Obat Panu Paling Ampuh; Cari Tahu Daftar Lengkapnya di Sini!

obat panu paling ampuh

GoDok- Obat panu paling ampuh – “Ihh, panuan!” Mungkin kata itu yang akan muncul dari mulut keluarga serta kerabat jika melihat ada panu di kulit Anda. Daripada menanggung malu, mending segera obati panu dengan 10 obat panu paling ampuh berikut ini!

1. Lengkuas

Obat panu paling ampuh yang pertama adalah lengkuas. Tertarik mencoba? Anda cukup memarut lengkuas hingga halus, lalu peras. Nah, air perasan lengkuas inilah yang kemudian dioleskan ke area tubuh yang terkena panu.

2. Belerang

Belerang merupakan salah satu batuan alami yang banyak ditemukan di daerah pegunungan. Meskipun berbau menyengat, namun mineral yang terkandung dalam batuan ini terbukti ampuh menumpas jamur pemicu panu. Caranya, gerus belerang menjadi partikel halus, lalu tambahkan sedikit air. Aduk hingga berbentuk pasta, lantas oleskan campuran ini ke area kulit yang bermasalah. Mudah sekali!

3. Jeruk nipis

Obat panu paling ampuh yang selanjutnya adalah jeruk nipis. Faktanya, dalam jeru nipis terkandung vitamin C dan zat asam dalam jumlah tinggi. Nah, kombinasi keduanyalah yang dipercaya para ahli ampuh untuk membasmi jamur pemicu panu. Caranya, potong 1 buah jeruk nipis menjadi dua bagian, lalu celupkan satu bagian ke minyak kelapa sebelum digosokkan ke kulit yang bermasalah. Mudah, bukan?

4. Bawang putih

Seringnya dikneal sebagai bahan alami yang ampuh untuk menyetabilkan tekanan darah, jarang yang mengetahui bahwa bawang putih juga berkhasiat untuk membasmi panu. Caranya, potong 1 siung bawang putih menjadi dua bagian, lalu gosokkan ke daerah yang terkena panu. Selain mengandung minyak atsiri yang efektif untuk membunuh jamur pemicu panu, senyawa anti-inflamasi dalam bawang putih juga ampuh untuk meredakan gatal. Tertarik mencoba?

5. Lidah buaya

Selanjutnya obat panu , manfaatkan gel lidah buaya untuk mengembalikan kesehatan kulit Anda. Caranya, belah satu batang lidah buaya, lalu ambil gel-nya. Oleskan gel ini ke kulit yang terkena panu, setidaknya 2 kali sehari. Lakukan secara rutin jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal, ya!

(Baca: Manfaat Lidah Buaya, yuk Simak Poin lengkapnya di Sini)

6. Belimbing wuluh

Yuk, basmi panu dengan belimbing wuluh! Caranya, haluskan beberapa buah belimbing wuluh menggunakan blender, lalu tambahkan 1-2 sdm air kapur sirih; aduk hingga merata. Oleskan campuran ini ke kulit yang terkena panu di pagi dan malam hari. Voila, panu akan hilang dengan segera!

7. Cuka apel

Jarang yang mengetahui bahwa dalam cuka apel terdapat senyawa anti-inflamasi dan anti-jamur yang berkhaisiat untuk mengurangi rasa gatal sekaligus menumpas panu dalam waktu singkat. Caranya, campurkan 1-2 sdm cuka apel dengan air secukupnya. Lalu, aplikasikan campuran ini ke kulit dengan menggunakan kapas. Mau coba?

8. Daun kemangi

Siapa yang tidak mengenal daun kemangi? Banyaknya digunakan sebagai bahan penambah harum masakan, jarang yang mengetahui senyawa fenol dalam daun kemangi juga terbukti ampuh untuk menghilangkan panu. Caranya, haluskan daun kemangi, kumudian oleskan langsung ke kulit yang bermasalah. Mudah sekali!

9. Jahe

Daripada membeli obat mahal, mending obati panu dengan menggunakan jahe! Caranya, gosokkan jahe yang sudah dihaluskan ke kulit yang bermasalah. Lakukan kebiasaan ini setidaknya 2 kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

10. Daun sirih

Obat panu paling ampuh yang terakhir adalah daun sirih. Caranya, haluskan beberapa lembar daun sirih, lalu gosokkan ke kulit yang terkena panu. Sederhana, bukan?

Itu tadi 10 obat panu paling ampuh yang dapat Anda coba. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Punya permasalahan seputar kesehatan si kecil? Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk Tanya Jawab seputar penanganannya, GRATIS! Download aplikasinya di sini.