Mengenal 7 Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan

manfaat brokoli untuk kesehatan
Kandungaan gizi pada brokoli termasuk komplit. Mulai dari kandungan vitaminnya yang tinggi (Vitamin A, B, C, dan K), hingga kandungan senyawa antioksidan dan mineral yang tak kalah hebat

GoDok – Manfaat Brokoli untuk Kesehatan – Brokoli oh brokoli. Sayuran hijau yaang satu ini memang menjadi salah satu yang cukup disenangi oleh anak dan dewasa. Bahkan, tidak jarang yang juga menjadikannya camilan karena bentuknya yang mungil dan bisa dimakan sekali “hap”. Tak hanya itu, brokoli juga mudah untuk dikreasikan agar tampak lebih menarik bagi si kecil.

Tak heran Bunda selalu ingin si buah hati mengonsumsi brokoli. Pasalnya, kandungaan gizi pada brokoli termasuk komplit. Mulai dari kandungan vitaminnya yang tinggi (Vitamin A, B, C, dan K), hingga kandungan senyawa antioksidan dan mineral yang tak kalah hebat. Tentunya tak heran jika brokoli memiliki banyak manfaat kesehatan. Nah, apa sajakah manfaat brokoli untuk kesehatan Anda? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini :

Manfaat brokoli untuk kesehatan

1. Penawar racun

Manfaat brokoli untuk kesehatan yang pertama adalah menetralisir racun. Pasalnya, brokoli memiliki kandungan asam amino sulfur dan vitamin C yang berguna untuk menawarkan racun dengan baik. Tak hanya itu, brokoli juga mampu membantu tubuh dalam menghilangkan racun serta radikal bebas. Hebat, bukan?

2. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Dalam hal ini, brokoli dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dengan berbekal kandungan tinggi vitamin C-nya yang memang ampuh untuk mempertahankan imun dari kuman dan bakteri jahat.

3. Menyehatkan mata

Manfaat brokoli untuk kesehatan yang ketiga adalah menjaga kesehatan penglihatan Anda. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, brokoli memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi. Hal inilah yang membuatnya bagus untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah katarak. Tak hanya itu, kandungan lutein pada brokoli juga dikatakan bisa mencegah rusaknya mata akibat penuaan atau paparan sinar matahari berlebih.

(Baca: Bahaya! Jangan Mengucek Mata Saat Gatal)

4. Mencegah diabetes

Diabetes memang tak dapat disembuhkan, namun Anda bisa mencegahnya atau -jika sudah terkena- rutin mengontrol kadar gula darah. Nah, salah satu caranya adalah dengan menjadikan brokoli sebagai menu makanan rutin. Kandungan sulforaphane di dalam brokoli dikatakan mampu mencegah kerusakan sel-sel tubuh karena tingginya kadar gula darah Anda. Tak hanya itu, brokoli juga mengandung kromium, yang bisa mendorong peningkatan sensitivitas insulin guna mengendalikan kadar glukosa.

5. Mencegah penyakit jantung

Tahukah Anda bahwa brokoli mengandung lutein karotenoid? Senyawa ini mampu mencegah penebalan arteri jantung Anda, sehingga otomatis juga menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung pada tubuh Anda. Tak hanya itu, brokoli juga ternyata bagus untuk mencegah stroke.

6. Menutrisi ibu hamil, bayi, dan balita

Manfaat brokoli untuk kesehatan yang selanjutnya adalah memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil, bayi, dan balita. Pasalnya, brokoli merupakan sumber asam folat yang dapat membantu ibu hamil dalam mencegah cacat syaraf pada bayi di kandungannya. Tak hanya itu, kandungan mineral serta vitaminnya yang tinggi juga berperan penting dalam proses tumbuh-kembang si buah hati.

(Baca: Bunda, Kenali Makanan Terbaik Untuk Tiap Trimester Kehamilan)

7. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat brokoli untuk kesehatan yang terakhir adalah untuk merawat kulit Anda. Seperti yang telah diketahui, brokoli kaya akan vitamin C, vitamin B-kompleks, serta beta-karoten yang sangat dibutuhkan kulit guna membuatnya tampak lebih bercahaya. Tak hanya itu, kandungan vitamin E-nya juga mampu menyokong regenerasi jaringan kulit mati.

Nah,itu dia 7 manfaat brokoli untuk kesehatan yang harus Anda tahu. Masih ragu mkan brokoli?

Semoga bermanfaat!