Mengenal Jenis dan Manfaat Apotek Hidup

Go Dok- Apotek hidup-  Apotek hidup sejatinya adalah memanfaatkan lahan kosong untuk ditanami tumbuhan obat-obatan yang bisa digunakan untuk sehari-hari. Biasanya sebagian orang memiliki apotek hidup karena mereka lebih memilih menggunakan pengobatan tradisional dibandingkan obat-obatan buatan pabrik. Mereka percaya bahwa pengobatan tradisional memiliki efek samping yang lebih sedikit. Apakah Anda salah satu yang memiliki apotek hidup? atau berniat memilikinya? Nah, bagi Anda yang berniat mencari tumbuhan obat-obatan  yang bisa ditanam di lahan rumah Anda sebaiknya simak dulu infografik jenis dan manfaat apotik hidup  dibawah ini!

Berikut  jenis dan manfaat apotek hidup yang bisa coba Anda tanam dihalaman rumah Anda:

1. Temu kunci

Bentuk temu kunci berbeda dengan temu-temuan yang lainnya karena tumbuhnya yang vertikal ke bawah. Di Asia Tenggara temu kunci biasa digunakan sebagai bumbu masakan.

Manfaatnya: 

apotek hidup

 

2. Kencur

Kencur salah satu tanaman obat yang termasuk ke dalam suku temu-temuan. Tanama ini tumbuh baik pada musim penghujan. Kencur dapat ditanam dalam pot atau di kebun yang cukup sinar matahari, tidak terlalu basah dan setengah ternaungi.

Manfaatnya:

apotek hidup

 

3. Tempuyung

Tempuyung merupakan jenis herba yang tumbuh dengan bebas di alam dan dapat dengan mudah ditemukan. Saat ini ekstrak daun dari tanaman ini telah dijadikan komponen dasar dari obat dokter.

Manfaatnya:

apotek hidup

 

4. Kunyit

Kunyit merupakan sebuah tanaman khas Indonesia yang memiliki banyak kegunaan. Jenis tanaman yang tergolong jahe-jahean ini banyak dikonsumsi masyarakat baik untuk bahan pengolah masakan ataupun digunakan sebagai jamu dan juga bahan untuk perawatan kecantikan yang alami.

Manfaatnya:

apotek hidup

5. Lengkuas

Lengkuas cukup banyak digunakan baik untuk kesehatan atau untuk kuliner. Sehingga, cocok di tanam untuk menambah ragam tanaman di apotek hidup Anda.

Manfaatnya:

apotek hidup

Nah, itu tadi 5 tanaman yang bisa Anda coba tanam untuk menambah tanaman di apotek hidup yang Anda miliki. Selamat mencoba!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.