Masturbasi; Antara Nikmat dan Petaka

GoDok – Siapa sih yang tidak mengenal istilah masturbasi? Kegiatan penyaluran hasrat seksual yang dilakukan dengan sengaja merangsang alat kelamin ini sejak dulu memang sudah populer. Hampir semua orang pernah melakukannya, baik pria, wanita, remaja, maupun dewasa. Bahkan faktanya, dalam sebuah data penelitian nasional, terungkap bahwa sebanyak 89% wanita dan 95% pria pernah melakukan masturbasi. Penasaran mengenai fakta masturbasi, risiko, serta pandangan masyarakat mengenainya? Yuk, simak penjelasan berikut!

Batas-batas masturbasi dan pandangan masyarakat

Meskipun berdasarkan statistik hal ini sebenarnya tergolong umum dan banyak dilakukan, namun pandangan masyarakat terhadap masturbasi sangatlah negatif. Bahkan, pelaku masturbasi kadang bisa dicap memiliki gangguan seksual. Hasilnya, banyak pelaku masturbasi yang kemudian enggan untuk berkonsultasi dengan dokter atau psikiater mengenai batas-batas yang harus diperhatikan dalam melakukan hal ini. Padahal, meskipun sebenarnya tidak berbahaya bagi kesehatan, terdapat beberapa aturan yang harus dipenuhi dalam melakukan masturbasi; seperti :

– Tidak melakukannya hingga terobsesi atau  kecanduan

– Tidak menjadikan masturbasi sebagai rutinitas dan melakukannya secara berlebihan; misalnya hingga 5-10 kali dalam sehari

– Memperhatikan alat yang digunakan untuk masturbasi, jangan gunakan alat berbahaya yang dapat menimbulkan luka, berpotensi menimbulkan penyakit, dan tidak higienis.

(Baca: Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Ejakulasi Dini)

Hal-hal tersebut penting diketahui jika Anda mempertimbangkan untuk melakukan masturbasi. Jika tidak, akan timbul efek negatif yang pada akhirnya akan membahayakan kesehatan alat kelamin dan psikologis Anda. Tentunya, bahaya yang ditimbulkan dari masturbasi berbeda antara pria dan wanita.  Mulai dari menyebabkan turunnya produksi sperma, datangnya penyakit seksual, hingga kemandulan. Untuk mengenali lebih jauh mengenai bahaya-bahaya yang ada, mari simak daftar dan penjelasan berikut :

Bahaya masturbasi bagi pria
  1. Membuatpria menjadi lemas yang disebabkan oleh banyaknya energi yang dihabiskan dan kalori yang dibakar 
  2. Membuat pria menjadi gelisah, yang kemungkinan besardisebabkan oleh keinginan untuk kembali melakukannya secara berkelanjutan.
  3. Menimbulkan efekkecanduan akan kenikmatan seksual dan susah untuk mengontrol hasrat seksualnya.
  4. Menghilangkan sikap rasional para pria yang menyebabkan ia ingin melakukannya lagi tanpa peduli tempat dan waktu.
  5. Membuat pria menjadi depresi dan merasa buruk.
  6. Mengubah pandangan pria terhadap wanita dan ketikamelihat wanita yang menarik perhatian, mereka akan cenderung berpikir tentang hubungan seksual. Hal ini tentu berbahaya, sebab dapat menimbulkan terjadinya hal-hal berbau kriminal.
  7. Membuatseorang pria kurang mampu dalam memuaskan gairah seksual pasangannya ketika melakukan hubungan intim.
  8. Menurunkan jumlah sperma yang akhirnya akan menyebabkan seorangpria sulit untuk memiliki
  9. Menimbulkan masalah pada alat kelamin dan menyebabkannya menjadi bengkak.
  10. Menyebabkan pria menjadi tidak menghargai dirinya sendiri.
  11. Membuatpria menjadi terobsesi sehingga dapat melukai diri sendiri.
  12. Mengganggu hubungan dengan pasangan.
 Lalu seperti apa bahaya masturbasi pada wanita?
  1. Masturbasi pada wanita dapat menyebabkan vagina menjadi terluka jika dilakukan terlalu kasar.
  2. Masturbasi pada wanita akan menyebabkan wanita susah untuk merasakan orgasme jika berhubungan seksual dengan pasangan.
  3. Masturbasi pada wanita dapat meningkatkan risiko wanita terkena kanker serviks.  

Nah, setelah mengetahui bahaya dan risikonya, Anda dianjurkan untuk lebih berhati-hati lagi dalam melakukan masturbasi. Memang, banyak manfaat kesehatan dari kegiatan ini, namun jangan jadikan itu sebagai alasan untuk melakukan masturbasi secara berlebihan, ya! Semoga bermanfaat!