Mari Mengenal Jenis dan Penyebab Sariawan

Jenis dan Penyebab Sariawan
Pasalnya, sariawan justru sering disebabkan oleh kebiasaan teledor Anda sendiri yang kurang memerhatikan kesehatan

GoDokJenis dan Penyebab SariawanSariawan, hampir semua orang pernah mengalami penyakit ini, termasuk Anda sendiri. Terkadang, peradangan yang satu ini dapat menjadi sangat merisaukan. Bagaimana tidak, datangnya penyakit ini membawa rasa nyeri yang luar biasa pada area infekis, baik itu mulut ataupun lidah. Keduanya juga menyebabkan kesulitan yang sama; tak bisa menikmati makanan dan minuman tanpa merasakan perih. Tak heran kadang orang mati-matian ingin menyembuhkan sariawan saat sudah terkena.

Namun, tahukah Anda bahwa sebenarnya sariawan dapat dicegah sejak dini? Pasalnya, sariawan justru sering disebabkan oleh kebiasaan teledor Anda sendiri yang kurang memerhatikan kesehatan. Apa saja kebiasaan tersebut?Yuk, kita ketahui jenis dan penyebab sariawan lewat penjelasan berikut ini.

Apa itu sariawan?

Sebelum membahas mengenai jenis dan penyebab sariawan alangkah baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu mengenai sariawan. Sariawan, yang dalam istilah medis disebut pula stomatitis, merupakan penyakit peradangan yang menyerang lidah, bibir dan pipi bagian dalam, gusi, serta langit-langit mulut. Jika terkena penyakit ini, akan muncul luka yang berwarna putih dan terasa perih. Pada dasarnya, sariawan memiliki jenis yang beragam, dan setiap jenis sariawan memiliki penyebab-penyebab tertentu yang berbeda.

Jenis dan Penyebab Sariawan
1. Stomatitis Aphtous

Jenis dan penyebab sariawan yang pertama ini biasanya terjadi pada bagian lidah, bibir, serta pipi bagian dalam. Disebut juga ulkus aphtous, sariawan tipe ini pusat lukanya berwarna pucat atau kuning , dengan pinggiran luar luka berwarna kemerahan. Jangan heran bila Anda kemudian menderita panas dingin gara-gara sariawan jenis ini, karena memang itulah karakteristiknya, dan akan berlangsung selama 5 – 10 hari.

Stomatitis aphtous merupakan jenis sariawan yang paling umum terjadi di masyarakat, dan penyebabnya pun bermacam-macam. Berikut adalah beberapa di antaranya :

  • Infeksi virus atau bakteri
  • Sistem imun yang menurun drastis karena menderita flu atau pilek
  • Kekurangan vitamin B12 dan asam folat
  • Terlampau banyak mengonsumsi kopi, cokelat, keju, dan kacang-kacangan
  • Kurang tidur
  • Trauma atau benturan pada mulut
  • Konsumsi obat-obatan tertentu
  • Kekurangan gizi
  • Stres.
2. Oral Candidiasis

Sejalan dengan jenis dan penyebab sariawan sebelumnya, oral candidiasis juga merupakan tipe yang paling sering terjadi. Penyebabnya adalah infeksi jamur Candida albicans. Bakteri Candida sejatinya terdapat pada 50% mulut penduduk dunia dan memang merupakan mikrobiota yang normal terdapat di lidah. Namun, pada saat-saat tertentu, jamur ini dapat menjadi patogenik -bersifat menimbukan penyakit-, dan menyerang jaringan induk pada lidah sehingga menimbulkan penyakit yang disebut oral candidiasis. Jika terserang jamur ini, lidah Anda akan berwarna putih dan muncul sensasi terbakar di seluruh bagian lidah. Ditambah lagi, Anda juga akan kesulitan dalam menelan makanan. Mengerikan, bukan?

3. Sariawan Iritasi

Jenis sariawan yang satu ini terjadi karena terjadinya benturan, trauma, atau iritasi pada mulut Anda. Jika terjadi iritasi pada mulut, biasanya lapisan mukosa -selaput lendir- akan rusak. Kerusakan inilah yang menimbulkan sariawan. Biasanya, iritasi terjadi karena :

  • Tergigitnya bibir dan lidah saat berbicara.
  • Pemakaian kawat gigi atau tindikan yang tajam dan dapat menggores.
  • Mengonsumsi makanan dan minuman yang terlalu panas.
  • Paparan radiasi pada pengobatan kanker.
  • Nginang (mengunyah tembakau).
  • Adanya enyakit autoimun yang menyebabkan rusaknya selaput lendir Anda, seperti penyakit Behcet, Chron, atau Lupus.
4. Herpes Stomatitis

Sesuai dengan namanya, sariawan tipe ini disebabkan oleh infeksi virus herpes simplex 1 (HSV-1) dan umum menyerang anak yang berumur 6 bulan hingga 5 tahun. Virus ini memang memiliki hubungan dengan HSV-2, virus yang menyebabkan infeksi herpes pada kemaluan, namun tetap bukan virus yang sama. Jika terkena virus ini, kemungkinan besar Anda juga akan menderita meriang dalam beberapa hari ke depan.

Nah, itu dia 4 jenis dan penyebab sariawan pada mulut dan lidah Anda. Gunakan penjelasan di atas sebagai panduan dalam mengatasi sariawan yang menyerang. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Atasi permasalahan kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya jawab seputar penanganannya dengan Tim Dokter Go Dok. Download aplikasi Go Dok di sini.