Menjadi Ibu Dambaan Anak; Ini dia Caranya!

menjadi ibu dambaan anak

Go Dok- Menjadi ibu dambaan anak- Banyak dari Anda yang tengah memegang peran sebagai seorang ibu, merasa bahwa anak Anda mulai menjauh dan tidak lagi senang melakukan berbagai aktivitas bersama. Hal ini bisa dipicu berbagai faktor, mulai dari beranjak remajanya anak Anda, hingga ketidakcocokan tertentu. Sebagai seorang ibu, tentunya Anda hanya ingin yang terbaik bagi si buah hati. Namun, terkadang apa yang dipandang sebagai terbaik bagi Anda, bukanlah apa yang dipandang baik oleh si anak. Karenanya, tentu Anda bertanya-tanya tentang perilaku dan sikap seperti apakah yang diinginkan si buah hati dari Anda? Bagaimana cara menjadi ibu yang didambakannya? Nah, untuk menjawab hal-hal tersebut,

Mari simak beberapa cara menjadi ibu dambaan anak berikut ini!

Jangan terlalu fokus pada hal-hal besar

Tentu setiap orangtua menginginkan yang terbaik bagi anaknya, dan bagi beberapa ibu, hal itu berarti memasukkan mereka ke klub atau sekolah terbaik, atau memberikan mereka mainan dan gadget terkini. Intinya, hal-hal yang dulu mungkin tidak bisa Anda dapatkan di masa kecil. Namun, kenyataannya kebanyakan anak akan lebih menghargai dan senang akan hal-hal kecil yang dilakukan ibunya. Contohnya, “aku suka saat ibu menemaniku sebelum tidur sambil membacakan cerita dan mengecup keningku” atau “aku suka saat ibu membuatkan bekal dan pesan sayang untukku”. Hal-hal inilah yang membuat anak merasa terkoneksi dan semakin dekat dengan ibunya. Jadi, cobalah untuk fokus terhadap hal-hal kecil, tentu tanpa melupakan rencana besar Anda, ya!

Selalu luangkan waktu untuknya

Hal paling penting bagi anak adalah waktu-waktu berkualitas bersama ibunya, hanya berdua. Si buah hati akan merasa dirinya spesial jika Anda meluangkan waktu untuk mengobrol, bermain, atau sekedar menunjukkan kasih sayang padanya secara privat dan tanpa kakak atau adik yang menyertai. Intinya, buatlah anak Anda merasa bahwa ia selalu dapat mengandalkan Anda kapanpun, untuk sekadar berbicara. Jika perlu, buat pula rencana akhir pekan dengannya untuk dihabiskan bersama-sama. Percaya atau tidak, anak Anda akan sangat menghargai hal ini dan Andapun akan menjadi ibu dambaan anak.

Puji anak Anda dengan wajar atas apa yang dilakukannya

Ingat, Anda tidak perlu memuji anak Anda dengan berlebihan atas prestasinya, karena dalam usia tertentu hal ini bisa membuat si buah hati merasa malu. Jangan pula hanya memujinya karena hal-hal besar, seperti peringkat pertama di kelas atau juara salah satu cabang olahraga. Alih-alih, pujilah dia juga atas hal-hal kecil yang dilakukannya, tanpa sikap yang berlebihan. Puji dia saat berhasil membangun suatu bentuk lego sederhana. Puji saat dia membuang sampah pada tempatnya. Pujilah potongan rambutnya yang baru, atau dandanannya. Pujian tulus dari Anda dapat meningkatkan rasa percaya dirinya dan ia akan lebih menghargai dirinya sendiri.

Hindari menjadi ibu yang terlalu protektif

Cara menjadi seorang ibu dambaan anak yang terakhir dengan hindari menjadi ibu yang protektif. Faktanya, seorang anak akan selalu ingin untuk mempelajari dan mengetahui sesuatu, dan karenanya hanya sedikit anak (kecil atau remaja) yang betah berada di rumah. Jangan menanggapi hal ini dengan membuat peraturan-peraturan yang terlalu ketat tentang jam bermain, jam malam, maupun batasan bermain. Jika anak ingin bermain lumpur atau hujan-hujanan, izinkan dia melakukannya dan awasi dari jauh. Jika anak ingin bermain hingga malam, ijinkan dia keluar namun tetapkan batas jam yang wajar. Meski begitu, memang ada beberapa hal yang harus diatur secara tegas. Dalam hal seperti ini, berikan penjelasan terhadap anak secara logis. Mereka adalah pendengar yang baik, dan mengharapkan sikap ini dari Anda.

Nah, itu dia hal-hal yang bisa Anda terapkan demi menjadi ibu dambaan anak. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Konsultasi kesehatan kini bisa langsung lewat gadget Anda. Download aplikasi Go Dok di sini.

 

SF/PJ/MA

Referensi