Masturbasi Saat Menstruasi, Sehatkah?

masturbasi saat menstruasi

Go Dok- Maturbasi saat menstruasi- Secara umum, masturbasi mungkin lebih umum terdengar di kalangan lelaki, dan lebih umum pula dipraktikkan oleh mereka. Namun, jangan salah, wanita juga bisa bermasturbasi di sela-sela waktu. Mengesampingkan alasan agamis, sebenarnya tak ada yang salah dengan hal ini. Bagi wanita, masturbasi juga memiliki efek yang sama dengan pria. Faktanya, berdasarkan hasil sebuah studi yang dilakukan oleh The Kinsey Institue, lebih dari setengah wanita di Amerika berusia 18 – 49 tahun melakukan hal ini, setidaknya sekali dalam 3 bulan. Bahkan, masturbasi juga memiliki berbagai manfaat baik bagi kehidupan seksual Anda. Namun, bagaimana jika masturbasi dilakukan di kala Anda tengah mengalami datang bulan? Apakah hal ini sehat dan aman untuk dilakukan? Untuk menjawabnya, yuk simak penjelasan tentang masturbasi saat menstruasi berikut ini!

Apa saja sih keuntungan masturbasi?

Meskipun banyak wanita yang merasa malu membahasnya, namun menurut beberapa studi terbaru, masturbasi memang memiliki beberapa manfaat. Manfaat ini beragam, mulai dari meningkatkan sekaligus melancarkan peredaran darah, melepaskan hormon endorphin yang membuat suasana hati Anda positif, meningkatkan kualitas kehidupan seksual, hingga membantu masalah seksual Anda selepas menopause. Luar biasa, bukan? Karenanya, banyak para ahli justru menganjurkan wanita untuk bermasturbasi pada waktu-waktu tertentu.

Lalu, bagaimana dengan masturbasi saat menstruasi?

Jika Anda bertanya-tanya, apakah masturbasi saat menstruasi berbahaya? Jawabannya adalah tidak. Anda tidak akan mendapat penyakit apapun, baik STD atau STI dari bermasturbasi saat menstruasi. Justru, beberapa ahli berpendapat bahwa menstruasi adalah saat yang bagus untuk bermasturbasi. Alasannya adalah karena masturbasi saat menstruasi dapat memberikan beberapa keuntungan bagi wanita, seperti :

1. Meningkatkan mood

Masturbasi saat menstruasi dapat meningkatkan mood Anda. Bayangkan saja, saat menstruasi, banyak di antara Anda yang tentu mengalami naik-turun emosi secara drastis. Beberapa dari Anda bisa saja marah dan mengamuk tanpa sebab jelas, ataupun menangis hanya karena hal-hal sepele. Nah, saat bermasturbasi, tubuh Anda akan melepaskan hormon endorphin yang bisa membuat suasana hati Anda lebih baik.

2. Mengurangi nyeri haid

Tentu banyak dari Anda yang mengalami nyeri haid ketika menstruasi, bahkan sampai di tingkat yang cukup parah. Namun, siapa sangka masalah ini dapat diatasi dengan masturbasi saat menstruasi. Saat bermasturbasi, tubuh Anda juga akan melepaskan hormon dopamine dan oxytocin yang merupakan pereda nyeri alami. Kedua hormon ini secara langsung dapat meringankan nyeri haid Anda, bahkan yang parah sekalipun.

3. Membantu untuk tidur

Seringkali, saat menstruasi, Anda menjadi susah untuk tidur. Penyebabnya berbagai macam, mulai dari mood yang tidak bagus, hingga nyeri yang amat sangat. Nah, masturbasi dapat menolong Anda untuk tidur nyenyak setelah meredakan kedua hal tersebut.

4. Memenuhi kebutuhan seksual

Faktanya, seorang perempuan akan lebih merasa birahi saat sedang menstruasi. Beberapa peneliti di University of Chicago menyebut masa-masa ini “sexual phase”, yang dimulai pada 3 hari sebelum Anda mestruasi hingga tiga hari setelah dimulainya menstruasi. Selama 6 hari ini, para wanita biasanya tidak hanya lebih aktif secara seksual, melainkan juga memiliki lebih banyak fantasi seksual dari biasanya. Dengan bermasturbasi, tentu kebutuhan seksual ini akan bisa terpenuhi.

Nah, itu dia serba-serbi masturbasi saat menstruasi yang harus Anda ketahui. Ingat, meskipun hal ini baik, namun jangan lupa untuk menjaga kebersihan selama menstruasi ya! Terutama sehabis Anda bermasturbasi. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Kini Anda bisa tanya dokter gratis lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi