Obat Batuk Bagi Ibu Hamil yang Layak Dicoba

obat batuk bagi ibu hamil

Go Dok- Obat batuk bagi ibu hamil- Hamil tentu saja menjadi momen yang paling ditunggu oleh setiap wanita –khususnya bagi mereka yang sudah membina hubungan rumah tangga. Karena itulah, jangan heran jika kemudian banyak ibu hamil yang rela melakukan beragam cara demi menjaga kesehatan janin yang dikandungnya, sekaligus dirinya sendiri sebagai ‘tempat’ jabang bayi berkembang hingga nanti sampai di saat ia dilahirkan. Lalu, apa yang harus dilakukan jika ibu hamil menderita batuk yang sangat mengganggu? Selain dengan langsung mengunjungi dokter, Anda juga bisa mencoba beragam obat batuk alami bagi ibu hamil.

Berikut obat batuk bagi ibu hamil yang layak di coba oleh para ibu hamil:

1. Air hangat + garam

Obat batuk bagi ibu hamil yang pertama adalah dengan berkumur menggunakan air hangat yang telah ditambahi sejumput garam. Garam sudah dikenal sejak lama sebagai bahan alami yang ampuh untuk mengatasi batuk karena bersifat anti-peradangan. Tertarik mencoba? Caranya, pertama Anda harus menyiapkan segelas air hangat terlebih dahulu. Lalu, taburkan ½ sdt garam, aduk hingga merata. Barulah gunakan campuran ini untuk berkumur-kumur di pagi dan malam hari. Selain ampuh untuk mengobati batuk, cara ini juga dijamin aman untuk janin.

2. Menggunakan balsem atau minyak gosok

Tenggorokan terus terasa gatal hingga mengganggu kegiatan Anda sehari-hari? Maka, segera tangani kondisi ini dengan membalurkan balsem atau minyak gosok ke area sekitar leher dan dada. Selain karena hangatnya yang dijamin dapat meredakan batuk, aroma yang dikeluarkan balsem atau minyak gosok juga dipercaya mampu merelaksasi pikiran ibu hamil. Dampaknya, bukan hanya batuk yang hilang, namun pikiran ibu hamil pun dapat lebih tenang.

3. Sup ayam

Obat batuk bagi ibu hamil yang selanjutnya adalah sup ayam. Mungkin, cara ini terdengar aneh bagi sebagian orang. Tapi, ada baiknya Anda coba dulu untuk bisa tahu khasiatnya!

Dengan mengonsumsi sup ayam hangat, tenggorokan dan hidung yang tersumbat akibat batuk bisa kembali lega seperti sedia kala. Selain itu, dengan memasukkan beragam rempah, seperti bawang merah & bawang putih, merica, potongan ayam, dll; Anda secara tidak langsung telah membasmi pertumbuhan virus dan bakteri pemicu batuk. Lho, kok bisa? Alasannya karena bahan-bahan pelengkap tadi terbukti secara klinis dapat mempercepat proses penyembuhan hingga mencegah timbulnya kembali infeksi.

4. Jahe

Jika sedang menderita batuk, tapi kehamilan tidak memungkinkan Anda untuk mengonsumsi obat-obatan pabrik; maka, tidak ada salahnya untuk mencoba memanfaatkan jahe. Ya, dengan membuat air rebusan jahe, batuk dapat segera reda karena dalam bahan alami yang satu ini terkandung senyawa yang dapat melegakan tenggorokan dengan segera.

5. Lemon atau  jeruk nipis

Obat batuk bagi ibu hamil yang terakhir adalah dengan mengonsumsi air perasan lemon atau jeruk nipis. Kadar vitamin C yang tinggi pada kedua buah ini dijamin dapat meredakan batuk dengan segera.

Itu tadi beberapa obat batuk bagi ibu hamil yang dapat dicoba. Selain dengan cara di atas, Anda juga bisa mencoba penggunaan permen ekspektoran atau strip hidung. Sedangkan untuk cara lain –seperti penggunaan paracetamol atau obat pereda batuk lainnya-, Anda diwajibkan untuk mengonsultasikannya terlebih dahulu ke dokter. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Konsultasi kesehatan kini bisa langsung lewat gadget Anda. Download aplikasi Go Dok di sini.