Mari Mengenal Diet Bebas Gluten

Diet bebas gluten

GoDok- Diet bebas gluten Akhir-akhir ini pola makan bebas gluten sedang menjadi tren. Banyak restoran atau kafe yang menyediakan menu makanan bebas gluten. Tapi, apa sih sebenarnya gluten itu?

Yuk, Kenali gluten dan diet bebas gluten berikut ini!

Gluten merupakan jenis protein tidak beraturan yang terbentuk ketika tepung terigu atau gandum dicampur dengan air. Tapi tahukah Anda, diet bebas gluten ternyata berhubungan erat dengan penyakit celiac, yaitu kondisi di mana pencernaan seseorang mengalami reaksi negatif saat mengonsumsi makanan yang mengandung gluten, seperti sereal, pasta, kue berbahan dasar gandum dan tepung, saus atau kecap tertentu, roti, dan beberapa jenis makanan siap saji. Reaksi negatif yang dimaksud adalah terlukanya usus halus sehingga penyerapan sari-sari makanan tidak berjalan secara optimal.

Komplikasi dari penyakit celiac ini bisa beragam bentuknya, seperti diare, sembelit, perut kembung, serta rasa sakit di bagian perut. Hal inilah yang kemudian menyebabkan munculnya beberapa opsi makanan bebas gluten. Hyun-seok Kim, MD., dokter di Rutgers New Jersey Medical School Newark, menyatakan meskipun total pengidap penyakit celiac hanya berkisar 1% dari populasi manusia, jumlah konsumsi makanan bebas gluten mengalami peningkatan yang drastis dari tahun 2009 sampai 2014. Hal ini tidak lain dikarenakan gencarnya promosi gaya hidup dan diet bebas gluten di tengah-tengah masyaarakat. Lalu, apa sih manfaat mengonsumsi makanan bebas gluten?

Diet bebas gluten Menurut William F. Balistreri, MD, seorang dokter di Cincinnati Children’s Hospital Medical Center, dengan mengurangi atau menghilangkan gluten dari pola makan, metabolisme serta pencernaan tubuh akan membaik. Ini dikarenakan tubuh tidak perlu mengeluarkan tenaga lebih untuk mengurai gluten. Hasilnya, tubuh akan terasa lebih segar dan sehat.

Diet bebas gluten– Tapi, ada catatan menarik dari Celiac Disease Foundation yaitu dengan cara mengurangi atau sama sekali tidak mengonsumsi gluten cenderung akan mengalami kenaikan berat badan. Ini dikarenakan tingginya kadar gula dan lemak yang terkandung dalam makanan bebas gluten.

Jadi, keputusan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung gluten sangat tergantung pada pilihan Anda. Jika Anda memang mengidap penyakit celiac, diet bebas gluten ini merupakan pilihan yang tidak dapat dihindari. Namun, jika tidak, ada baiknya tidak menghindari konsumsi gluten secara drastis karena dapat menganggu sistem metabolisme tubuh.

Baca juga:

Ingin tips sehat seputar diet? Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk chat dengan dokter seputar tipsnya. GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.