Mengenal Khasiat Ketumbar untuk Kesehatan

khasiat ketumbar
Tahukah Anda selain bagus untuk masakan, ternyata ketumbar memiliki banyak pula khasiat untuk kesehatan? Yuk, simak penjelasannya!

GoDokKhasiat Ketumbar untuk Kesehatan – Siapa yang tak kenal ketumbar? Masyarakat Indonesia, khususnya para koki dan ibu rumah tangga, tentu sudah akrab dengan bumbu dapur yang satu ini. Daun dan biji ketumbar sudah biasa digunakan untuk menyedapkan berbagai masakan, mulai dari kari, rendang, gulai, hingga berbagai macam sambal. Namun, selain bagus untuk masakan, ternyata ketumbar memiliki banyak pula khasiat untuk kesehatan.

Penasaran apa saja khasiat ketumbar untuk kesehatan? Berikut Go Dok jabarkan beberapa di antaranya :

Ini Dia Khasiat Ketumbar untuk Kesehatan Anda

1. Mengobati flu dan demam

Khasiat ketumbar untuk kesehatan yang pertama adalah untuk mengobati gejala flu serta demam. Kandungannya yang terdiri dari vitamin A, vitamin C, asam folat, dan beta-karoten. Tak hanya itu, ketumbar juga memiliki kandungan antioksidan yang kuat. Semua hal tersebut dapat membantu Anda dalam mengatasi flu dan demam yang tengah menyerang.

2. Mencegah diabetes

Menggunakan biji ketumbar sebagai bumbu masakan diketahui dapat mengurangi risiko Anda terkena penyakit diabetes. Pasalnya, ketumbar mampu menjaga kestabilan sistem hormonal serta sistem endokrin di dalam tubuh, sehingga kinerjanya berbuah positif dalam produksi insulin. Positif dalam hal ini berarti dapat menghasilkan insulin sesuai kebutuhan tubuh Anda, sekaligus menjaga kadar gula darah tetap normal. Nah, hal tersebutlah yang kemudian berguna untuk mencegah kadar gula berlebih dan diabetes.

3. Memperbaiki siklus menstruasi

Apakah Anda termasuk salah satu yang memiliki siklus menstruasi tak teratur? Jika iya, mengonsumsi ketumbar bisa menjadi solusi masalah Anda. Pasalnya, khasiat ketumbar untuk kesehatan mampu melencarkan serta menstabilkan siklus menstruasi. Ketumbar dapat merangsang sistem endokrin serta membantu dalam mengatur sirkulasi darah ketika datang bulan. Hal inilah yang melancarkan dan mengurangi rasa nyeri yang menyerang ketika haid.

(Baca: Menstruasi Sering Terganggu? Mungkin Ini Penyebabnya)

4. Mencegah rematik dan radang sendi

Khasiat ketumbar untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi. Pasalnya, biji ketumbar mengandung senyawa anti-inflamasi yang dapat melawan terjadinya peradangan pada daerah sendi. Karenanya, jangan ragu menambahkan biji ketumbar sebagai penyedap masakan guna mencegah rematik dan radang sendi.

5. Melancarkan sistem pencernaan

Tahukah Anda bahwa ketumbar mengandung senyawa minyak esensial borneol dan linalool? Berdasarkan riset yang dimuat pada Journal on Complementary Medicine and Drug Discovery pada tahun 2011, kedua senyawa itulah yang dapat mengatasi berbagai masalah pencernaan, seperti diare, sembelit, rasa mual, serta muntah. Keduanya juga mampu memperbaiki tekstur serta kepadatan feses Anda sehingga pembuangannya menjadi lebih lancar. Tak hanya itu, ketumbar juga mampu mengatasi masalah pencernaan lainnya, seperti anoreksia dan dispepsia.

6. Mengatasi penyakit kulit

Tak hanya baik untuk kesehatan organ-organ dalam tubuh, ketunbar ternyata juga bermanfaat bagi kesehatan kulit luar. Kandungan antibiotik serta anti-inflamasi alami di dalam daun dan biji ketumbar efektif untuk mengatasi peradangan kulit, seperti luka lebam, luka terbuka, bisul, ruam, serta jerawat. Melalui hasil riset yang terbit pada Journal of German Society of Dermatology pada tahun 2008, dikonfirmasi pula manfaat ketumbar untuk melindungi kulit terhadap paparan sinar matahari.

(Baca: Benarkah Mandi Malam Menyebabkan Rematik?)

7. Menurunkan kolesterol

Khasiat ketumbar untuk kesehatan yang terakhir adalah mengontrol kadar kolesterol jahat pada tubuh. Sebab, kandungan asam pada ketumbar ternyata efektif unyuk memecah lemak serta kolesterol yang sudah terlanjur mengendap di dalam tubuh. Sejalan dengan penjelasan tersebut, suatu penelitian dalam Journal of Environmental Biology pada tahun 2006, dinyatakan bahwa ketumbar dapat megurangi kadar LDL (kolesterol jahat) di tubuh Anda.

Nah, itu tadi 7 khasiat ketumbar untuk kesehatan yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat!