Mengenal Pruritus; Apakah Itu? Ini Penjelasan Lengkapnya!

mengenal pruritus

Mengenal pruritus alias gatal merupakan sebuah istilah yang diberikan untuk menyebut suatu sensasi tak menyenangkan yang menyebabkan Anda ingin menggaruk suatu area di permukaan kulit. Sensasi ini bisa diasosiasikan dengan beberapa masalah kesehatan.

Go Dok- Bagi banyak orang, tentu pruritus merupakan istilah yang masih asing rasanya terdengar di telinga. Pasalnya, istilah ini lebih sering dipakai dalam dunia medis. Untuk bahasa umumnya, pruritus biasanya disebut dengan rasa gatal pada kulit tubuh. Kondisi ini tentu amat sering kita rasakan, dan biasanya dianggap remeh karena dugaan umum bahwa penyebabnya adalah gigitan nyamuk atau serangga lain. Namun, kondisi ini juga bisa dihubungkan dengan beberapa penyakit kulit. Untuk lebih mengenal pruritis, mari simak penjelasa berikut!

Mengenal Pruritus

Mengenal pruritus berarti mengenal definisinya. Pruritus alias gatal merupakan sebuah istilah yang diberikan untuk menyebut suatu sensasi tak menyenangkan yang menyebabkan Anda ingin menggaruk suatu area di permukaan kulit. Sensasi ini bisa diasosiasikan dengan beberapa masalah kesehatan, mulai yang ringan seperti kulit kering, kehamilan, penyakit kulit, hingga kanker (meskipun jarang).

Siapa saja yang rentan mengalami pruritus?

Saat mengenal pruritus, Anda juga harus mengenal seberapa umum kondisi ini. Sebenarnya, pruritus dapat dialami oleh siapa saja dan merupakan kondisi yang sangat umum. Namun, terdapat beberapa golongan yang lebih rentan mengalami pruritus, di antaranya :

  • Penderita diabetes
  • Penderita alergi musiman, alergi rhinitis, asma, dan eczema.
  • Wanita hamil
  • Lansia
  • Penderita HIV/AIDS dan beberapa jenis kanker.
Apa saja yang memicu pruritus?

Tidak lengkap rasanya mengenal pruritus tanpa juga mengenali penyebabnya. Berikut adalah beberapa hal yang dapat memicu pruritus :

1. Penyakit sistemik

Beberapa penyakit sistemik seperti diabetes mellitus telah lama diketahui dapat menyebabkan pruritas, alias rasa gatal pada kulit. Rasa gatal ini bisa berupa gatal ringan yang tidak terlalu mengganggu, hingga rasa gatal yang sangat mengganggu aktivitas dan pergerakan Anda.

2. Penyakit kulit

Baik penyakit kulit yang tergolong ringan, seperti kurap, panu, jamuran, dan biduran, maupun penyakit kulit serius seperti dermatitis atopik, psoriasis, urtikaria, dan mastocytosis, dapat menyebabkan gatal. Belum lagi penyakit yang kerap datang setiap hari, seperti biang keringat dan alergi akan cuaca dingin. Jika penyebab pruritus pada Anda adalah salah satu dari penyakit kulit yang kerap dijumpai, cara terbaik untuk menghilangkannya adalah dengan melakukan pengobatan sesuai penyakit kulit yang diderita.

3. Kulit kering

Seperti yang telah disebutkan, kulit yang kering dan memiliki kelembapan rendah dapat menimbulkan rasa gatal pada kulit. Kulit kering, alias xerosis, umumnya dipengaruhi oleh kondisi lingkungan, seperti cuaca yang terlalu panas atau terlalu dingin, dengan tingkat kelembapan rendah. Tak hanya itu, selalu berada di ruangan ber-AC dan terlalu sering mandi serta mencuci juga dapat menyebabkan kulit kering. Jadi, sebaiknya hindarilah hal-hal tersebut.

4. Penyakit lainnya

Beberapa penyakit lainnya seperti gagal ginjal, penyakit hati, kanker limfoma, leukimia, anemia, dan dfisiensi zat besi dapat menyebabkan kegatalan. Biasanya, gatal pada kasus ini tidak hanya terjadi di salah satu bagian tubuh, melainkan memengaruhi seluruh bagian tubuh.

Kapan Anda harus periksa ke dokter?

Periksakanlah kondisi kesehatan Anda ke dokter, jika terjadi hal-hal berikut :

  • Gatal berlangsung lebih dari 2 minggu dan tak kunjung membaik
  • Gatal disertai dengan munculnya infeksi pada kulit, seperti nanah dan abses yang juga disertai rasa nyeri dan demam
  • Gatal muncul dengan disertai rasa lelah yang hebat, penurunan berat badan, dan perubahan frekuensi BAK dan BAB
  • Gatal menimbulkan rasa tidak nyaman hingga Anda tak dapat bekerja atau beraktivitas secara normal.

Nah, itu dia penjelasan mengenal pruritus yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi