Obat Konstipasi Alami yang Bisa Anda Coba

Obat konstipasi

GoDok- Obat Konstipasi- Konstipasi; siapa yang tidak akrab dengan keluhan medis yang satu ini? Istilah konstipasi yang mengacu pada kondisi sulit buang air besar memang bukan merupakan penyakit parah, ataupun mematikan. Namun, jika tidak segera ditangani, konstipasi dapat membuat penderitanya merasa tidak nyaman, begah, dan kembung di bagian perut. Tidak ingin mengalami hal tersebut, bukan?

Segera atasi konstipasi dengan menggunakan 10 obat konstipasi alami berikut ini!

1. Lidah buaya

Obat konstipasi yang pertama adalah lidah buaya. Faktanya, dalam lidah buaya terkandung senyawa Anthraquinone yang berkhasiat sebagai pencahar. Tertarik mencoba? Caranya, ambil bagian dalam lidah buaya, lalu seduh dengan air panas. Konsumsi ramuan ini minimal 2 kali sehari sampai konstipasi reda, ya!

2. Temulawak

Selain baik untuk menjaga kesehatan lambung, temulawak juga dipercaya sejak lama sebagai bahan alami yang berkhasiat untuk menyembuhkan konstipasi, lho! Caranya, iris tipis rimpang temulawak, lalu didihkan bersamaan dengan air, asam, dan gula jawa. Saring air rebusan, lalu minum di pagi dan sore hari. Mudah, bukan?

3. Mengkudu

Siapa bilang mengkudu hanya bermanfaat untuk meredakan darah tinggi saja? Buktinya, kandungan Alkaloid triterpenoid dan Morindon di dalam mengkudu juga membuat bahan alami ini baik dikonsumsi oleh penderita konstipasi, lho! Caranya, haluskan 2 buah mengkudu, lalu tambahkan sedikit garam, Aduk hingga merata, kemudian peras hingga mengeluarkan saripati. Nah, saripati inilah yang baiknya Anda konsumsi minimal 2 kali sehari.

4. Madu

Madu; bahan alami dengan sejuta manfaatnya -salah satunya adalah untuk melancarkan buang air besar. Caranya, tambahkan 2 sdt madu dan perasan air lemon ke dalam segelas air hangat, lalu minum campuran ini di pagi dan malam hari. Mau?

5. Anggur

Obat konstipasi yang selanjutnya adalah anggur. Dengan minum 1 gelas jus anggur di pagi dan malam hari, konstipasi dijamin reda dengan segera. Mudah sekali!

6. Lemon

Ternyata, kandungan vitamin C yang tinggi pada buah lemon menjadikan bahan alami ini ampuh untuk mengobati konstipasi, lho! Caranya, tambahkan perasan lemon ke dalam segelas air hangat. Jangan lupa untuk turut membubuhkan madu dan sedikit garam meja agar khasiatnya terasa lebih optimal, ya!

7. Bayam

Solusi lain yang dapat Anda coba sebagai obat konstipasi adalah dengan rajin mengonsumsi bayam. Ya, serat di dalamnya dijamin dapat membuat frekuensi buang air besar Anda kembali normal. Jika bosan dengan sajian bayam yang itu-itu saja, Anda dapat mencoba alternatif lain; seperti menyajikan bayam dalam bentuk jus atau sebagai bahan utama kudapan sore hari.

8. Minyak zaitun

Terganggu dengan perut yang terasa begah akibat lama tidak buang air besar? Maka, segeralah coba alternatif pengobatan dengan menggunakan minyak zaitun. Caranya, konsumsi 1 sdm minyak zaitun sebelum sarapan.

9. Alpukat

Selanjutnya, obat konstipasi dengan rutin mengonsumsi alpukat. Serupa dengan bayam, kandungan serta dalam alpukat juga membuat buah ini baik untuk mengembalikan kesehatan sistem pencernaan.

10. Pepaya

Obat konstipasi yang terakhir adalah pepaya. Ingat, pilihlah pepaya yang sudah matang agar manfaatnya dapat Anda rasakan secara optimal, ya!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Donwload aplikasi Go Dok di sini.