Obat Alami Sembuhkan Batuk Berdahak, Apa Saja?

obat alami sembuhkan batuk berdahak

GoDok- Obat alami sembuhkan batuk berdahak- Siapapun pasti terganggu dengan penyakit batuk, Terlebih lagi, jika batuk yang didera adalah batuk berdahak. Napas pun terkadang terasa sesak dan berbunyi jika mengambil napas. Sebenarnya, dahak adalah sebuah kejadian normal yang terjadi di dalam tubuh. Lendir tersebut terbentuk sebagai bentuk perlawanan tubuh terhadap infeksi dan peradangan pada organ dalam tubuh. Meski demikian, dahak memang membuat orang menjadi tidak nyaman. Tapi tahukah Anda, ternyata batuk berdahak bisa diredakan dengan pengobatan alami?

Berikut obat alami sembuhkan batuk berdahak yang bisa Anda coba!

1. Madu

Obat alami sembuhkan batuk berdahak yang pertama adalah madu. Bahan makanan satu ini dikenal dapat menyembuhkan penyakit batuk. Pada tahun 2007, ABC News melaporkan penelitian yang dilakukan leh Penn State College of Medicine menemukan bahwa anak-anak usia 2 hingga 18 tahun yang diberikan madu di malam hari dapat tidur lebih nyenyak dan batuk pun bisa lebih berkurang.

2. Bawang dan Gula

Ternyata, campuran bawang dan gula dapat menjadi obat alami untuk batuk berdahak. Anda tinggal mencacah bawang yang kemudian ditempatkan di mangkuk. Tambahkan setengah gelas gula putih dan diamkan campuran tersebut selama satu malam. Bawang tersebut akan menyerap gula dan membentuk sirup. Untuk mempercepat pengobatan, Anda bisa memanaskan campuran tersebut dengan api kecil sekitar setengah jam. Anda bisa mengonsumsi satu sendok makan setiap 2 jamnya.

3. Sup ayam

Dari hasil penelitian yang dilakukan para dokter dari University of Nebraska Medical Center, ternyata zat yang terdapat pada sup ayam dapat meredakan gejala demam, seperti batuk berdahak. Kandungan tersebut bantu meringankan batuk dengan mengencerkan pembuangan lendir sekaligus memperlambat sel darah putih yang akan menyebabkan respons inflamasi pada sistem kekebalan tubuh.

4. Jahe

Tanaman yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan ini juga dapat menjadi obat alami sembuhkan batu berdahak. Jahe dapat melegakan pernapasan dan menyembuhkan batuk serta demam melalui kandungan-kandungan di dalamnya.

Caranya: Anda hanya butuh memarut akar jahe dan memeras cairannya. Tambahkan air perasan jahe tersebut sebanyak satu sendok makan dan campur bersama madu ke dalam air hangat. Rasakan sendiri manfaatnya!

5. Lemon

Jika Anda penggemar rasa asam, Anda bisa memanfaatkan buah lemon yang ditaburi garam dan merica di atasnya sebagai obat alami untuk menyembuhkan batuk berdahak.

Selain itu, menurut Stylecraze.com, cukup dengan sesendok perasan lemon dan sesendok madu yang dicampur dengan teh hitam, batuk Anda bisa diredakan. Hal tersebut dikarenakan asam citrate yang terdapat pada lemon dapat menghilangkan dahak. Sementara itu, madu berfungsi sebagai antiseptic dan antibakteri yang akan membuat lapisan pelindung di dalam tenggorokan sekaligus meredakannya.

6. Anggur

Buah kecil ini merupakan cara yang sangat alami untuk menyembuhkan batuk berdahak. Ternyata, anggur secara alami sudah mengandung ekspektoran, yang berfungsi untuk meredakan paru-paru dan dapat menghentikan sumbatan akibat dahak. Anda bisa menambahkan sesendok madu untuk menambahkan kekuatan penyembuh pada segelas jus anggur sebagai pengganti gula.

7. Larutan garam

Terakhir, obat alami sembuhkan batuk berdahak dengan larutan garam. Sebagai pengganti obat batuk, Anda bisa membuat larutan garam. Cukup mencampurkan satu sendok makan garam ke dalam air hangat. Gunakan larutan tersebut untuk berkumur-kumur di tenggorokan Anda sambil menengadahkan kepala, namun pastikan cairan tersebut tidak tertelan. Biasanya, batuk berdahak yang terasa tertahan di tenggorokan akan mereda.

Demikian obat alami sembuhkan batuk berdahak yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Konsultasi kesehatan kini bisa langsung lewat gadget Anda. Download aplikasi Go Dok di sini.