Obat Insomnia Ternyata Berupa 9 Bahan Pangan Ini!

obat insomnia

GoDok- Obat insomnia- Sering merasa sulit terlelap di malam hari, padahal tubuh sudah sangat lelah setelah beraktivitas seharian? Hati-hati, karena bisa saja Anda menderita insomnia! Karena menyiksa, banyak penderita insomnia kemudian beralih pada konsumsi obat tidur. Padahal, hal ini tidak dianjurkan sebab dapat mengakibatkan dampak buruk bagi tubuh. Lantas, apa yang harus dilakukan?

Yuk, atasi gangguan tidur ini dengan mengonsumsi 9 obat insomnia alami berikut!

1. Seledri

Obat insomnia yang pertama adalah selederi. Ya, jarang yang mengetahui bahwa dalam bahan penyedap ini terdapat senyawa yang berfungsi untuk menenangkan syaraf dan otot tubuh. Karenanya, konsumsilah beberapa batang seledri di malam hari. Mudah, bukan?

2. Pisang

Sebuah studi terakhir yang dilakukan oleh para ahli dari Devenport University mengungkapkan bahwa kandungan potasium dan magnesium dalam pisang membuat buah yang satu ini baik dikonsumsi oleh penderita insomnia. Yuk, rasakan manfaat pisang dengan mengonsumsinya secara langsung, atau menjadikannya smoothie bersamaan dengan buah lain!

3. Kacang pikan

Meskipun tidak sepopuler kacang jenis lain, namun kacang pikan sudah dipercaya sejak lama dapat menjadi obat insomnia dengan cepat. Hal ini tidaklah mengherankan, sebab dalam kacang pikan terkandung senyawa yang mampu merangsang produksi ‘hormon tidur’ melatonin.

4. Gandum

Mungkin Anda hanya mengenal gandum sebagai bahan pangan yang baik dikonsumsi untuk menurunkan berat badan. Padahal, gandum juga baik dikonsumsi oleh penderita insomnia, lho! Faktanya, dalam gandum terkandung protein, kalsium, dan magnesium yang ampuh untuk menenangkan syaraf tubuh. Efek inilah yang akan membuat Anda terlelap lebih mudah. Tertarik mencoba?

5. Susu

Obat insomnia yang selanjutnya adalah susu. Ya, studi mengungkapkan bahwa dalam susu terkandung triptofan -neurotransmitter yang mampu merelaksasi otot tubuh. Karenanya, jangan sungkan untuk meminum segelas susu hangat di malam hari agar mudah tidur, ya!

6. Rumput laut

Jarang yang mengetahui bahwa dalam rumput laut terkandung DHA dan Omega-3 yang berkhasiat untuk membuat Anda tertidur lebih cepat. Hal ini sejalan dengan hasil penelitian terakhir yang dilakukan oleh para ahli dari Oxford University. Mereka menyimpukan bahwa anak-anak yang rutin mengonsumsi rumput laut terbukti memiliki kualitas tidur yang lebih baik.

7. Coklat

Selain baik untuk meredakan stres, kandungan serotonin dalam coklat juga terbukti ampuh untuk mengobati insomnia. Eits, tapi jangan asal dalam memilih coklat, ya! Pilihlah coklat murni (dark chocolate) yang tidak mengandung gula ataupu pemanis lainnya. Tujuannya tidak lain agar tubuh Anda tidak menumpuk gula dan karbohidrat tambahan di malam hari.

8. Madu

Serupa dengan susu, kandungan triptofan dalam madu juga membuat bahan alami ini baik dikonsumsi oleh penderita insomnia. Mau coba?

9. Tuna & Salmon

Obat insomnia yang terakhir adalah tuna dan salmon. Nyatanya, asupan rutin dua jenis ikan ini terbukti dapat merangsang produksi hormon melatonin yang membuat Anda terlelap dengan mudah.

Itu tadi 9 obat insomnia alami yang dapat Anda coba. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Jaga kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk diskusikan permasalahan kesehatan Anda. GRATIS! Download aplikasi Go Dok, di sini.