Menurunkan Berat Badan dengan Strategi CICO Diet

Strategi CICO diet

Go Dok- Strategi CICO diet- Tahukah Anda tentang strategi diet terbaru yang dinamakan CICO Diet? Belakangan, strategi CICO diet tengah populer di berbagai kalangan, setelah berita-berita tentangnya diangkat ke internet. Namun, terbersit kalangan di berbagai kalangan, tentang aman atau tidaknya strategi diet yang satu ini. Untuk menjawab hal ini, mari simak penjelasan lengkap tentang strategi CICO diet berikut!

Apa itu strategi CICO diet?

Nama CICO Diet mungkin terdengar baru, namun sebenarnya diet ini merupakan diet yang paling dasar, sudah ada sejak dulu, dan telah lama diterapkan secara luas. Esensi dari diet ini adalah menurunkan berat badan dengan prinsip Kalori Masuk versus Kalori Keluar. Namanya sendiri merupakan singkatan dari Calories In, Calories Out. Menurut strategi CICO diet, untuk mengurangi berat badan, Anda harus mengonsumsi lebih sedikit kalori dari yang digunakan tubuh sehari-hari. Pendeknya, Anda boleh makan apa saja tanpa aturan apapun, termasuk mengonsumsi makanan berlemak dan junk food, asalkan setiap hari Anda mengeluarkan lebih banyak kalori dari yang Anda konsumsi.

Rekomendasi kebutuhan kalori yang standar untuk wanita adalah 2.000 kalori dalam sehari. Menurut perhitungan standar, 1 pound (0,45 kg) setara dengan 3500 kalori. Jadi, jika Anda ingin mengurangi berat badan sebanyak 1 pound dalam seminggu, Anda harus memotong kebutuhan harian kalori hingga 500 kalori agar bisa mencapai pengurangan kalori hingga di angka 3500 setiap minggunya. Jadi, Anda harus puas dengan mengonsumsi hanya 1500 kalori setiap harinya, alih-alih 2000 kalori.

Nah, perhitungan kalori tersebutlah yang membuat strategi CICO Diet dapat mengurangi berat badan cukup cepat. Hal ini pula yang membuatnya populer kembali begitu cepat belakangan ini. Namun, para pengamat diet dan nutrisionis justru tidak merekomendasikan diet ini, lho.

Mengapa strategi CICO Diet tidak direkomendasikan?

Meskipun memang cukup efektif, harus Anda perhatikan bahwa rekomendasi kalori standar yang disebutkan di atas sudah ketinggalan zaman. Pasalnya, telah diketahui secara luas bahwa kebutuhan kalori setiap wanita sejatinya berbeda-beda, tergantung pada faktor usia, berat badan, tinggi badan, kadar aktivitas sehari-hari, hormon, serta kesehatan metabolisme tubuh. Tak hanya itu, strategi CICO diet pada dasarnya menempatkan makanan sehat seperti sayur dan buah di level yang sama dengan panganan tak sehat seperti soda, junk food, dan permen. Mengonsumsi semua hal tidak masalah, karena yang penting adalah hitungan kalori keluar dan masuk.

Hal ini tentu tidak bagus, sebab artinya Anda tak lagi peduli tentang makanan yang sehat dan tidak. Lona Sandon, seorang Asisten Profesor bidang Nutrisi Klinik di University of Texas Southwestern Medical Center, menyatakan bahwa mereka yang menjalani strategi CICO diet memang benar-benar kehilangan berat badan, namun sebagai risikonya bisa saja orang-orang tersebut menderita kekurangan nutrisi, bahkan malnutrisi. Pasalnya, pelaku strategi CICO Diet mungkin tidak memiliki asupan nutrisi yang cukup di dalam tubuhnya, karena hanya mementingkan jumlah kalori.

Lebih lanjut, Connie Diekman, seorang pengamat dan pelaku diet menjelaskan bahwa mengurangi berat badan dengan cara makan yang tidak sehat bukanlah ide bagus. Sebab, jika nutrisi penting yang ada dalam tubuh Anda hilang, maka massa otot juga akan berkurang, dan kesehatan tulang, ketajaman mental, dan fungsi-fungsi penting lainnya juga akan terganggu.  Intinya, saat orang-orang menjalani strategi CICO diet, mereka akan lupa pentingnya asupan nutrisi, memakan apa saja yang ada, dan hanya mementingkan perhitungan kalori.

Jadi, berbahayakah strategi CICO diet?

Sebenarnya, jika dijalani dengan seimbang, dan tidak hanya mementingkan perhitungan kalori, strategi CICO diet cukup layak untuk diterapkan. Asalkan Anda tetap mengonsumsi nutrisi yang diperlukan, memperhatikan asupan nutrisi, vitamin, protein dan karbohidrat yang dibutuhkan tubuh setiap harinya, serta meninggalkan makanan tak sehat.

Nah, itu dia serba-serbi strategi CICO diet yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Ingin tips sehat seputar diet? Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk chat dengan dokter seputar tipsnya. GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi