Mari Mengenal Efek Samping Obat Tidur

efek samping obat tidur
Seperti pemakaian obat-obatan lainnya, obat tidur juga memiliki efek samping, terutama jika Anda tidak mengonsumsinya secara bijak. Apa sajakah efek samping tersebut?

GoDok – Efek Samping Obat Tidur – Bagi Anda yang kerap menderita insomnia, mengonsumsi pil tidur biasanya menjadi pilihan yang paling banyak diminati. Obat tidur yang dijual di pasaran kebanyakan termasuk dalam kelompok “hipnotik sedatif”, yaitu obat-obatan yang dapat membangkitkan rasa kantuk dan menjaga Anda tetap tidur. Nah, jenis obat yang termasuk dalam golongan ini adalah barbiturates, benzodiaxepines, dan sebagainya, yang juga digunakaan untuk mengatasi kecemasan berlebih (anti-anxiety).

Memang, untuk pemakaian jangka pendek, mengonsumsi obat tidur efektif guna mengatasi kesulitan Anda untuk terlelap. Namun, seperti pemakaian obat-obatan lainnya, obat tidur juga memiliki efek samping, terutama jika Anda tidak mengonsumsinya secara bijak. Apa sajakah efek samping obat tidur tersebut? Yuk, simak penjelasaan lengkapnya berikut ini :

Efek Samping Obat Tidur

1. Insomnia bertambah parah

Efek samping obat tidur pertama yang harus Anda ketahui adalah bertambah parahnya insomnia Anda. Jika Anda menderita insomnia, dan memilih pemakaian obat tidur untuk mengatasinya, maka berhati-hatilah, sebab hal ini mirip dengan lingkaran setan. Sebab, jika Anda berhenti menggunakan si obat tidur tersebut, maka insomnia Anda justru dapat bertambah parah.

2. Ketergantungan obat

Efek samping obat tidur yang kedua adalah ketergantungan obat yang akan Anda alami. Nah, jika Anda terus-menerus mengonsumsi obat tidur, Anda akan kesulitan untuk berhenti kemudian. Sebab, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, jika Anda berhenti memakai obat tidur, maka insomnia yang dialami akan bertambah parah. Karenanya, Anda akan terpaksa untuk bergantung pada obat tidur guna mengatasi insomnia.

3. Perubahan nafsu makan

Efek samping obat tidur yang keempat adalah berubahnya rasa nafsu seseorang untuk makan. Bisa saja nafsu makan Anda bertambah, atau mungkin menurun.

(Baca: Susah Tidur? Ini Dia 7 Cara Mengatasi Insomnia)

4. Gangguan memori

Efek samping obat tidur yang selanjutnya adalah gangguan memori yang kemudian Anda alami, jika mengonsumsinya terus-menerus, dan tidak sesuai resep dokter. Sebab, selain menyebabkan ketergantungan, kandungan di dalam benzodiazepine juga dapat menyebabkan gangguan pada memori dan dapat pula menyebabkan Anda kurang fokus atau kesulitan memusatkan perhatian pada suatu hal, yang biasanya adalah pekerjaan.

5. Masalah pencernaan

Hati-hati! Penggunaan obat tidur yang berlebihan bisa saja menyebabkan Anda mengalami gangguan pencernaan, seperti diare, konstipasi alias sembelit, serta timbulnya rasa sakit pada perut. Tak hanya itu, obat tidur dapat pula menimbulkan rasa kembung dan buang angin berlebihan.

6. Sakit kepala

Efek samping obat tidur yang selanjutnya adalah munculnya rasa sakit pada kepala. Karenanya, jika Anda mengalami sakit kepala sesaat atau ketika Anda tengah mengonsumsi obat tidur, segeralah hentikan pemakaian secara sementara.

(Baca: 9 Penyakit yang Ditandai Sakit Kepala)

7. Gejala sakau

Jika berhenti menggunakan obat tidur secara tiba-tiba, ada beberapa orang yang mengalami gejala-gejala layaknya sedang sakau. Gejala-gejala tersebut adalah menggigil, gemetar, serta timbul rasa mual dan keringat dingin. Hal ini akan membuat Anda terus-terusan membutuhkan obat tidur, untuk mengurangi gejala-gejala tersebut. Padahal, hal yang harus Anda biasakan justru adalah benar-benar meninggalkan obat tidur dan memulai pola tidur yang sehat.

8. Tidur berjalan

Efek samping obat tidur yang terakhir adalah tidur sembari berjalan. Selain tidur berjalan, gangguan tidur akibat pil tidur juga termasuk tidur sembari makan, menelepon, menyetir kendaraan bermotor, bahkan sembari berhubungan seksual. Tentu saja keadaan ini berbahaya, sebab kegiatan yang Anda lakukan saat tak sadar bisa mencelakai diri Anda.

(Baca: Migrain; Peyebab, Gejala, Pencegahan dan Penanganan)

Nah, itu dia 8 efek samping obat tidur yang harus Anda tahu. Jaga selalu dosis konsumsi obat tidur Anda, dan jangan meminumnya dengan dosis yang lebih banyak dari saran dokter Anda. Semoga bermanfaat!