Membersihkan Pusar ; Pentingkah untuk Kesehatan?

membersihkan pusar

Go Dok- Membersihkan pusar- Banyak dari kita melupakan bagian tubuh pusar, atau kerap disebut udel. Coba ingat-ingat kapan terakhir kali Anda membersihkan pusar? Kabar buruk bagi Anda yang jarang membersihkannya.  Pasalnya,  jika anda tidak membersihkan bagian tubuh ini, dapat menyebabkan bau tidak sedap dan infeksi yang mengganggu kesehatan Anda. Jadi, pusar harus dibersihkan sama seperti bagian tubuh lainnya. Yuk, kenali informasi seputar pusar dan jawaban seputar “pentingkah membersihkan pusar?” berikut ini!

Apa itu pusar?

Sebelum lebih jauh mari kita kenali lebih dalam bagian tubuh pusar. Pusar adalah suatu tanda lobang tertutup diatas perut yang sengaja dibuat ketika tali pusar dilepas/dipotong dari perut bayi agar terpisah dari plasenta. Secara umum, manusia memiliki dua jenis pusar, yaitu outie dan innies. Pusar “outie” adalah sebutan untuk pusar yang menonjol keluar, alias pusar bodong, sedangkan pusar “innies” adalah pusar yang masuk ke dalam. Namun, menurut penelitian yang dilakukan oleh Dr. Jiri Hulcr, PhD dari Universitas North Carolina, mayoritas manusia memiliki bentuk pusar “innies”.

Lalu apa fungsi pusar yang sebenarnya?

Pada ibu hamil, pusar berfungsi sebagai sumber makanan bagi bayi yang dikandung. Namun,  secara umum pusar bagi manusia berfungsi sebagai titik penanda dalam operasi bedah, pengatur energi panas-dingin dalam tubuh dan masih banyak fungsi lainnya.

Mengapa Anda harus membersihkan pusar?

Banyak orang yang mengabaikan kebersihan pusar karena berpikir bagian tubuh tersebut dapat bersih secara sendirinya saat mandi. Padahal itu saja tidak cukup lho!

Mengapa? Karena pusar memiliki area permukaan yang kecil dan memiliki celah-celah dimana bakteri dapat dengan mudah bersembunyi. Bahkan menurut penelitian dari North Carolina State University pusar rata-rata memiliki 67 spesies bakteri yang berbeda. Maka sangat penting membersihkan pusar untuk kesehatan Anda.

Lalu apa yang terjadi jika pusar tidak dibersihkan?

Seorang peneliti menyebutkan pusar yang tidak dibersihkan dapat diibaratkan seperti tidak menggosok gigi. Bila tidak dibersihkan secara teratur, maka akan terjadi penumpukan omphalolith, omphalith, omphalokeratoliths, dan umbolith yang berbentuk mirip batu. Kotoran tersebut dapat tumbuh menutupi seluruh pusar dan nantinya dapat menyebabkan infeksi, seperti  radang, dan ulserasi. Selain itu, pusar yang kotor juga dapat menimbukan bau yang tidak sedap, gatal, dan garing. Jika sudah begitu, Anda diharuskan mengunjungi dokter untuk dibersihkan.

Selain itu, bagi Anda yang memiliki piercing atau tindik di pusar, maka kebersihan pusar harus sangat diperhatikan. Jangan lupa juga untuk memperhatikan kebersihan anting tindik Anda agar tidak berpotensi menimbulkan infeksi.

Jadi, mulai hari ini, jangan malas untuk memperhatikan kebersihan bagian tubuh tersembunyi Anda ya!

Baca juga:

Nikmati ragam layanan kesehatan gratis, langsung dari SmartphoneDownload aplikasinya di sini.

IL/PJ/MA

Referensi