Menghilangkan Kembung pada Bayi dengan Cara Ini!

Menghilangkan kembung pada bayi

 

GoDok- Menghilangkan kembung pada bayi- Rasa kembung ternyata tidak hanya dialami oleh anak-anak dan orang dewasa saja, tetapi juga pada bayi. Sayangnya, si bayi belum bisa mengungkapkannya. Para orang tua kerap kali bingung untuk mengetahui bagaimana kondisi yang dirasakan oleh si bayi. karena itu, Anda dapat mendeteksi hal-hal seperti tadi, termasuk kembung, yang dirasakan oleh bayi dan bantu menanggulanginya secara cepat dan tepat.

Seperti pada umumnya, rasa kembung pada perut adalah hal yang menyebalkan. Tidak hanya orang tua, tetapi bayi juga merasa jengah dengan rasa kembung. Karena belum bisa bicara dan mengungkapkan rasa tidak nyamannya, bayi hanya bisa menangis untuk menerjemahkan rasa tidak nyamannya pada perut. Perhatikan jika bayi bergerak-gerak gelisah dengan mengangkat kaki, lalu meregangkannya dan melengkungkan punggung. Bisa jadi ia merasakan kembung.

Sebenarnya apa yang menyebabkan kembung pada bayi? Pada dasarnya, setiap bayi memang menyimpan gas di dalam perutnya. Seperti dilansir oleh Parents.com, pediatris sekaligus penulis buku Baby 411 Ari Brown, mengatakan bahwa kandungan gas yang selalu ada di dalam perut bayi disebabkan oleh pola makan bayi yang makan secara terus menerus. Adanya makanan di dalam perut menyebabkan usus bayi selalu bekerja untuk mengolahnya dan menghasilkan gas sebagai emisi.

Berikut langkah-langkah untuk menghilangkan kembung pada bayi dari Go Dok!

  1. Gerakan bersepedaGerakan ini bisa dipraktikkan untuk menghilangkan kembung pada bayi. Caranya mudah saja, letakkan bayi pada permukaan yang datar. Bantu gerakkan kakinya dengan gerakan mirip orang bersepeda. Gerakan tersebut dipercaya dapat mengurangi gelembung-gelembung gas di dalam perut. Selain itu, gerakan bersepeda itu juga membantu gas tersebut keluar.
  2. Bantu bayi bersendawa. Cara ini biasanya efektif untuk menghilangkan kembung pada bayi. Para dokter anak menyarankan para orang tua untuk bantu mengeluarkan gas dalam bentuk bersendawa dalam posisi duduk. Namun, Anda juga bisa membantu sendawa bayi dengan cara menggendongnya secara bersandar tegak dengan bahu Anda. Dokter Anak Orlando Gregory Gordon M.D., menyarankan Anda untuk mengayunkan anak secara lembut dalam posisi duduk. Selain itu, kebiasaan mengeluarkan sendawa ini sebaiknya dilakukan di tengah setelah si bayi makan.
  3. Hubungi dokter anak. Menghilangkan kembung pada bayi biasanya dapat diredakan dengan bantuan medis dari dokter anak. Dokter anak dari Atlanta, Jennifer Shu, mengungkapkan bahwa beberapa tetes obat tertentu dapat meringankannya.

Meskipun rasa kembung pada bayi normal terjadi, Anda tetap bisa melakukan beberapa langkah ini untuk bisa mengurangi frekuensi terjadinya hal tersebut, misalnya:

  1. Memeriksa botol bayi. Jika si bayi mengonsumsi susu dari botol, Anda harus memeriksa kembali ujung botol tersebut tidak membuat bayi menelan terlalu banyak udara. Ujung dot harus berukuran pas. Sebab, bolongan pada ujung dot yang terlalu kecil dapat membuat bayi terhalangi dan memicunya untuk minum lebih banyak. Sementara, ujung dot yang terlalu besar bisa membuat bayi terlalu cepat meneguk dan tersedak. Anda dapat memilih jenis botol yang memang didesain untuk mengurangi kandungan gas yang akan masuk ke tubuh bayi.
  2. Mengganti posisi menyusui. Ketika Anda menyusui atau memberikan susu pada anak, Anda harus memastikan bahwa posisi kepala lebih tinggi dibandingkan perutnya. Dengan demikian, cairan susu akan mengalir perlahan sampai ke bawah dan mengangkat gelembung-gelembung gas sehingga mudah keluar dalam bentuk sendawa.
  3. Mengontrol asupan makanan. Anda dapat memilah kembali makanan bayi yang dapat meningkatkan gas di dalam perut bayi, misalnya sayuran seperti brokoli dan kol. Sayuran tersebut baik bagi tubuh, namun porsi yang berlebihan akan membuat perut bayi menjadi kembung. Selain itu, Anda juga tidak disarankan untuk memberikan jus pada bayi yang belum berusia 6 bulan. Karena, di usia tersebut, bayi hanya diperkenankan untuk meminum ASI atau susu formula. Kandungan fruktosa yang terdapat di dalam jus akan sulit dicerna, sehingga dapat menyebabkan kandung bahkan diare.

Itu tadi cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan kembung pada bayi sekaligus mencegahnya agar tidak terjadi. Selamat mencoba, Bunda!

Baca juga:

Atasi permasalahan kesehatan buah hati Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ Go Dok untuk tanya jawab dengan dokter seputar permasalahannya. GRATIS! Download aplikasinya di sini.