Menurut Dokter Gigi, Inilah Kebiasaan Penyebab Gigi Berlubang

GoDok – Karies gigi, alias gigi berlubang, adalah rusaknya struktur atau lapisan penyusun gigi akibat iritasi pada gigi. Nah, tahukah Anda bahwa penyakit gigi ini merupakan yang paling sering dijumpai pada masyarakat Indonesia? Menurut drg. Sri Angky Soekanto, DDS, PhD, praktisi kesehatan gigi dan pakar biologi oral dari Universitas Indonesia, terjadinya hal ini tidak lain dikarenakan masih rendahnya kesadaran akan pentingnya kebersihan gigi di Indonesia.

Dewasa ini, masyarakat Indonesia memang dikenal doyan ngemil namun banyak di antara mereka yang jarang menyikat gigi. Hal inilah yang kemudian membuat banyak sisa makanan tertinggal dan menjadi plak di sela-sela gigi. Nah, ketika kandungan gula di dalam makanan atau minuman bereaksi dengan plak-plak tersebut, mereka akan membentuk zat asam yang kemudian akan melarutkan mineral-mineral pada email gigi dan menyebabkan gigi berlubang. Jika hal ini terus terjadi, lama kelamaan akan terjadi iritasi pada syaraf gigi yang pada akhirnya menyebabkan gigi mati (gangren).

Wah, ternyata akibat dari karies gigi cukup menyeramkan, ya. Namun, sebenarnya kondisi ini dapat Anda cegah dengan mengubah beberapa kebiasaan sehari-hari, lho!  Penasaran apa saja kebiasaan tersebut? Ayo simak daftar berikut ini :

1. Meminum susu dengan botol sambil tidur

Sebagai orangtua, pernahkah Anda memberi susu botol pada si kecil lalu membiarkan ia mengenyotnya hingga tertidur? Hati-hati! Kebiasaan ini terbukti bisa menyebabkan karies. Sebab, susu formula sendiri mengandung glukosa bersifat merusak bila sisa-sisanya menempel pada permukaan gigi. Ketika si kecil tertidur, produksi air liurnya akan berkurang sehingga otomatis kemamapuan self cleansing rongga mulut juga berkurang. Hal inilah yang kemudian mempercepat perusakan email gigi.

2. Mengonsumsi minuman bersoda dan makanan yang terlalu asam

Minuman bersoda mengandung kadar glukosa tinggi yang dapat melemahkan email gigi dan membuat gigi mudah berlubang. Sedangkan makanan dan minuman yang mengandung terlalu banyak zat asam berpotensi melarutkan email gigi perlahan sehingga gigi menjadi mudah berlubang.

3. Jarang menyikat gigi

Bila Anda jarang menyikat gigi, maka lama kelamaan permukaan gigi Anda akan tertutup dengan plak yang mengandung banyak bakteri dan pada akhirnya membentuk karang gigi. Mengapa? Sebab bakteri pada plak tersebut akan bereaksi dengan gula dalam makanan dan minuman yang Anda konsumsi sehari-hari sehingga melemahkan gigi. Hal inilah yang kemudian akan mempercepat proses terjadinya karies. Karenanya, biasakanlah menyikat gigi 20 menit setelah makan dan sesaat sebelum tidur untuk mencegah plak-plak berkembang pada gigi!

4. Merokok & mengunyah es batu

Anda tentunya tahu bahwa rokok bersifat panas dan sebaliknya, es batu mewakili sifat dingin. Nah, panas yang dikeluarkan dari asap rokok dan dingin yang dihasilkan es batu lama kelamaan  dapat mengikis dan melemahkan struktur email gigi Anda. Karenanya, segeralah kurangi dua kebiasaan ini, ya!

5. Mengonsumsi makanan yang manis dan lengket

Makanan yang manis dan lengket akan sering tersisa di dalam lekuk-lekuk bagian dalam gigi dan kemungkinan besar tidak terangkat saat menyikat gigi. Produksi air liur pun akan berkurang dan  jika dibiarkan, hal ini akan menyebabkan terbentuknya lubang pada gigi Anda.

6. Menggunakan tusuk gigi

Jarang yang mengetahui bahwa kebiasaan mengulik sisa daging di sela gigi dengan tusuk gigi ternyata bisa saja menyebabkan karies. Nyatanya, kebiasaan memakai alat ini justru bisa menyebabkan gusi turun sehingga makanan menjadi lebih mudah terjebak di sela-sela gigi. Jika sudah begitu, tentunya sisa makanan akan lebih sulit dibersihkan saat menyikat gigi.

Nah, untuk mencegah terbentuknya lubang pada gigi,  ada baiknya Anda segera menghindari 6 kebiasaan di atas. Selamat mencoba, dan  semoga bermanfaat!

(Baca: Kenali Dampak Buruk Merokok Pada Gigi)

 

Comments are closed.