Obat Alami Kurap, Apa Saja? Ini Dia Daftarnya!

obat alami kurap

 GoDok- Obat Alami Kurap- “Ih, kurapan!” Hal ini mungkin terlontar dari bibir kawan-kawan jika sampai mengetahui terdapat kurap di kulit Anda. Daripada menanggung malu.

Yuk, segera obati kurap dengan 9 obat alami kurap berikut ini!

1. Bawang putih

Obat alami kurap yang pertama adalah bawang putih. Ternyata, senyawa yang terkandung di dalam bawang putih terbukti ampuh dalam melawan penyebaran jamur serta meredakan kurap dengan segera. Caranya, potong bawang putih, lalu gosokkan ke area yang terkena kurap.

2. Sari cuka apel

Meskipun terdengar asing, namun sari cuka apel terbukti efektif untuk meredakan infeksi pemicu kurap. Caranya, celupkan kapas ke dalam sari cuka apel, lalu tempelkan ke area kulit yang bermasalah. Lakukan kebiasaan ini secara rutin jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Minyak kelapa

Mungkin, Anda hanya mengenal fungsi minyak kelapa sebagai pelumas saat terkilir saja. Padahal, minyak jenis ini bisa dimanfaatkan untuk obat alami kurap, lho! Caranya, oleskan minyak kelapa ke kulit yang terkena kurap sebanyak 3-5 kali sehari. Mudah sekali!

4. Larutan cuka + garam

Cuka dan garam sudah dipercaya sejak lama sebagai bahan alami yang mampu meredakan infeksi dengan cepat. Karenanya, tidak ada salahnya untuk mengobtai kurap Anda dengan 2 bahan ini. Caranya, buat larutan yang terbuat dari campuran cuka dan garam. Lalu, oleskan ke kulit; tunggu selama 10 menit sebelum dibasuh dengan air bersih.

5. Kunyit

Obat alami kurap yang selanjutnya adalah kunyit. Ya, siapa sangka bahwa bahan alami yang umumnya digunakan untuk memasak ini ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati kurap! Caranya, campurkan 5 sdm bubuk kunyit ke air secukupnya, lalu aduk hingga berbentuk pasta. Oleskan pasta ini ke permukaan kulit dan tunggu beberapa saat hingga mengering. Barulah basuh dengan air bersih. Mau?

6. Minyak zaitun

Selain dengan menggunakan minyak kelapa, Anda juga bisa mengobati kurap dengan minyak zaitun. Ya, minyak ajaib ini terbukti ampuh dalam menangkal penyebaran kurap sekaligus mengembalikan kondisi kulit seperti sedia kala. Caranya, oleskan minyak zaitun ke permukaan kulit, lalu tunggu beberapa saat sebelum dibasuh dengan iar hangat. Lakukan kebiasaan ini minimal 3 kali sehari jika ingin mendapatkan hasil yang optimal, ya!

7. Pepaya mentah

Apa yang terbersit pertama kali di benak Anda ketika mendengar pepaya mentah? Mungkin, Anda akan membayangkannya sebagai bahan pelengkap rujak yang menyegarkan. Eits, jangan salah! Pepaya mentah juga bisa digunakan untuk obat alami kurap, lho! Alasannya tidak lain karena dalam bahan alami ini terkandung beberapa macam enzim, seperti papain dan chymopapain. Tertarik ingin mencoba? Caranya, tumbuk halus pepaya mentah, lalu oleskan ke kulit. Tunggu beberapa saat sebelum dibasuh dengan air, ya!

8. Serai

Di beberapa negara -seperti India dan China-, minyak serai banyak dipakai untuk mengobati kurap. Hal ini tidak terlepas dari fakta bahwa dalam serai terkandung senyawa antiseptik yang dapat membasmi jamur pemicu kurap. Caranya penggunaannya juga sangat mudah, kok! Anda cukup mengoleskan minyak serai ke kulit yang terkena kurap sebanyal 3-5 kali sehari.

9. Lidah buaya

Terakhir, obat alami kurap adalah lidah buaya. Tahukah Anda, bahwa dalam gel lidah buaya terkandung senyawa yang bersifat anti-inflamasi, anti-jamur, dan anti-jamur? Karenanya, jangan ragu untuk mengoleskan gel lidah buaya ke kulit yang bermasalah.

Itu tadi 9 obat alami kurap yang dapat Anda coba. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Atasi permasalahan kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya jawab seputar penanganannya dengan Tim Dokter Go Dok. Download aplikasi Go Dok di sini.