Obat Keracunan Makanan Ternyata Dapat Ditemukan di Sekitar Anda

Obat keracunan makanan

GoDok- Obat keracunan makanan- Tentunya, Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah ‘keracunan makanan’. Biasanya dipicu oleh konsumsi makanan/minuman yang tidak higienis dan/atau lewat tanggal kadalaursa, keracunan makanan dapat menyebabkan mual, muntah, diare, bahkan kehilangan kesadaran.

Sebelum terlambat, yuk, praktikkan langkah tanggap dengan memberikan 8 obat keracunan makanan berikut ini!

1. Pisang

Obat keracunan makanan yang pertama adalah pisang. Ya, buah yang terkenal karena harganya yang murah dan rasanya yang lezat ini terbukti mengandung senyawa yang bersifat netral sehingga dapat diserap oleh tubuh dalam keadaan apapun. Selain itu, kalori yang terkandung di dalam pisang juga efektif untuk meningkatkan level energi korban. Hebat, bukan?

2. Bawang putih

Selain dikenal sebagai bumbu dapur, bawang putih juga terbukti secara medis dapat meredakan keracunan makan dengan cepat. Hal ini dikarenakan dalam bawang putih terkandung senyawa yang bersifat anti-bakteri & anti-jamur. Karenanya, jika ada anggota keluarga yang terbukti menderita keracunan makanan, maka segera arahkan ia untuk mengonsumsi 1-2 siung bawang putih.

3. Air perasan lemon

Faktanya, vitamin C dalam lemon menjadikan buah yang satu ini baik dikonsumsi korban keracunan makanan karena dapat memerangi infeksi yang diakibatkan oleh virus, jamur, dan bakteri. Caranya, peras 1-2 lemon, lalu campurkan dengan 1 gelas air hangat. Mudah, bukan?

4. Biji jinten

Ternyata, konsumsi biji jinten terbukti secara medis dapat meredakan sakit, nyeri, dan radang pada perut akibat keracunan makanan. Tertarik mencoba? Cukup dengan merebus 1 sendok biji jinten dengan 2 gelas air, tunggu hingga mendidih. Lalu, saring dan hidangkan selagi hangat. Mudah sekali!

5. Madu

Obat keracunan makanan yang selanjutnya adalah madu. Bahan alami yang satu ini memang kaya sekali akan manfaat bagi tubuh, sebut saja untuk meredakan demam dan menjaga kesehatan kulit. Eits, siapa sangka kalau madu juga bisa dimanfaatkan untuk kasus keracunan makanan.

Caranya, campurkan 2 sendok madu murni ke dalam satu gelas air hangat. Aduk hingga merata, dan langsung sajikan ke korban keracunan. Bagaimana, mudah, bukan?

6. Jahe

Jarang yang mengetahui bahwa dalam jahe terkandung senyawa yang dapat merangsang keluarnya zat asing berbahaya dari dalam tubuh. Karenanya, banyak yang kemudian menyajikan bahan alami ini sebagai cara tanggap atasi keracunan makanan.

Caranya sangat mudah! Siapkan 1 ruas jahe, lalu cuci hingga bersih. Setalahnya, iris tipis dan rebus bersamaan dengan 1 gelas air. Saring air rebusan, dan sajikan selagi hangat.

7. Yoghurt

Seperti yang telah Anda ketahui, dalam yoghurt terkandung probiotik dan senyawa antiseptik yang berkhasiat untuk membunuh bakteri jahat yang ada dalam sistem pencernaan. Karenanya, jika Anda atau anggota keluarga terbukti mengalami keracunan makanan, maka jangan ragu lagi untuk mengonsumsi beberapa sendok yoghurt.

8. Lidah buaya

Obat keracunan makanan yang terakhir adalah lidah buaya. Caranya, sediakan 1-2 batang lidah buaya; ambil gelnya. Lalu, campurkan gel ini dengan 1 gelas air; sajikan segera. Mudah sekali!

Itu tadi 8 obat keracunan makanan yang dapat Anda coba. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Jaga kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk diskusikan permasalahan kesehatan Anda. GRATIS! Download aplikasi Go Dok, di sini.