Obat Saat Traveling yang Tidak Boleh Dilupakan!

obat saat traveling

Obat saat traveling yang tidak boleh lupa untuk dibawa adalah obat demam, flu dan batuk, obat anti mabuk, obat anti alergi dan P3K. Selain itu, Anda juga perlu bertanya kepada dokter mengenai obat-obat khusus apa yang harus Anda bawa jika berpergian ke tempat-tempat tertentu.

Go Dok- Siapa yang tidak gemar traveling? Setelah berjalan-jalan, Anda merasa lebih bersemangat, bugar dan siap untuk kembali ke aktivitas rutin Anda. Mempersiapkan segala sesuatunya termasuk obat-obatan sebelum berangkat traveling akan sangat memudahkan Anda mengatasi hal-hal yang tidak diinginkan, terutama saat berkunjung ke tempat-tempat yang jauh dari tempat-tempat persediaan obat seperti apotek. Lantas, apa saja obat saat traveling tersebut?

Simak penjelasan Go Dok tentang obat saat traveling yang tidak boleh Anda lupakan berikut!

Obat dengan Resep Dokter

Kondisi kesehatan yang secara rutin dikonsultasikan dengan dokter Anda harus tetap terjaga saat anda sedang bepergian untuk traveling. Bawalah obat tersebut dalam jumlah yang cukup, sehingga Anda tidak perlu repot jika terjadi delay dan sebagainya. Anda juga bisa membawa resep obat dokter jika anda tidak bisa membawa terlalu banyak suplai obat-obatan. Sehingga, Anda bisa mencairkan resep di apotek sekitar tempat Anda bepergian jika sewaktu-waktu diperlukan.

Menurut informasi dari Everydayhealth.com, Anda juga perlu bertanya kepada dokter mengenai obat-obat khusus apa yang harus Anda bawa jika berpergian ke tempat-tempat tertentu. Pada beberapa daerah dengan kondisi lingkungan yang berbeda, tidak menutup kemungkinan Anda terjangkit endemik setempat. Misalnya, ketika Anda berencana untuk traveling ke Afrika, Anda memerlukan resep obat antimalaria dan antibiotik untuk mencegah infeksi bakteri yang biasanya dapat menyebabkan diare para traveler. Anda tentu tidak ingin membawa pulang penyakit, bukan?

Obat Tanpa Resep

Terdapat beberapa jenis obat-obatan penting yang bisa dibeli langsung di apotek sekitar tempat Anda berlibur. Anda tentunya sudah sering mendengar obat-obatan di bawah ini:

  • Obat demam, flu dan batuk. Obat-obatan umum seperti Paracetamol sangat perlu Anda bawa saat sedang traveling. Terkadang, kelelahan akibat berpergian jauh membuat anda lebih rentan terkena demam, flu dan batuk. Jika Anda sering mengalami hidung tersumbat, Anda juga dapat menggunakan inhaler agar kenyamanan tidak tergganggu.
  • Obat anti mabuk. Salah satu hal yang seringkali membuat kenyamanan traveling kita terganggu adalah mabuk perjalanan, terlebih ketika berada di kendaaraan darat terlalu lama atau saat di kapal karena terombang-ambing. Membawa obat anti mabuk akan sangat membantu Anda untuk tetap nyaman setelah berada di dalam kendaraan. terdekat.
  • Obat anti alergi. Saat traveling, keadaan lingkungan bisa jadi berbeda dengan yang Anda bayangkan. Kemungkinan yang dapat terjadi adalah tubuh Anda dapat mengalami alergi karena keadaan di sekitar tempat Anda traveling, seperti udara yang ekstrem, tempat berdebu, atau serangga-serangga yang sering muncul di tempat tersebut. Untuk itu, Anda disarankan membawa Antihistamin jika sewaktu-waktu alergi menyerang Anda saat sedang traveling.
  • P3K. Persiapan P3K seringkali luput dari perhatian para traveler. Walaupun tidak diinginkan terjadi, kecelakaan dalam bentuk apapun bisa saja terjadi saat Anda sedang traveling, seperti terjatuh, terpeleset dan sebagainya. Barang-barang yang harus dibawa antara lain adalah kapas, perban, obat antiseptik untuk membersihkan luka seperti Betadine dan sebagainya. Jangan sampai liburan Anda terganggu hal-hal kecil yang menyebalkan ini!

Agar traveling Anda semakin nyaman dan berkesan, jangan lupa untuk membawa obat saat traveling di atas, ya! Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Konsultasi kesehatan kini bisa langsung lewat gadget Anda. Download aplikasi Go Dok di sini.

 

NA/PJ/MA

Referensi