Menu Sarapan: Aneka Buah Pengganjal Lapar

www.go-dok.com

Sarapan merupakan jam makan yang tidak boleh dilewatkan, karena di pagi hari tubuh memerlukan energi untuk memulai aktivitas seharian. Namun, faktanya banyak orang  memilih untuk melewatkan sarapan karena berbagai alasan, seperti karena tidak punya waktu luang, hingga enggan repot menyediakan menu makanan.

Menyediakan menu sarapan, khususnya bagi seluruh anggota keluarga, memang menantang. Namun, pernahkah terpikir untuk mengubah menu santap di pagi hari menjadi buah-buahan? Ya, selain karena mudah disiapkan sehingga Anda tidak perlu repot lagi memasak di pagi hari, kandungan vitamin, serat, dan mineral dalam buah-buahan terbukti mampu meningkatkan proses detoksifikasi atau pengeluaran racun dari dalam tubuh. Jadi, bukan hanya kenyang, Anda pun dapat merasakan manfaat buah-buahan untuk kesehatan.  Yuk, intip beberapa pilihan buah yang dapat disajikan saat sarapan

1. Pisang

Sebuah penelitian yang diterbitkan di Journal of the American College of Cardiology menyebutkan bahwa pisang merupakan buah ideal untuk dikonsumsi di pagi hari. Mengapa? Kalori dalam buah pisang yang berkisar 88,7 kkal/100gr mampu memberikan energi cukup bagi tubuh untuk memulai aktivitas. Selain itu, kandungan serat dalam pisang juga dapat meningkatkan proses detoksifikasi tubuh dengan cara membuang racun bersamaan dengan kotoran. Bagi Anda yang telah memiliki buah hati, dengan membiasakan ia mengonsumsi pisang secara rutin ternyata mampu meningkatkan kemampuan kognitifnya. Ini dikarenakan kandungan kalium yang tinggi pada pisang terbukti mampu mengoptimalkan fungsi otak dalam memecahkan permasalahan rumit.

Jika bosan memakan pisang dengan cara yang itu-itu saja, Anda dapat mencoba bereksperimen dengan membuat berbagai menu olahan pisang, seperti jus pisang, sandwich pisang dengan selai kacang, hingga pisang bakar keju. Yumm, lezat!

2. Semangka

Karena kandungan airnya yang tinggi, konsumsi semangka di pagi hari dapat membuat Anda terhindar dari risiko dehidrasi . Selain itu, vitamin A, C, D, dan   lycopene dalam semangka terbukti mampu menjaga kesehatan jantung, menurunkan risiko stroke, mencegah batu ginjal, dan melancarkan pencernaan. Bagi Anda yang sedang menjalani program diet, semangka dapat dijadikan alternatif sarapan sehat karena rendahnya kalori yang terkandung di dalamnya.

3. Jeruk

Sekarang ini, cuaca yang tidak menentu menyebabkan tubuh rentan terserang berbagai macam penyakit. Solusinya, rutinlah mengonsumsi jeruk di pagi hari. Kandungan asam sitrat di dalamnya diketahui mampu meningkatkan sistem imun tubuh hingga menangkal radikal bebas. Selain itu, bagi Anda yang menderita kolesterol tinggi, konsumsi rutin buah jeruk di pagi hari ternyata dapat meningkatkan level kolesterol baik dalam tubuh hingga 21%. Hebat, bukan?

4. Pepaya

Pepaya telah dikenal luas sebagai buah yang aman dikonsumsi dalam kondisi tubuh apapun. Selain karena vitamin C dan beta karoten didalamnya yang berfungsi sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas, kandungan serat serta enzim papain dalam buah yang satu ini terbukti mampu memecah serat makanan menjadi partikel yang lebih kecil  sehingga buang air besar (BAB) menjadi lancar.

Selamat mencoba!

Comments are closed.