Meningkatkan Kualitas Sperma; Intip 5 Caranya Ini!

meningkatkan kualitas sperma

Go Dok- Meningkatkan kualitas sperma- Bagi pasangan yang telah menapaki mahligai rumah tangga, tentu memiliki momongan menjadi suatu tujuan tersendiri. Nah, untuk pria, salah satu cara untuk mencapai hal ini adalah dengan menghasilkan sperma yang kental, cepat, dan dalam jumlah banyak. Namun, banyak dari Anda yang tidak tahu bagaimana cara mendapatkannya.

Yuk, intip 5 cara meningkatkan kualitas sperma berikut ini!

1. Berolahraga

Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas sperma adalah dengan rutin berolahraga. Percaya atau tidak, latihan yang melibatkan otot-otot tubuh dapat meningkatkan kadar hormon testosteron yang bertugas memproduksi sperma di dalam tubuh Anda. Hasilnya, olahraga dapat mengentalkan sekaligus memperbanyak jumlah sperma yang Anda hasilkan. Sebagai tambahan, lakukan pula latihan olahraga yang terpusat pada sekitar panggul dan bagian bawah tubuh Anda. Hal ini akan memperkuat aliran darah menuju testikel, yang sekaligus membawa serta sejumlah besar vitamin dan mineral yang baik untuk produksi sperma. Jadi, jangan lupa berolahraga, ya!

2. Perhatikan diet Anda

Cara kedua untuk meningkatkan kualitas sperma Anda adalah dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Usahakanlah untuk rutin mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral yang bagus untuk produksi sperma. Konsumsilah makanan yang mengandung vitamin B tinggi, seperti keju, telur, susu, bayam, dan kacang-kacangan (mete). Konsumsi pula makanan yang kaya akan selenium, seperti kerang, kepiting, udang, lobster, biji bunga matahari, dan ikan. Tak hanya itu, makanan yang kaya akan magnesium, seperti alpukat, pisang, dan cokelat hitam juga bagus bagi produksi sperma. Jangan lupa pula dengan makanan kaya zinc, seperti tiram, oatmeal, daging kambing, serta daging sapi. Banyak pilihannya, bukan?

3. Berhenti merokok dan berhenti mengonsumsi minuman beralkohol

Cara ketiga untuk meningkatkan kualitas sperma adalah dengan menghindari merokok serta minuman beralkohol. Pasalnya, kebiasaan merokok dapat menurunkan jumlah sperma yang Anda hasilkan, beserta dengan kekentalannya. Begitu pula dengan kebiasaan meminum minuman beralkohol. Jadi, hindari kedua hal ini sebisa mungkin, ya!

4. Minumlah banyak air putih

Jarang yang tahu bahwa meminum banyak air putih bisa meningkatkan kualitas sperma Anda. Pasalnya, dehidrasi dapat menyebabkan turunnya kadar serta kekentalan sperma. Hindari terlalu banyak mengonsumsi kopi dan minuman kemasan lainnya, dan beralihlah ke air putih. Sebagai tambahan, Anda dapat pula mengonsumsi jus nanas untuk meningkatkan produksi serta kulaitas sperma.

5. Beristirahatlah dengan cukup

Salah satu hal yang mempengaruhi produksi serta kualitas sperma Anda adalah kebiasaan begadang, kurang tidur, serta kurang beristirahat. Karenanya, hindarilah ketiga hal tersebut, dan tidurlah tepat pada waktunya selama 8 jam.

6. Hindari penggunaan gadget

Cara terakhir untuk meningkatkan kualitas sperma adalah dengan mengurangi penggunaan gadget Anda, baik smartphone, tablet, maupun laptop. Pasalnya, dalam sebuah studi yang diadakan oleh Cleveland Clinic, pria yang terlalu sering menggunakan gadget mengalami penurunan produksi sperma yang disebabkan gelombang elektromagnetik dari handphone. Tak hanya itu, terlalu sering memangku laptop saat bekerja juga tidak baik untuk kesehatan alat reproduksi Anda, karena laptop akan menghasilkan skrotum panas yang dapat menurunkan produksi sperma. Mengerikan, bukan?

Nah, itu dia 6 hal yang wajib Anda lakukan untuk meningkatkan kualitas sperma. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Ingin tips sehat seputar seks lainnya? Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk konsultasikan seputar tipsnya dengan dokter Go Dok, GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.