Mitos dan Fakta Diabetes; Buktikan di Sini!

mitos dan fakta diabetes

Go Dok- Mitos dan fakta diabetes- Bagi penderita diabetes, wajar rasanya untuk merasa serba salah ketika mengonsumsi makanan. Berbagai macam informasi tentang aturan makan dan gaya hidup bagi penderita diabetes simpang-siur dari mulut orang-orang sekitar. Anda pun bingung untuk memercayai informasi tentang diabetes.

Jangan khawatir, simak penjelasan Go Dok mengenai mitos dan fakta diabetes berikut ini!

1. Mitos: Penderita diabetes dilarang mengonsumsi gula

Faktanya: Mitos ini paling sering disalahpahamkan oleh orang-orang kebanyakan. Padahal, penderita diabetes tetap diperbolehkan untuk mengonsumsi gula. Yang disarankan oleh ahli kesehatan adalah perlu adanya diet untuk menyeimbangkan asupan gula yang masuk bagi penderita diabetes. Jadi, konsumsi gula tidak dilarang sepenuhnya, hanya saja Anda perlu mengatur banyaknya sesuai kondisi tubuh Anda.

Anda bisa mulai menghitung jumlah kalori dan karbohidrat yang dikonsumsi pada hari itu. Jika Anda masih tergoda untuk mengonsumsi gula di atas batas normal, Anda bisa menggantinya dengan mengonsumsi buah manis setiap harinya. Hindari pemaksaan ketika Anda memang ingin mengonsumsi gula. Tapi, jangan sampai berlebihan!

2. Mitos: Penderita diabetes tidak boleh makan karbohidrat

Faktanya: Menurut Webmd.com, karbohidrat memang salah satu kandungan yang harus dikurangi oleh penderita diabetes. Namun, Anda tetap bisa mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah yang wajar. Anda bisa menemuinya pada makanan seperti pasta, roti, kentang, dan nasi. Hanya saja, Anda harus membatasi jumlahnya. Anda akan tetap diperbolehkan memakan kentang

3. Mitos: Diabetes hanya menyerang individu dengan berat badan berlebih  

Faktanya: Diabetes tidak hanya menyerang individu yang kelebihan berat badan. Menurut Diabetes.co.uk, sekitar 20% individu yang menderita diabetes tipe 2 merupakan individu dengan berat badan normal, bahkan di bawah batas normal. Jadi, tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak menjaga asupan gula meski Anda tidak kelebihan berat badan, ya!

4. Mitos: Penderita diabetes dilarang mengonsumsi alkohol

Faktanya: Berdasarkan informasi yang dilansir dari Webmd.com, pengonsumsian alkohol bagi penderita diabetes tetap diperbolehkan. Anda tetap diperbolehkan untuk mengonsumsi minuman beralkohol, hanya saja dalam batas wajar yang ditentukan oleh dokter Anda.

Anda juga harus berhati-hati untuk meminum alkohol dalam dosis yang tinggi. Karena, beberapa pengobatan, seperti insulin atau obat yang bantu meningkatkan insulin, dapat membuat Anda kekurangan gula dan alkohol dapat memperparah. Anda disarankan untuk hanya meminum satu gelas sehari bagi wanita, dan dua gelas sehari bagi pria. Jangan lupa untuk memperhitungkan kalori dan mengisi perut terlebih dahulu, ya!

5. Mitos: Penderita diabetes harus menjalankan diet khusus diabetes

Faktanya: Jika selama ini Anda selalu mendengar bahwa ada diet khusus penderita diabetes, maka Anda mendapatkan kabar yang kuarang benar. Pasalnya, tidak ada diet khusus untuk penderita diet.

6. Mitos: Penderita diabetes tidak boleh berolahraga

Faktanya: Penderita diabetes justru diharuskan untuk berolahraga. Pasalnya, gaya hidup yang sehat tidak pernah terlepas dari olahraga. Olahraga dapat mengontrol berat badan, menyehatkan jantung, memperbaiki kontrol gula dalam darah. Anda bisa menghubungi dokter Anda untuk mengetahui olahraga yang tepat. Ayo, bergerak!

7. Mitos: Diabetes adalah penyakit menular

Faktanya: Diabetes merupakan penyakit genetik yang hanya menular melalui keturunan. Diabetes tidak dapat menular melalui udara, misalnya bersin, ataupun sentuhan dan darah yang terdapat pada seorang penderita ke individu sehat lainnya. Jadi, diabetes bukanlah penyakit yang dapat menular secara mudah.

8. Mitos: Penderita diabetes berisiko mengalami kebutaan atau amputasi

Menurut Diabetes.co.uk, diabetes merupakan penyebab utama pada kebutaan dan amputasi pada setiap tahunnya. Namun, kedua risiko tersebut dapat dihindari jika penderitanya mampu mengontrol tekanan darah, kadar gula, berat badan, serta berhenti merokok. Selain itu, penderita juga harus rajin untuk mengecek kesehatannya ke dokter setiap tahunnya.

Itu tadi mitos dan fakta diabetes yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Jaga kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk diskusikan permasalahan kesehatan Anda. GRATIS! Download aplikasi Go Dok, di sini.

NA/PJ/MA

Referensi