Mengenakan Kosmetik di Usia Muda, Amankah?

GoDok – Dewasa kini, penggunan kosmetik tidak hanya terbatas pada wanita dewasa saja; tapi sudah merambah ke remaja. Karenanya, sering kita temui beberapa produk kosmetik yang memang dibuat dan dipasarkan untuk para ABG. Namun, amankah keputusan untuk mengenakan kosmetik di usia muda?

Sebelum terlambat, ada baiknya Anda mengenali beberapa dampak buruk mengenakan kosmetik di usia muda yang terangkum dalam poin lengkap di bawah ini:

1. Ketergantungan

Perlu diketahui bahwa kulit remaja masih tergolong rentan terhadap paparan zat kimia, termasuk jenis yang terkandung di dalam kosmetik. Karenanya, tidak heran jika pada beberapa kasus, kulit remaja menunjukkan gejala ketergantungan terhadap produk kosmetik tertentu. Biasanya, gejala yang muncul berupa kulit yang terlihat lebih kusam, iritasi, jerawat, hingga munculnya bintik-bintik hitam.

(Baca: Penyakit Jerawat)

2. Pubertas dini

Banyak ahli menyatakan bahwa senyawa tertentu yang terkandung dalam kosmetik, seperti phthalates, triclosan, parabens, dan musks terbukti dapat memicu pubertas dini pada remaja.

3. Kulit menjadi kebal

Salah satu dampak buruk penggunaan kosmetik di usia muda adalah meningkatnya risiko kulit wajah menjadi kebal. Artinya, kulit tidak akan menunjukkan efek apapun dari penggunaan produk kosmetik. Karenanya, banyak yang kemudian menambah dosis atau memilih produk yang kandungan bahan kimianya lebih banyak.

4. Penuaan Dini

Tingginya kandungan kimia dalam kosmetik ternyata dapat menurunkan kadar kolagen pada kulit. Hal inilah yang menyebabkan kulit remaja kehilangan elasitasnya, sehingga lebih cepat mengalami proses penuaan. Selain itu, menurunnya kolagen pada kulit juga akan memicu timbulnya beberapa gangguan wajah, seperti kerutan dan flek hitam.

(Baca: Kulit Putih dan Cerah Tanpa Perawatan Mahal)

5. Kanker

Ini dia bahaya paling mengerikan yang diakibatkan oleh penggunaan kosmetik pada remaja; kanker. Menumpuknya bahan kimia di jaringan kulit ternyata dapat memicu pertumbuhan abnormal sel. Inilah yang menjadi cikal bakal munculnya sel kanker penginfeksi tubuh. Mengejutkan!

6. Iritasi Jangka Panjang

Menggunakan kosmetik yang tidak disesuaikan dengan usia ternyata dapat memicu peradangan dan iritasi. Dampaknya, kulit akan lebih sensitif sehingga lebih mudah berjerawat, terlihat memerah, bahkan terasa perih.

Sebenarnya, tidak ada yang salah dengan keinginan untuk tampil cantik sejak dini. Namun, tetap perhatikan kesehatan, ya! Daripada mengenakan kosmetik sejak usia dini, ada baiknya Anda menunggu dulu sampai mengalami masa pubertas. Alasannya tidak lain karena di fase inilah tubuh akan mengalami perubahan hormon yang bisa saja memicu timbulnya gangguan pada kulit wajah. Nah, barulah Anda dapat mengenakan kosmetik yang direkomendasikan oleh dokter untuk mengembalikan kondisi kulit wajah seperti sedia kala.

(Baca: Serba-serbi Merkuri & Bahayanya bagi Kesehatan)

Lalu, apa jenis perawatan wajah yang dapat digunakan remaja? Ini dia panduan lengkap ala Go Dok yang dapat Anda coba:

  • Pilih pelembap yang ringan dan mengandung lebih banyak air. Ssst, pastikan produk pelembap yang digunakan tidak menyebabkan alergi (hypoallergenic), tidak menyumbat pori-pori, serta tidak menimbulkan jerawat, ya!
  • Sebaiknya, gunakan bedak tabur (loose powder) karena jenis ini terbukti dapat menyerap minyak wajah dengan lebih optimal.
  • Gunakan lip balm untuk bibir kering dan pecah-pecah. Pilih lip balm dengan warna yang alami, ya! Tujuannya agar tampilan Anda sejalan dengan usia.

(Baca: 5 Cara Jitu Merahkan Bibir Secara Alami)

 Semoga bermanfaat!