Mudahnya Konsultasi Online; Apakah Efektif?

mudahnya konsultasi online

Pernahkah Anda mendengar tentang keberadaan aplikasi kesehatan di Indonesia? Bisa jadi mungkin Anda salah satu penggunanya. Sebagian besar aplikasi tersebut menyediakan layanan konsultasi online antara pengguna dengan dokter. Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk menyampaikan keluhan medis, serta melakukan tanya jawab dengan bermodalkan internet. Lantas, apakah fitur tersebut efektif untuk digunakan?

Yuk, simak penjelasan seberapa efektif cara kerja konsultasi online berikut ini!

1. Menambah wawasan tentang kesehatan dan penyakit

Bagi para pengguna tentunya ingin mendapatkan keuntungan dari fitur aplikasi yang digunakan. Salah satu keuntungannya adalah wawasan dan pengetahuan mengenai kesehatan dan penyakit dari sumber yang terpercaya, yaitu langsung dari dokter. Fitur konsultasi online memberdayakan dokter yang terdaftar di organisasi resmi sebagai narasumber. Jadi, pengetahuan Anda pun didapat dari tenaga ahli dan profesional.

Anda bebas menanyakan tentang apa saja mengenai dunia medis, misalnya; istilah medis yang tidak Anda pahami, kondisi tubuh Anda, kandungan obat yang tertera pada kemasan. Anda juga bisa menyampaikan keluhan yang dirasakan ketika tidak ada rasa tidak nyaman atau berbeda pada tubuh Anda.

2. Menghemat biaya

Dengan menggunakan fitur konsultasi online, Anda tidak perlu datang dan hadir secara fisik untuk bertemu dengan dokter. Tanya jawab tersebut akan diwakilkan dengan kehadiran Anda secara online. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk bensin dan parkir untuk melakukan konsultasi.

3. Menghemat waktu

Bila Anda merupakan individu yang sibuk dengan aktivitas harian yang padat, Anda bisa jadi terbantu dengan fitur konsultasi online. Anda tidak perlu meluangkan waktu lebih untuk perjalanan ke rumah sakit bahkan mengantri untuk bertemu dengan dokter. Anda pun bisa melakukan konsultasi online saat Anda sedang berada di tengah kerjaan atau aktivitas Anda sehari-hari.

4. Menghemat tenaga

Untuk bisa melakukan tatap muka dengan dokter, Anda perlu mengeluarkan tenaga lebih. Belum ketika Anda berada jauh dari rumah sakit atau klinik. Anda perlu berjalan jauh, bahkan terjebak dalam macet perkotaan. Belum-belum Anda sudah merasa lelah duluan. Sedangkan, ketika Anda menggunakan konsultasi online, Anda tidak perlu beranjak dari tempat Anda duduk.

5. Akses yang lebih mudah

Tempat berobat bisa jadi tidak berada dekat dari rumah atau di manapun tempat Anda berada. Anda perlu menempuh jarak yang jauh untuk bisa bertatap muka dengan dokter. Padahal, pada beberapa keadaan, Anda tidak dapat berpergian. Sedangkan, fitur online menyediakan beberapa kemudahan bagi Anda untuk melakukan tanya-jawab dengan dokter yang terpercaya. Hanya bermodalkan gawai dan internet, Anda bisa melakukan tanya-jawab kapanpun dan di manapun!

Anda perlu mengingat bahwa konsultasi online ini tidak bisa dijadikan patokan diagnosis terhadap penyakit Anda. Karena, diagnosis penyakit yang paling baik membutuhkan pemeriksaan yang menyeluruh dari dokter. Terlebih lagi, untuk dapat menentukan tindakan bagi penyakit Anda, segeralah kunjungi tempat berobat terdekat Anda. Tenang saja! Ketika Anda harus menjalani tindakan, Anda sudah lebih siap karena pengetahuan Anda sudah terisi melalui konsultasi online yang lebih dulu dilakukan.

Saat ini, di Indonesia tersedia beberapa aplikasi kesehatan dengan fitur konsultasi online tersebut, salah satunya adalah Go Dok. Fitur ‘Tanya Dokter’ yang ada menyediakan jasa tanya jawab dengan dokter yang terdaftar di Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Sungguh memudahkan!

Itu tadi kemudahan konsultasi online yang bisa Anda lakukan melalui gawai Anda. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Jaga kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk diskusikan permasalahan kesehatan Anda. GRATIS! Download aplikasi Go Dok, di sini.