Melawan Mitos, Ini Dia Ragam Manfaat Nanas

manfaat nanas

Jika nanas dikonsumsi dengan normal (tidak berlebihan), ternyata mempunyai  manfaat yang luar biasa. Salah satu manfaat nanas  adalah dapat menjadi solusi terbaik untuk mengatasi sakit perut. Kandungan vitamin C dan mineral seperti mangan dan serat yang terdapat pada nanas ternyata dapat menjaga kesehatan usus.

Go Dok- Nanas adalah tumbuhan tropis yang berasal dari Brasil, Bolivia, dan Paraguay. Buah ini mempunyai bentuk cukup unik, yaitu kulitnya tajam dan bersisik di luar namun memiliki rasa yang manis. Sayangnya, ternyata buah ini sering dipandang negatif oleh sebagian masyarakat Indonesia karena dianggap tidak baik dikonsumsi karena dapat menyebabkan keguguran pada ibu hamil akibat rasa perih dalam perut sesaat setelah memakannya. Nah, pastinya Anda bertanya apakah ini benar, bukan?

Yuk, simak informasi seputar manfaat nanas berikut ini!

Kenyataannya, mitos tentang nanas dapat menyebabkan keguguran pada ibu hamil, belum dapat dibuktikan karena adanya beberapa ibu hamil yang mengonsumsi nanas dan kehamilannya baik-baik saja. Bahkan kabarnya buah ini dapat meningkatkan kesuburan pada wanita dan laki-laki karena kandungan tembaga, zinc, asam folat dan antioksidan tingginya. Tak heran jika buah ini sering direkomendasikan bagi pasangan yang sedang mencoba memiliki anak.

Pada dasarnya, jika nanas dikonsumsi dengan normal (tidak berlebihan), ternyata mempunyai  manfaat yang luar biasa. Salah satu manfaat nanas adalah dapat menjadi solusi terbaik untuk mengatasi sakit perut. Kandungan vitamin C dan mineral seperti mangan dan serat yang terdapat pada nanas ternyata dapat menjaga kesehatan usus. Selain itu, kandungan enzim bromelin-nya juga bermanfaat untuk menguraikan struktur kompleks protein untuk dapat lebih mudah diserap oleh tubuh yang membantu meringankan sakit perut dan masalah pencernaan.

Satu buah nanas biasanya memiliki 82 kalori dan 131% vitamin C yang setiap hari dibutuhkan oleh sistem imun tubuh dan 75% kandungan nutrisi mineral mangan. Menurut penelitian instusi Linus Pauling, kandungan mangan pada nanas tersebut, dapat menguatkan tulang dan membantu mencegah penyakit osteoporosis pada wanita menopause. Tak heran jika buah ini memenuhi kebutuhan nutrisi buah yang direkomendasikan untuk dikonsumsi setiap hari.

Menurut seorang ahli gizi bernama Laura Flores, manfaat nanas dapat menjaga tubuh dari radikal bebas yang penyebabkan penuaan dini. Bahkan, dengan memakan buah nanas 3 kali sehari dapat mengurangi risiko penuaan seperti macular degeneration atau kondisi medis kronik yang menyebabkan kebutaan pada usia 50 tahun ke atas. Beta-carotene atau karotenoid yang ada di dalamnya ternyata mempunyai efek antioksidan yang dapat mengurangi gejala asma secara alami dengan cara meredakan stres oksidatif.

Selain itu, menurut American Cancer Society, enzim bromelin yang ditemukan hanya pada nanas dapat membantu penderita kanker untuk mengurangi efek sampingnya seperti inflamasi mulut dan radang akibat efek samping kemoterapi atau radiasi.

Bagaimana? Banyak bukan manfaat nanas. Jadi mulai sekarang jangan mudah percaya pada mitos yang berkembang pada masyarakat, terlebih jika belum terbukti kebenarannya. Yang paling penting jangan mengonsumsinya secara berlebihan dan jangan lupa untuk memasukkan buah ini ke dalam jenis asupan Anda di setiap minggunya ya!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

NA/PJ/MA

Referensi