Mengenal Lebih Dalam Penyakit Flu Singapura

penyakit flu singapura

Penyakit flu Singapura merupakan sebuah jenis penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus bernama coxsackievirus. Penyakit tersebut lebih dikenal dengan penyakit Tangan Kaki dan Mulut (Hand, Foot, and Mouth Disease atau HFMD).

Go Dok- Akhir-akhir ini, Anda tentu sering mendengar istilah flu Singapura. Anda tentu bingung, apa hubungannya penyakit tersebut dengan negara Singapura. Padahal, sebenarnya penyakit tersebut lebih dikenal dengan penyakit Tangan Kaki dan Mulut (Hand, Foot, and Mouth Disease atau HFMD). Seperti apakah penyakit flu Singapura tersebut?

Berikut pemaparan Go Dok mengenai penyakit flu Singapura!

Penyakit flu Singapura merupakan sebuah jenis penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus bernama coxsackievirus. Coxsackievirus sendiri merupakan bagian dari virus yang bernama Enterovirus. Flu Karena disebabkan oleh virus, maka penyakit ini tentu dapat menular dari satu orang ke orang lain melalui kontak dengan penderitanya. Misalnya, melalui air liur, tinja, cairan dari kulit yang melepuh, udara yang terkontaminasi dari penderita yang bersin atau batuk. Namun, tidak menutup kemungkinan flu Singapura dapat tertular melalui tangan atau permukaan yang terkontaminasi virus.

Siapapun bisa terkena penyakit flu Singapura, tapi penyakit ini banyak menyerang anak-anak yang belum memiliki sistem kekebalan tubuh yang sempurna. Namun, siapapun dengan kekebalan tubuh yang lemah tentunya dapat terjangkit penyakit flu Singapura.

Tidak seperti yang Anda pikirkan, flu ini tidak berasal dari Singapura. Namun, penyakit ini pernah mewabah di Singapura pada tahun 2000-an, sehingga terkenal dengan sebutan tersebut. Flu ini banyak menyerang anak-anak, hingga menyebabkan Pemerintah Singapura harus menutup fasilitas umum bahkan kolam renang anak untuk menghindari penyebaran yang lebih parah.

Seperti apakah gejala penyakit flu Singapura itu sendiri? Biasanya, gejala flu Singapura akan tampak dalam hitungan 3-7 hari setelah infeksi pertama. Masa-masa ini dianggap sebagai masa inkubasi, di mana penderitanya akan mengalami gejala yang paling umum, yaitu ruam kemerahan yang tampak melepuh pada kulit, terutama pada tangan, kaki, hingga lipatan bokong. Selain itu, penderita juga akan mengalami:

  1. Demam sekitar 1-2 hari.
  2. Menurunnya nafsu makan.
  3. Radang tenggorokan.
  4. Sakit kepala.
  5. Iritasi.
  6. Bagian dalam mulut yang melepuh dan terasa sakit, terutama pada bagian lidah, gusi, dan pipi bagian dalam.
  7. Ruam kemerahan pada bagian tangan dan telapak kaki tanpa rasa gatal.

Apa yang harus dilakukan ketika Anda atau anak Anda terserang flu Singapura? Sejauh ini, penyakit flu Singapura diobati dengan pereda gejala untuk demam dan radang tenggorokan. Selain itu, tidak ada pengobatan lain atau vaksin yang diperlukan. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan ibuprofen atau acetaminophen untuk menghilangkan rasa sakit.

Penyakit flu Singapura juga dapat membuat anak tidak nyaman dengan radang di tenggorokannya. Untuk itu, Anda bisa meredakan radang dengan memberikan yogurt atau smoothies. Untuk meredakan rasa gatal, Anda boleh memberikan kulit yang memerah dengan losion anti gatal seperti calamine.

Mengingat penularan penyakit flu Singapura sangatlah mudah, ada baiknya Anda mengistirahatkan anak di rumah agar tidak menularkan penyakit kepada anak lainnya. Kapankah anak bisa kembali bersekolah setelah terserang flu Singapura? Jangan khawatir. Anak Anda bisa kembali beraktivitas di luar rumah dalam jangka 24 setelah demam turun. Biasanya, kondisi tersebut akan terjadi pada hari ketiga atau keempat.

Cara terbaik untuk mencegah penularan penyakit flu Singapura adalah menjaga kebersihan sebaik mungkin. Sering-seringlah mencuci tangan untuk membasmi virus, kuman, dan bakteri yang dapat membahayakan kesehatan. Gunakan air yang bersih dan sabun. Biasakan pula anak Anda untuk mencuci tangan setelah dari kamar mandi, sebelum makan, dan setelah beraktivitas di luar ruangan. Ajari anak Anda untuk tidak menaruh tangan di mulut.

Demikian pemaparan mengenai penyakit flu Singapura yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Jaga kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk diskusikan permasalahan kesehatan Anda. GRATIS! Download aplikasi Go Dok, di sini.

NA/PJ/MA

Referensi