Obat Alami Atasi Biang Keringat Membandel

obat alami atasi biang keringat
Meskipun tidak berbahaya, namun biang keringat tetap saja dapat menimbulkan rasa ketidaknyamanan sebab ruamnya seringakali terasa gatal dan perih. Untuk itu, Anda bisa atasi dengan obat alami ini

GoDok – Obat alami atasi biang keringat Biang keringat, atau dikenal juga dengan istilah medis ‘mililaria’- merupakan kondisi kesehatan yang ditandai dengan munculnya ruam kecil berwarna kemerahan di permukaan kulit. Meskipun tidak berbahaya, namun biang keringat tetap saja dapat menimbulkan rasa ketidaknyamanan sebab ruamnya seringakali terasa gatal dan perih.

Yuk, simak penjelasan mengenai 7 obat alami atasi biang keringat yang terbuat dari bahan alami berikut ini:

1. Minyak jojoba

Obat alami atasi biang keringat pertama adalah minyak jojoba. Ya, minyak yang diekstraksi dari tanaman jojoba ini memang dipercaya ampuh dalam menangani biang keringat yang membandel. Selain itu, kandungan vitamin E, B kompleks, dan beberapa senyawa lainnya (tembaga, seng, selenium, iodin, dll) terbukti dapat mengembalikan kelembapan kulit. Tertarik?

Caranya, campurkan 2 sendok madu dengan satu sendok minyak jojoba. Lalu, balurkan campuran ini pada bagian tubuh yang terkena biang keringat. Tunggu selama 15-20 menit sebelum dibilas hingga bersih dengan air.

2. Madu

Selain berkhasiat untuk kecantikan, madu juga dapat Anda manfaatkan sebagai obat alami atasi biang keringat Caranya sangat mudah; cukup dengan membalurkan madu ke bagian yang terkena biang keringat, lalu tunggu selama 30 menit sebelum dibilas bersih. Mudah, bukan?

3. Lidah buaya

Obat alami atasi biang keringat yang selanjutnya adalah lidah buaya. Ya, selain baik bagi pertumbuhan rambut, gel lidah buaya juga dapat digunakan untuk meredakan gatal pada ruam biang keringat. Caranya, belah lidah buaya yang sudah dibersihkan sebelumnya menjadi dua bagian . Lalu, ambil gelnya dan oleskan pada kulit yang terkena biang keringat. Tunggu hingga mengering, lalu bilas dengan air bersih.

4. Es batu

Terdengar simpel, namun cara ini dianggap ampuh untuk mengurangi sensasi gatal dan perih yang ditimbulkan oleh biang keringat. Caranya, usapkan es batu pada ruam biang keringat dengan gerakan memutar. Lakukan secara berulang hingga kulit terasa membaik, ya!

5. Minyak jarak

Obat alami atasi biang keringat lainnya adalah minyak jarak. Dibuat dengan cara mengekstraksi biji jarak, minyak ini dipercaya ampuh untuk menghilangkan ruam biang keringat dengan cepat. Caranya, oleskan minyak jarak secukupnya ke area yang dikehendaki. Lalu, pijat perlahan dengan gerakan memutar. Lakukan secara rutin jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Gandum

Siapa yang tidak mengenal manfaat gandum untuk kesehatan kulit? Selain baik digunakan demi mengembalikan kelembapan alami kulit, gandum juga ternyata bisa dimanfaatkan sebagi obat alami atasi biang keringat,lho. Caranya, campurkan 3 sendok oatmeal dengan 1 sendok gula putih dan madu secukupnya. Aduk hingga merata, lalu balurkan ke area kulit yang bermasalah. Diamkan selama 10 menit, lalu basuh dengan air bersih.

7. Baking Soda

Obat alami atasi biang keringat yang terakhir adalah baking soda. Caranya, larutkan 2 sendok baking soda ke dalam bak mandi. Cara ini dianggap ampuh untuk mengurangi gatal dan ruam kemerahan. Tertarik mencoba?

Itu tadi 7 obat alami atasi biang keringat  yang  dengan mudah didapatkan. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Konsultasi kesehatan kini bisa langsung lewat gadget Anda. Download aplikasi Go Dok di sini.