Meningkatkan Bahagia Lewat Musik; Yuk, Coba!

Meningkatkan bahagia lewat musik

GoDok- Meningkatkan bahagia lewat musik- Seringkali merasa bosan dengan pekerjaan rutin? Anda merasa perlu adanya penyemangat untuk menjalani aktivitas sehari-hari? Mungkin Anda butuh musik! Coba ingat-ingat musik yang bisa menghadirkan rasa bahagia dan momen menyenangkan dalam benak Anda. Putar, nikmati, dan lanjutkan aktivitas Anda dengan lebih bersemangat. Lalu, mengapa musik dapat meningkatkan rasa bahagia dan produktivitas Anda?

Berikut penjelasan mengenai meningkatkan bahagia lewat musik, yuk, simak!

Meningkatkan bahagia lewat musik- Berbahagialah Anda yang menggemari musik. Menurut informasi yang dilansir dari Medium.com, berdasarkan beberapa penelitian, musik tidak hanya sebagai hiburan selewat saja. Ternyata, musik dapat meningkatkan rasa bahagia dan semangat yang dapat meningkatkan produktivitas kita sehari-harinya.

Musik selama ini dikenal sebagai medium untuk berkomunikasi melalui nada dan lirik. Namun, sebenarnya musik menyimpan lebih dari itu. Musik bahkan diteliti lebih dalam melalui ilmu neuromusikologi yang mempelajari bagaimana sistem saraf manusia bereaksi terhadap musik. Musik dihantarkan oleh udara sebagai gelombang yang kemudian ditangkap oleh telinga. Musik kemudian menghubungkan berbagai area yang ada di otak, yang juga memiliki peran dalam fungsi kognitif.

Musik akan diproses di dalam otak yang berhubungan dengan bahasa, memori jangka pendek, memori jangka panjang, dan emosi. Ketika mendengarkan sesuatu yang disuka, maka area di dalam otak tersebut bertanggung jawab terhadap kesenangan dan “hadiah” akan menyala. Bagian otak yang teraktivasi melalui musik akan dijejali dengan reseptor opioid, seperti endorfin.

Meningkatkan bahagia lewat musik- Dari sana, musik kemudian dapat memengaruhi mood seseorang, baik itu meningkatkan rasa bahagia atau justru membuat sedih. Namun, jumlah area otak yang teraktivasi melalui musik berbeda-beda pada setiap individu. Mengapa demikian? Karena, setiap individu mengalami masing-masing pengalaman dan referensi berbeda terhadap suatu lagu. Sehingga, respons emosi pada setiap individu bisa beragam.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Montreal Neurological Institute and Hospital, ketika mendengarkan musik yang mengingatkan pada momen menyenangkan, tubuh akan melepaskan dopamin, sebuah substansi pada otak yang bertanggungjawab terhadap rasa kesenangan, seperti makanan, seks, atau obat. Pelepasan dopamin tersebut dikaitkan dengan rasa “merinding”, yang ditandai dengan perubahan tubuh seperti detak jantung, irama napas, hingga temperatur tubuh ketika mendengarkan musik tersebut.

Dari penelitian tersebut, terdapat lima lagu yang secara ilmiah dapat memicu dopamin di dalam tubuh yang dapat meningkatkan rasa bahagia Anda:

  1. “Piano Sonata No. 17 in D Minor (“The Tempest”) – Beethoven
  2. “First Breath After Coma” – Explosions in the Sky
  3. “Adagio for Strings” – Tiesto
  4. “Adagio for Strings” – Barber
  5. “Clair de Lune” – Debussy

Meningkatkan bahagia lewat musik- Berbeda lagi pada artikel Extreme Metal Music and Anger Processing, musik metal ternyata terbukti secara ilmiah dapat meningkatkan rasa bahagia. Artikel yang dimuat dalam jurnal Frontiers in Human Neuroscience tersebut memelajari bagaimana musik kemarahan memengaruhi pendengarnya untuk mengolah amarah. Ternyata, hasilnya menunjukkan bahwa pendengar musik keras justru mampu menangani gejala seperti depresi, kecemasan, dan stress dengan mendengarkan musik keras. Ketika mendengarkannya, mereka justru merasakan amarahnya secara totalitas dan menenangkan diri ketika merasa marah.

Dengan berbagai banyaknya penelitian yang menemukan bahwa musik dapat mengurangi beban emosi negatif seperti stress, kecemasan, dan depresi, musik pun sering dijadikan sebagai salah satu terapi. Bahkan, dengan mendengarkan musik yang meningkatkan rasa bahagia atau memberikan kesedihan pun dapat membuat individu lebih menghargai rasa bahagia atau sedih pada orang lain. Semua ini menegaskan bahwa dampak musik terhadap emosi manusia sangatlah nyata dan kuat.

Itu tadi penjelasan dan daftar lagiu untuk meningkatkan bahagia lewat musik yang harus Anda ketahui. Meski demikian, musik terbaik yang dapat meningkatkan rasa bahagia kepada pendengarnya adalah musik yang memang disenangi oleh pendengarnya sendiri. Jadi, isi hari-hari Anda dengan lagu yang Anda sukai, ya!

Baca juga:

Konsultasi dokter kini bisa lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasinya Go Dok di sini.