Mata Ikan; Kenali Penyebab dan Pengobatannya

Mata ikan
Mata ikan merupakan penyakit kulit yang tampak tidak berbahaya, namun jika dibiarkan saja lama kelamaan Anda akan membutuhkan operasi untuk mengangkatnya

GoDok – Mata ikan secara harfiah, memang biasanya diartikan sebagai organ penglihatan dari ikan, si makhluk air. Namun, istilah ini juga digunakan untuk menyebut suatu penyakit yang biasanya muncul pada kulit telapak kaki Anda. Meskipun bentuknya kecil dan tampak tidak berbahaya, namun jika dibiarkan saja, lama-kelamaan Anda akan membutuhkan operasi untuk mengangkatnya. Padahal, pengobatannya cukup mudah dan banyak cara-cara alami yang sederhana untuk mengurangi risikonya. Karenanya, yuk kenali  penyebab dan pengobatannya lebih dekat!

Apa itu penyakit mata ikan?

Mata ikan dikenal dengan istilah heloma dalam dunia medis, penyakit kulit ini merupakan semacam kalus (kapalan) kecil yang terbentuk dari tumpukan kulit mati Anda. Biasanya, kalus tersebut muncul pada permukaan kuli tipis atau kulit glabrous -tidak berbulu dan halus-, dan daerah langganannya adalah permukaan punggung jari kaki atau telapak kaki.

(Baca: Ini Dia Solusi Alami Hilangkan Kulit Mati!)

Apa sih penyebab?

Mata ikan disebabkan oleh masuknya Human Papilloma Virus (HPV) ke dalam jaringan kulit. Peristiwa masuknya virus ini, bisa disebabkan oleh beberapa hal, antara lain :

– Seringnya memakai penutup kaki yang lembap

– Sering memakai sepatu yang kotor dan tidak pernah dicuci

– Tekanan berlebihan pada kulit kaki yang disebabkan pemakaian alas kaki terlalu sempit

– Adanya gesekan terus menerus pada telapak kaki

– Penularan dari pemakaian kamar mandi secara bersamaan

(Baca: Yuk, Kenali Serba-Serbi Cantengan!)

Lalu, bagaimana cara pengobatan?

Saat ini, telah banyak obat dan salep topikal yang dijual di apotik-apotik untuk mengobati penyakit ini, seperti keratolik dan callusol. Meski begitu, Anda dapat pula mengobati mata ikan dengan beberapa cara sederhana, antara lain :

1. Gantilah sepatu dan kaus kaki Anda

Kemungkinan besar, alas dan penutup kaki yang Anda pakai sudah terkontaminasi oleh si virus. Selain itu, mata ikan yang Anda derita juga mungkin dikarenakan sempitnya sepatu yang biasa dikenakan. Dengan menggunakan sepatu yang lebih lebar atau sandal, Anda mencegah bagian yang kapalan untuk terus bergesekan dengan bagian dalam sepatu. Karenanya, sangat dianjurkan untuk mengganti kedua hal tersebut sesegera mungkin.

2. Gunakan batu apung

Meskipun terdengar janggal, nyatanya batu apung memang efektif untuk menghilangkan mata ikan dari kaki Anda. Caranya? Mudah saja, Anda cukup membersihkan area mata ikan dengan air hangat yang dicampur garam. Setelah itu, gosoklah area tersebut dengan batu apung guna menipiskan penebalan kulit yang ada. Jangan lupa, lakukan hal ini setiap hari hingga si mata ikan menghilang, ya!

(Baca: Kaki Pecah-Pecah? Atasi dengan Cara Alami Ini)

3. Oleskan getah pepaya

Selain dapat melancarkan pencernaan Anda, ternyata buah yang satu ini dapat pula diandalkan untuk mengusir pergi si mata ikan. Cara penggunaannya pun tidak terlalu rumit. Pertama-tama, Anda harus merendam kulit kaki dengan air garam selama 15 menit. Setelah itu, bilas dan keringkanlah dengan air serta handuk bersih. Lalu, oleskan getah pepaya muda di area yang terkena mata ikan. Ingat, lakukan hal ini secara rutin untuk hasil yang optimal.

5. Manfaatkan bawang putih

Ternyata bawang putih juga bagus untuk mengobati mata ikan. Cara penggunaannya cukup mudah, kok! Anda hanya perlu menumbuk beberapa siung bawang putih hingga halus, lalu mengoleskannya pada area kulit yang terkena mata ikan. Setelahnya, balutlah dengan kain kasa atau perban. Dijamin, dalam beberapa hari, penyakit kulit ini akan hilang dari kaki Anda!

(Baca: Manfaat Pepaya untuk Kesehatan Tubuh Anda)

5. Taruh bantalan pada sepatu

Cara yang terakhir sebenarnya sangat sederhana, yaitu dengan memberikan bantalan pada bagian dalam sepatu, khususnya pada daerah yang berdekatan dengan area mata ikan. Hal ini dilakukan guna melindungi bagian kaki dari gesekan dengan sepatu dan mencegahnya bertambah parah. Lakukan hal ini hingga heloma benar-benar hilang.

Nah, itu tadi cara-cara sederhana untuk menghilangkan mata ikan. Untuk mencegahnya muncul, tentu Anda harus konsisten menjaga kebersihan alas kaki dan kaus kaki yang digunakan. Lepas keduanya sesegera mungkin jika terkena basah atau kehujanan. Selalu gunakan pula sepatu yang pas dan tidak sempit di kaki, ya! Semoga bermanfaat!