemas dan pegal. Kondisi tersebut diakibatkan oleh kebiasaan duduk terlalu lama yang mengakibatkan tubuh kehilangan kelenturannya sebab otot dan persendian kaku karena terlalu lama dibiarkan diam dalam satu posisi saja.

Lalu, adakah cara mudah untuk tetap menjaga kebugaran serta keaktifan tubuh di tengah-tengah menumpuknya tugas di kantor? Berikut, beberapa olahraga dan aktivitas ringan yang dapat Anda coba di tempat kerja:

  1. Pilihlah tangga bukan lift/elevator,karena berjalan menaiki tangga dapat membuat Anda lebih aktif di kantor.
  2. Parkir mobil lebih jauh dari biasanya, sehingga Anda dapat membakar kalori Anda dengan berjalan. (Namun, ingat ya, tetap pilih tempat parkir yang aman!)
  3. Berdirilah sesering mungkin, karena berdiri dapat membakar kalori lebih banyak daripada duduk.
  4. Jika rumah Anda dekat dengan kantor, berjalan kaki atau bersepada adalah pilihan yang baik untuk menjaga kebugaran tubuh.
  5. Gunakan separuh waktu makan siang untuk berjalan-jalan di sekitar kantor.

Selain melakukan aktivitas di atas, Anda juga dapat melakukan beberapa gerakan olahraga ringan yang dapat dicoba di ruang kerja, seperti:

Gerakan ringan posisi duduk di kursi

– Rentangkan tangan  ke atas, lalu tahan selama 30 detik. Setelah itu, arahkan tangan ke kiri, belakang, dan depan, lalu tahan selama 10 detik. Ulangi 3-5 kali.

– Gerakkan otot bahu dan dada dengan memposisikan tangan di atas pegangan kursi. Kemudian, angkat tubuh bagian atas dan bawah secara perlahan dengan tubuh bertumpu pada tangan yang menahan pada pegangan kursi. Tahan beberapa saat, lalu ulangi hingga 15 kali.

– Untuk menghilangkan rasa pegal pada leher, Anda dapat memutar kepala dan leher Anda seperti ketika melakukan pemanasan olahraga.

Gerakan berdiri

– Berjalan atau lari-lari kecil mengelilingi ruangan kerja.

– Berjalan menaiki atau menuruni tangga.

– Berdiri dengan satu kaki, lalu lompat atau melakukan jumping jacks.

Push-up dengan bertumpu pada meja kerja. Pastikan meja kerja Anda cukup kokoh untuk menahan beban tubuh.

– Selain push-up pada meja, Anda juga dapat mencoba push-up pada dinding.

Bagaimana mudah kan? Ingat jangan jadikan kesibukan alasan untuk tidak beraktivitas. Yuk, mulai hidup sehat dengan Go Dok! Selamat mencoba.

Comments are closed.