Me Time Membuatmu Lebih Bahagia. Temukan Manfaat Lainnya Di Bawah Ini!

GoDok – Merasa bosan dengan rutinitas sehari-hari? Atau ingin melakukan sesuatu yang lain yang membuat Anda nyaman dan bahagia? Bukan berarti Anda tidak bahagia, hanya saja terkadang Anda merasa ingin melakukan sesuatu diluar aktivitas sehari-hari. Bukankah begitu?  Hmmm atau bisa jadi Anda yang bekerja kantor, institusi, ibu rumah tangga, atau sebagainya ingin melakukan hal-hal yang Anda lakukan dulu saat sekolah. Akan tetapi, karena kesibukan sendiri, Anda tidak bisa meluangkan waktu untuk diri sendiri.

Beberapa penelitian membuktikan bahwa kebanyakan wanita kurang bahagia dari sebelumnya sampai dengan melewati umur 40 tahun. Lho! Banyak hal yang menjadi penyebabnya, tetapi kurangnya waktu untuk sendiri menjadi penyebab utamanya. Menurut Randy, seorang psikologis di Wayland, mengatakan seseorang ketika sudah bekerja, menjadi orang tua, dan sebagainya akan lebih memprioritaskan tanggung jawab pada pekerjaan yang dilakukan terlebih dahulu, pada akhirnya mengabaikan kesenangan sendiri. Oleh karenanya, seseorang membutuhkan waktu untuk sendiri atau yang disebut dengan me time.

Jika Anda mampu menciptakan waktu me time itu sendiri, tidak bisa dipungkiri bahwa Anda akan lebih bahagia dan lebih semangat untuk melakukan kewajiban sebagai pekerja ataupun orang tua. Lalu, apa saja sih manfaat yang didapatkan jika melakukan me time? Simak poin-poin lengkapnya berikut ini:

1. Mengistirahatkan otak

Anda yang bekerja di kantor ataupun institusi, khususnya yang banyak menggunakan otak pasti pernah merasa otak akan meledak dan butuh waktu untuk istirahat. Belum lagi deadline yang membuat Anda harus berpikir keras. Oleh karenanya, Anda membutuhkan me time untuk megistirahatkan pikiran Anda. Salah satunya dengan melakukan hal-hal yang disukai, dengan begitu Anda dapat berpikir lebih jernih dan fokus dalam melakukan tugas kantor.

2. Menjaga hubungan baik dengan sesama

Masalah pekerjaan ataupun rumah yang banyak terkadang membuat suasana hati menjadi kacau dan gampang marah. Apalagi jika badan sudah lelah dan pekerjaan belum selesai, rasanya Anda ingin memarahi semua orang yang mengganggu bahkan hanya sekedar menyapa Anda. Nah, dengan me time, Anda akan lebih memahami apa keadaan dan situasi Anda maupun orang lain bahkan membantu anda untuk memutuskan keputusan yang baik dalam segala tindakan. Pada akhirnya, Anda akan lebih menghargai hubungan yang Anda punya saat ini.

3. Meningkatkan kreativitas

Sebagian orang dapat memunculkan ide-ide yang kreatif jika sedang sendiri. Khususnya Anda yang bekerja dalam sebuah tim pasti punya kekhawatiran dalam menyampaikan ide-ide kreatifnya karena takut ditolak dan sebagainya. Dengan me time, pikiran Anda juga akan lebih terbuka dan membantu anda menemukan ide-ide baru.

4. Lebih bahagia

Semakin bertambah usia Anda, maka semakin banyak pula rutinitas sehari-hari Anda.  Dengan meluangkan waktu sedikit untuk diri sendiri akan membuat Anda lebih bahagia, meningkatkan mood, keseimbangan, dan memperkaya perspektif. Setidaknya luangkan waktu 1 hari dalam seminggu untuk me time.

Nah, setelah mengetahui manfaat me time,  pastinya Anda juga harus menyesuaikan waktu yang dimiliki dengan kegiatan me time yang harus Anda lakukan. Berikut beberapa contoh me time yang dapat Anda coba:

  • Melakukan perjalanan ke luar kota
  • Mengubah ruang tamu atau kamar Anda
  • Berbelanja
  • Kuliner
  • Meminum kopi sambil membaca
  • Mengobrol dengan teman-teman
  • Bersantai dengan binatang peliharaan di taman atau tempat lain
  • Melakukan massage atau ke salon
  • Tidur
  • Tidak melakukan apa-apa dan hanya bersantai di rumah

Setelah mengetahui manfaat me time, masih ragu untuk melakukannya? Tidak harus lama, Anda dapat melakukannya selama 10 – 30 menit. Berbahagialah karena bahagia itu tidak ada yang jual lho. Selamat mencoba!

Baca artikel terikait mengenai cara sederhana pancing bahagia, klik di sini.

Comments are closed.